Ciri dan Tanda Anak Life Ready

ciri anak life ready
Generasi life ready adalah dambaan setiap orangtua.  Menjadikan anak menjadi anak yang life ready bukanlah pekerjaan mudah.  Karena harus didukung dengan peran orangtua yang juga ready atau bahasa lainnya adalah Parent ready.  Tapi seperti apakah anak yang life ready itu?  Adakah ciri-ciri anak yang life ready?  Terus, adakah cara yang efektif untuk membentuk anak yang life ready?  Dan apakah membentuk anak yang life ready harus menjadi keharusan setiap orangtua?

Indonesia adalah bangsa yang besar.  Banyak aneka kekayaan alam yang dikandungnya.  Mulai dari daratan, lautan dan angkasa terbentang luas dari ujung barat hingga ujung timur.  Indonesia juga memiliki sumber daya manusia yang tergolong besar, dengan jumlah penduduk yang mencapai lebih dari 250 juta jiwa.  Dengan kekayaan yang melimpah dan sumber daya manusia yang mumpuni maka tak heran kalau nanti Indonesia akan menjadi Negara yang kuat ekonominya pada tahun 2025.

Saat ini era globalisasi sudah mulai masuk dan merebak di seluruh nusantara.  Oleh karena itu perlu disiapkan generasi-generasi yang Robbani dan anak-anak yang life ready.  Tanpa menyiapkan anak yang life ready maka bisa jadi kita hanya akan menjadi penonton dan digilas dengan pesatnya kemajuan jaman.

Apa itu anak life ready?

Anak life ready adalah anak yang siap menghadapi tantangan dimasa mendatang, dan siap berlomba untuk memanfaatkan segala peluang yang ada, mampu menciptakan prestasi-prestasi di lingkungan masyarakat serta mampu untuk menjadikan diri sebagai anak atau generasi yang bermental positif agar bisa berperan dan mengarahkan segala sesuatu ke hal-hal yang positif dalam segala aspek kehidupan.

Untuk membentuk anak yang life ready maka harus dimulai sejak usia dini.  Usia 0 hingga 12 tahun adalah masa emas untuk anak.  Usia emas atau biasa disebut Golden Age merupakan masa dimana anak akan menyerap dan tumbuh kembang dengan cepat tergantung stimulan yang diberikan kepadanya.  Oleh karena itu agar bisa menciptakan generasi yang life ready diperlukan penanganan yang tepat dan stimulan-stimulan yang edukatif untuk anak.

Anak life ready memiliki ciri-ciri yang bisa kita cermati.  Adapun ciri dan tanda anak yang life ready yaitu

1.  Memiliki tubuh yang sehat

Anak yang sehat perlu ditopang dan diberi kecukupan asupan makanan yang memadai dan kecukupan pendidikan yang layak.  Setidaknya ada dua hal yang termasuk kategori anak sehat, yaitu:

a. Kondisi fisik:  Anak yang sehat maka akan mempunyai ciri bahwa anak tersebut jarang sakit dan tidak mudah sakit, memiliki nafsu makan yang baik dan tumbuh kembangnya normal.
b. Kondisi Psikis: Ciri dan tandanya yaitu anak tersebut aktif, ceria, gembira, emosi terkontrol dengan baik dan kondisi spiritualnya terbangun dengan kuat serta kemampuan kognitifnya tidak lemah.  Anak yang sehat dan kuat juga merupakan tanda bahwa anak tersebut memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

2.  Anak memiliki rasa percaya diri
Percaya diri merupakan salah satu modal keberhasilan anak.  Oleh karena itu anak yang life ready harus diberikan stimulan dan rangsangan yang bisa membangun rasa percaya dirinya.

3.  Mampu menyesuaikan lingkungan

Anak life ready adalah anak yang mampu dengan cepat untuk beradaptasi dengan lingkungannya termasuk sosialisasi terhadap teman-teman barunya.  Ciri anak yang mudah bergaul adalah anak tersebut memiliki kecakapn dalam bergaul, mampu mengelola emosi, memiliki empati dan menghargai orang lain.

4.  Memiliki daya kreatifitas tinggi

Anak yang kreatif yaitu anak yang bisa dan mampu untuk menciptakan suatu produk baru ataupun aktivitas baru yang berasal dari pemikirannya sendiri dan original/orisinil.  Anak yang memiliki kreatifitas memiliki ciri dan tanda (indikator) yaitu mempunyai banyak gagasan dan ide, imajinasinya kuat dan produktif.

5.  Memiliki jiwa kepemimpinan

Pemimpin adalah orang yang mampu untuk mengorganisir  anggotanya.  Oleh karena itu ketika seseorang bisa menjadi pemimpin yang baik maka tentunya dia juga akan bisa menjadi bawahan yang baik.  Adapun ciri dan tanda yang berjiwa pemimpin adalah

a. Mampu untuk mengarahkan orang lain
b. Bisa mengatur dirinya sendiri dengan baik atau self leadership
c. Memiliki motivasi dan bisa memotivasi teman-temannya.

Menyiapkan anak dan generasi yang life ready merupakan keharusan.  Mengingat era globalisasi dan tantangan jaman yang semakin kuat dan ketat.  Persaingan tidak hanya datang dari dalam negeri saja namun akan datang dari luar negeri.  Pembentukkan anak yang life ready harus dimulai dari sekarang.  Selain membangun anak yang life ready maka penguatan di bidang spiritual juga harus ditekankan agar anak menjadi anak yang life ready yang shaleh dan shalehah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri dan Tanda Anak Life Ready "