Cara Menghilangkan Takut Selama Kehamilan dan Persalinan

takut hamil
Takut dan tegang pada waktu melahirkan.  Siapa yang tak merasa tegang dan ada rasa takut pada waktu melahirkan bayi setelah 9 bulan mengandung.  Rasa takut dan tegang tersebut sudah mulai terasa di akhir-akhir masa kehamilan.  Seakan ada rasa was-was yang senantiasa mengisi di relung hati.  Anak saya normal tidak ya?  Dijahit obras tidak ya nanti setelah melahirkan? Dan masih banyak lagi rasa was-was dan takut yang muncul.

Rasa berdebar-debar pada waktu mau melahirkan adalah hal yang wajar yang dialami para ibu hamil.  Namun ras was-was yang berlebihan yang mendera para ibu hamil perlu diwaspadai.  Karena hal tersebut bisa jadi akan mengganggu psikologis ibu hamil yang bisa berefek pada bayi dan ibu hamil.  Yang harus diingat adalah bahwa rasa was-was yang berlebihan merupakan bisikan setan yang perlu diusir.

“Katakanlah, “Aku berlidung kepada Rabb (yang memelihara dan mengatur) manusia. Penguasa manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi, yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari (golongan) jin dan manusia.” (Qs. An-nas 1-4)

Banyak hal yang menyebabkan para ibu hamil menjadi takut dan was-was selama masa kehamilan.  Mulai dari rasa takut nyeri pada waktu melahirkan, takut mati dan takut tidak kuat pada waktu lahiran, takut dioperasi dan masih banyak lagi rasa takut yang lain.  Penyebab dari rasa takut dan was-was ini semakin bertambah manakala ibu hamil mendengar pengalaman yang buruk dari ibu hamil lainnya yang mana pengalaman persalinannya tidak berjalan normal.

Sebagai orang yang beriman tentunya para ibu hamil tidak perlu takut dan was-was selama masa kehamilan dan menjelang masa persalinan.  Para ibu hamil harus membangun rasa percaya diri dan keyakinan yang kuat terutama keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena semua sudah diatur dengan sedemikian rupa dan tentu Allah adalah Maha Bijaksana dan Adil.  Allah Ta'ala tidak akan memberikan kesulitan kecuali manusia akan mampu untuk menjalaninya termasuk para ibu hamil.

Ada beberapa tips dan cara untuk menghilangkan rasa takut dan was-was selama masa hamil dan pada waktu ibu hamil melahirkan.  Tips dan caranya yaitu

1.  Percaya Allah

Untuk membangun rasa percaya diri pada ibu hamil maka hal yang harus dibangun pertama kali yaitu percaya kepada Allah.  Yakinkan pada diri kita bahwa kita akan bisa melewati masa persalinan dengan selamat dan bayi yang dilahirkan akan baik-baik saja.  Para ibu hamil juga sebaiknya tidak perlu mempercayai mitos-mitos yang tidak berdasar dan beredar dikalangan masyarakat.

2.  Curhat

Ternyata curhat atau mencurahkan perasaan hati akan membuat hati lebih lega.  Tempat yang paling tepat untuk curhat bagi para ibu hamil yaitu Allah Ta'ala.  Sempatkan untuk bangun malam dan bermunajat kepada Allah dan memohon agar diberi kelancaran selama masa kehamilan dan kelancaran selama proses persalinan.  Suami juga bisa dijadikan tempat untuk bermusyawarah termasuk segala keluhan para ibu hamil dan mencari solusi bersama.

3.  Mencari informasi persalinan

Dengan banyak mengetahui segala informasi tentang persalinan akan menambah wawasan para ibu hamil sehingga akan lebih siap untuk proses persalinan.  Banyak buku-buku yang membahas tentang persalinan dan cara melahirkan yang benar.

4.  Berpartisipasi dalam senam hamil

Senam hamil memiliki manfaat yang sangat banyak.  Diantaranya adalah untuk mengusir rasa jenuh dan rasa was-was.  Karena dengan ikut senam hamil para ibu hamil akan dapat teman baru dan pengalaman baru yang pasti menyenangkan.  Selain itu senam hamil juga merupakan kegiatan positif yang bisa menjaga kesehatan yang otomatis akan memperbaiki peredaran darah sehingga pikiran pun akan lebih segar.

5.  Positif thinking

Dengan positif thinking akan mampu mengusir rasa was-was dan rasa takut yang dialami para ibu hamil.  Untuk membangun rasa positif thinking maka kita bisa membayangkan bayi kita yang mungil.  Dengan membayangkan bayi mungil kita maka para ibu hamil akan siap untuk menghadapi segala rintangan.

6.  Memperbanyak sedekah

Sedekah sangat berkhasiat, terutama untuk menangkal bala.  Bala tidak akan mendahului sedekah.  Perbanyaklah sedekah karena bisa mendekatkan para ibu hamil kepada Allah Ta'ala dan merupakan rasa syukur atas kehamilan bayi.  Dengan sedekah juga akan sangat membantu proses selama masa persalinan berlangsung.

Itulah beberapa tips dan cara untuk mengusir rasa takut dan rasa was-was baik itu selama masa kehamilan dan pada waktu proses melahirkan. Yakinlah bahwa semua masalah akan bisa diatasi dengan pertolongan Allah.  Hasbunallahu wa nimal waqil.  Allah adalah sebaik-baik pelindung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Menghilangkan Takut Selama Kehamilan dan Persalinan"