12 Cara Bayi Tumbuh Cerdas dan Pintar Sejak Dini

bayi cerdas dan pintar

12 Cara Efektif untuk Meningkatkan Bayi Cerdas dan Pintar

Setiap orangtua pastinya menginginkan bayinya tumbuh dengan cerdas dan pintar.  Karena memiliki bayi yang pintar dan cerdas akan sangat membanggakan.  Oleh karena itu setiap orangtua harus tahu bagaimana cara mendidik anak agar anak menjadi anak yang pandai.  Dan berikut cara tepat agar bayi anda terdidik secara cerdas semenjak anak usia bayi

1. Rutin berbicara dengan bayi

Keterampilan berkomunikasi merupakan kunci yang sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan anak. Hal ini memungkinkan anak memiliki ikatan dengan Anda dan bisa mengembangkan harga diri dan kepercayaan diri mereka. Dorong anak Anda untuk meningkatkan kemampuan komunikasinya dengan melibatkan dirinya dalam kegiatan verbal. 

Bicaralah dengan bayi Anda tentang apa yang Anda lakukan, bagaimana anda menghabiskan dan mengisi hari anda, atau apa pun. Sertakan bahasa yang deskriptif, dan anak akan belajar untuk menggunakannya dalam percakapan mereka. Keterampilan bahasa yang kuat selalu dikaitkan dengan kecerdasan yang lebih tinggi. Jadi, berikan anak Anda manfaat dari keterampilan berkomunikasi ini.

2. Milikilah kasih sayang secara penuh

Bayi yang aman cenderung lebih percaya diri, dan dengan demikian lebih siap dan menerima terhadap tantangan dalam hidup. Mulailah dengan menyediakan lingkungan yang aman dan bahagia di rumah. Kontak fisik secara lembut dan pijat bayi memungkinkan Anda dengan bayi Anda akan memiliki ikatan yang kuat. Menggelitik dia, biarkan dia memanjat Anda dan bermain, berpelukan dengan dia, menempatkan dia di pangkuan Anda, atau menggendongnya dengan gendongan bayi.

3. Makanan bergizi

Ketika bayi Anda siap untuk memulai makanan padat, pastikan untuk memasukkan makanan kaya gizi untuk membantu dalam perkembangan kognitif. Makanan seperti telur, sayuran berdaun hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber kaya vitamin dan mineral yang diperlukan untuk perkembangan kesehatan bayi Anda secara keseluruhan.

4. Merangsang dengan mainan sederhana sesuai dengan usianya

Sementara banyak perusahaan mainan berfokus pada produk bayi, tidak semua dari produk mainan tersebut cocok untuk setiap kapasitas intelektual bayi. Beberapa dari produk mereka mungkin membanjiri dan banyak pilihan untuk bayi Anda. Jadi, sebelum memperkenalkan mainan, sebaiknya menganalisis terlebih dahulu apakah mainan tersebut cocok untuk kemampuan anak. Mainan yang tepat akan menarik dia, merangsang dia, dan menjadi alat pendidikan yang sangat baik.

5. Bermain dengan bayi Anda

Menemani bermain dengan anak Anda akan mengarahkan perhatiannya dan memberinya kesempatan baru untuk mengeksplorasi dan memahami. Sisihkan waktu untuk bermain dengan bayi Anda secara teratur. Bawa diri Anda ke tingkat pemahaman dan menikmati kegiatan yang menarik untuk seleranya. Perlahan-lahan memperkenalkan ide bermain baru yang akan mendorong dia untuk berpikir melampaui apa yang dia sadari. Karena bayi suka meniru, maka dengan mudah bayi akan dapat menguasainya dan dengan cepat anak akan bisa menemukan keterampilan barunya. 

6. Membaca bersama

Buku adalah alat yang sangat baik untuk merangsang imajinasi bayi Anda dan kemampuan berpikir. Bacakan buku untuk bayi Anda setiap hari. Pilih buku berwarna cerah dengan berbagai tekstur dan gambar sederhana yang akan menarik minatnya. Awalnya, bayi Anda mungkin lebih suka buku yang sama, tapi ia akan perlahan-lahan belajar untuk mengeksplorasi lebih banyak pilihan. Semakin Anda membiasakan bayi Anda dengan huruf dan gambar, semakin cenderung ia akan cepat bisa membaca.

