Tips Memberikan Pujian pada Anak


memuji anak
Kualitas anak adalah tergantung dari apa yang mempengaruhinya di lingkungannya, terutama dari pendidikan di keluarganya.  Untuk membentuk anak yang kreatif, aktif,cerdas dan sholeh bukanlah tugas yang mudah.  Diperlukan penunjang-penunjang yang mendukung untuk membentuk kepribadian anak.  Penunjang tersebut bukan berarti dalam bentuk materi atu uang ataupun anak harus berada dalam sebuah lingkungan pendidikan yang elite serta mahal.  

Sebenarnya banyak hal mudah yang bisa kita lakukan untuk membantu anak dalam perkembangan kepribadiannya guna menciptakan anak yang berkualitas.  Salah satu contohnya yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan pujian kepada anak.

Banyak orang tua yang tidak memahami tentang fungsi memuji anak.  Walaupun kelihatannya sederhana, memuji anak bukanlah hal yang mudah.  Pujian terhadap anak bisa memberikan pengaruh terhadap perkembangan anak.  Karena dengan pujian, seorang anak akan bisa 
termotivasi untuk lebih baik lagi apabila dilakukan dengan cara yang benar.

Memuji anak adalah seperti halnya memberikan penghargaan terhadap anak.  Seorang anak yang bisa membuat prestasi dalam kehidupan sehari-harinya harus diberikan penghargaan.  
Memberikan penghargaan ini banyak ragamnya.  Hal yang paling mudah yang bisa kta lakukan adalah dengan memberikan pujian.  

Pujian bukanlah hal yang hanya sekedar untuk memberikan rasa senang pada anak.  Akan tetapi dengan pujian ini akan terekam dalam memori anak bahwa dirinya akan mengingat, penghargaan lingkungan terhadap dirinya. Apabila lingkungan menghargai dirinya maka akan menjadi penyemangat bahwa dirinya memang diperhatikan.  Namun sebaliknya pula apabila lingkungan tidak memberikan kesan positif bagi dirinya maka hal tersebut akan menjadikan dirinya untuk lebih minder lagi.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memberikan pujian kepada anak

1.  Berilah pujian pada anak berdasarkan tindakannya bukan pada diri anak.  Misalnya dengan memuji pada anak yang merapikan tempat tidurnya.

2.  Waktu memuji.  Segeralah untuk memuji pada anak yang berbuat kebaikan. Jangan
menundanya untuk memuji.

3.  Kontak mata.  Dalam memberikan pujian kepada anak, lakukanlah kontak mata kepada anak

4.  Posisi tubuh.  Untuk posisi tubuh ketika memuji sebaiknya adalah dengan posisi sama tinggi dengan anak.  Anda bisa melakukannya dengan membungkuk atau jongkok agar posisi sama dengan posisi anak.  Ini berfungsi agar anak merasa nyaman dan dihargai.

5.  Kondisi wajah.  Dalam memberikan pujian kita bisa juga dengan memasang muka senyum pada anak.  Ini menandakan bahwa kita suka dengan apa yang telah dilakukan anak.

6.  Nada suara.  Ekspresikan penghargaan kepada anak sesuai dengan kondisi hati anda bahwa anda memang suka dengan tindakan yang telah dilakukan anak.  Jadi bukan dengan kepura-puraan, tapi berikanlah dengan tulus yang diekspresikan dengan suara.

7.  Kata-kata.  Sampaikanlah dengan kata-kata yang singkat dan mudah untuk dimengerti.  Gunakan kata-kata yang positif.

8.  Berikanlah pujian pada anak dengan pujian yang berarti dan bermakna.

9.  Dalam memberikan pujian tidak boleh menggunakan kata-kata sarkasme ataupun sinisme, karena hal tersebut akan bisa mempengaruhi kejiwaan anak.

Berikanlah pujian kepada anak dengan tulus dari hati, bahwa kita memang menyukai tindakan yang telah dilakukan oleh anak.  Akan tetapi dalam memuji juga harus berhati-hati jangan sampai berlebihan yang nantinya malah akan menjadikan anak menjadi sombong dan tidak mau berbuat karena tidak adanya pujian.
Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Memberikan Pujian pada Anak"