Agar Bayi Tenang ketika Menangis

agar bayi tenang dan tidak menangis
Mempunyai Bayi yang masih kecil merupakan hal yang menyenangkan.  Bagi orang tua yang baru saja dikarunia anak, tentunya belum mempunyai pengalaman yang banyak dalam merawat bayi.  Sehingga kadang bingung harus bagaimana untuk menenangkan bayi. Kadang kita juga bingung, tindakan apa yang mesti dilakukan ketika melihat si kecil menangis, ketika kita tidak tahu apa penyebabnya si bayi menangis.

Bayi menangis bisa jadi disebabkan oleh beberapa hal yang membuat dirinya merasa tidak nyaman.  Karena hanya bisa menangis, ini yang membuat kita bingung harus ngapain ya agar si dede tenang.  Apalagi kalau tangisannya tidak mau berhenti.

Berikut ini adalah cara-cara untuk menenangkan bayi yang sedang menangis

1. Cek kembali popok bayi, bayi yang terus menangis bisa jadi dikarenakan merasa tidak nyaman dengan popok yang dipakainya.  Bisa jadi popoknya sudah penuh dengan air seninya, untuk itu gantilah popok bayi dengan popok yang masih baru agar bayi merasa nyaman.
2. Menyusui bayi.  Cobalah untuk memberikan asi kepada bayi barang kali si bayi merasa lapar dan haus.
3. Memeriksa dengan seksama tubuh si bayi.  Bisa jadi bayi menangis dikarenakan gigitan nyamuk atau serangga.  Cek apakah ada bekas merah-merah dan bentol. Gigitan nyamuk atau serangga biasanya  meninggalkan tanda ini.  Untuk pengobatannya berikanlah minyak telon atau minyak kayu putih dan oleskanlah pada bentol tersebut.  Olesan minyak ini juga akan membantu bayi merasa hangat.
4. Perhatikanlah kondisi bayi apakah berkeringat atau malah dingin ketika tubuh bayi dipegang.  Apabila ini terjadi ceklah suhu ruangan bayi. Suhu yang ideal baut bayi adalah berkisar 25-26 derajat celcius.  Dan usahakan ruangan bayi mempunyai sirkulasi udara yang baik.
5. Menggendong bayi dengan lembut.  Menggendong bayi akan membuat bayi merasa tenang.  Gendongan akan membuat bayi dekat dengan orang tuanya.  Perhatikan dengan baik cara menggendong bayi dengan benar.
6. Berikanlah nada-nada lembut pada bayi.  Nada nada ini akan bisa membantu merasa nyaman si bayi.  Karena si bayi akan mengenali suara orang tuanya.  Sesekali lantunkanlah ayat-ayat suci Alquran karena akan bisa membantu bayi dari gangguan makhluk halus.
7. Perdengarkanlah tilawah Quran anak-anak dengan suara pelan, agar ada atmosfer ketenangan. Jangan biasakan bayi untuk mendengarkan musik-musik non islami.
8. Menimang bayi dengan gerakan lembut dan berikanlah sentuhan atau usapan lembut.  Anda juga bisa memberikan pijatan lembut pada bayi mulai dari kakinya.
9. Mengajak bayi jalan-jalan dan melihat lingkungan sekitar.  Suasana yang baru dan udara segar akan bisa membuat bayi merasa nyaman. Carilah tempat yang sejuk dan bebas polusi.
10. Ajaklah bayi untuk berbicara meskipun bayi belum mengerti apa yang kita ucapkan.  Akan tetapi bisa jadi si bayi akan menikmati kata-kata yang kita ucapkan.  Selain itu, si bayi dan ibu akan terjadi kontak mata yang bisa memberikan rasa tenang pada bayi.

Bayi menangis adalah hal yang biasa.  Akan tetapi apabila tangisan bayi selalu berulang-ulang dan berhari-hari periksa ke dokter ahli anak untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.  Bisa jadi sibayi lagi sakit.
Itulah beberapa tips dalam merawat bayi yang sedang menangis.
Semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Bayi Tenang ketika Menangis"