Bermain Tali untuk Anak-anak


Bermain tali untuk anak
Dunia anak adalah dunia yang penuh dengan keceriaan.  Dan masa anak-anak adalah masa untuk bermain dan bergembira.  Banyak materi pembelajaran yang kita bisa berikan kepada anak-anak dengan konsep bermain sambil belajar.  Anak-anak akan bisa menangkap materi yang kita sampaikan tanpa mereka menyadarinya bahwa mereka sedang belajar.

Banyak aneka permainan yang bisa kita praktekkan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan permainan tersebut anak akan lebih tertarik dan lebih antusias untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.  

Pada kesempatan kali ini kita akan bermain dengan permainan tali.  Permainan ini sangat mudah dan tentunya peralatan yang akan kita gunakan juga sangat mudah untuk didapat.  Cukup menyiapkan tali yang panjang dan ruangan atau lapangan untuk bermain.  untuk permainan tali ini sendiri bisa kita lakukan di dala ruangan atau di luar ruangan. Untuk tata cara dan uraian permainan adalah sebagai berikut

Untuk persiapan alat bermain 
1.  Tali panjang, tidak dianjurkan untuk menggunakan tali yang tebal
2.  Ruangan atau lapangan rumput
3.  Permainan agar seru sebaiknya peserta lebih dari 5 anak

Cara bermain

Untuk langkah-langkah permainannya adalah sebagai berikut 
1. Setelah tali disiapkan, kemudian letakkan tali di lantai.  Untuk pola anda bisa mengaturnya sendiri.  Sebagai awalan kita akan memakai pola lurus

2. Tahap selanjutnya adalah meminta anak untuk melewati dan jalan di atas tali tersebut.  Untuk menjaga keseimbangan mintalah anak untuk merentangkan tangannya ketika sedang berjalan di atas tali.

3. Kalau anak sudah lancar berjalan di atas tali, tahap selanjutnya kita bisa menyuruh anak untuk berjalan di atas tali dengan satu kaki, atau kita bisa meminta anak berjalan mundur.  Kita bisa juga mengkreasikan dengan cara yang lain.  Bisa juga dengan variasi lompatan.

4.  Setelah semuanya lancar, kita bisa memberikan tantangan yang lebih menarik lagi yaitu dengan merubah bentuk pola tali.  Yang semula tali hanya lurus kita bisa memakai pola zig zag atau yang lainnya.  Setelah itu persilakan anak untuk memakai gerakan sesuai dengan ekspresi mereka.  Bisa sambil menyanyi berhitung atau dengan bertepuk tangan.

5.  Lakukan permainan tersebut sampai anak-anak merasa puas.

Adapun manfaat dari permainan tali tersebut adalah sebagai berikut

1. Dengan permainan ini akan membantu anak untuk melatih keseimbangan tubuh.
2. Akan melatih koordinasi dan kendali tubuh
3. Memberikan eksperimen dan pengalaman dengan gerakan-gerakan fisik.

Untuk tips yang terakhir adalah mengenai keamanan permainan.  Agar permainan aman untuk anak-anak, pastikan terlebih dahulu bahwa ruangan yang akan dipakai bebas dari benda-benda tajam atau kerikil serta bahan-bahan licin lainnya.

Semoga dengan permainan tali ini akan membuat anak-anak lebih tertarik lagi untuk belajar serta tidak membuat bosan atau jenuh dalam pembelajaran.  
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bermain Tali untuk Anak-anak"