7. Menceritakan keadaan di sekelilingnya

Ketika Anda memperkenalkan bayi Anda untuk buku dan cerita, cobalah untuk membuatnya menjadi protagonis dari cerita favoritnya. Ketika bayi belajar untuk menghubungkan cerita ini ke lingkungannya sendiri, ia akan dapat terhubung lebih baik dengan hal-hal di sekelilingnya. Ini juga akan mengembangkan minatnya dalam cerita dan bercerita, dan segera ia mungkin mulai bercerita tentang dirinya.

8. Rangsang anak untuk menjelajahi

Eksplorasikan anak Anda dengan lingkungan baru dan asing akan mendorong dia untuk menjelajahi ruang baru ini. Menceritakan apa yang Anda lihat, dan tampak antusias tentang hal baru yang Anda temui. Bahkan perjalanan ke supermarket dapat secara visual merangsang untuk anak. Semakin banyak memberikan pengalaman Anda kepada bayi, maka semakin ia akan belajar.

9. Perkenalkan anak Anda ke huruf dan angka awal

Jangan menunggu anak Anda untuk memulai sekolah baginya untuk belajar angka dan huruf. Mulai menghitung di rumah selama sesi bermain Anda dan menunjukkan huruf di papan dan rambu. Semakin banyak eksposur yang diterima anak Anda ke kata tertulis, maka akan lebih mudah baginya untuk memahami dan mempelajarinya ketika saatnya tiba. Isyarat verbal dan fisik seperti bahasa isyarat akan meningkatkan kemampuannya untuk memahami dan mengizinkannya untuk mengasosiasikannya dengan apa yang dia lihat di sekitar dirinya.

10. Membuat peluang untuk berinteraksi dengan anak lain

Interaksi sosial memberikan pengalaman yang menstimulasi dan juga mempersiapkan anak Anda menghadapi tantangan sewaktu dia tumbuh. Mengatur waktu bermain dengan anak-anak dari usianya atau membawanya ke Taman untuk bermain dengan anak lain. Ketika Anda memperhatikan interaksi pada tahap ini, Anda dapat dengan lembut membimbing dia dan mendukungnya dalam menjalin pertemanan yang baik. Saat dia belajar pelajaran berharga tentang berinteraksi dengan orang lain, dia juga akan lebih siap untuk menangani situasi yang tidak menyenangkan secara efektif ketika dia beranjak dewasa.

11. Mendorong keingintahuannya

Anak secara alami penasaran, dan rasa ingin tahu ini, ketika dirangsang, dapat membantu mereka belajar lebih banyak. Dorong minat anak Anda dengan memberinya banyak kesempatan untuk menemukan hal baru. Berilah penghargaan ketika ia melakukan sesuatu yang baru, sehingga ia termotivasi untuk terus menjelajah. Berikan dan siapkan mainan yang aman untuk anak dalam kehidupan sehari-hari, dan membiarkan imajinasi tumbuh dan membawanya ke tempat yang menyenangkan.

12. Kurangi berinteraksi di depan layar tv

Meskipun ada banyak acara pendidikan dan program untuk anak-anak, berhati-hati ketika mengekspos anak Anda kepada mereka. Batasi menonton tv dan fokuskan pada aktivitas gerak tangan; sebagai gantinya, karena ini akan merangsang anak Anda lebih baik. Hindari membiarkan anak Anda bermain dengan tablet dan ponsel, karena ini dapat merusak mata mereka. Terlalu banyak paparan televisi juga akan menyebabkan gaya hidup yang menetap, masalah penglihatan, dan kemampuan berpikir menjadi berkurang.

Kita hidup di dunia yang kompetitif secara global, sehingga ada kebutuhan yang konstan yang harus kita jaga dan selalu kita update setiap kejadian yang ada di dunia ini. 

Membesarkan bayi Anda untuk menjadi pintar bukanlah tugas yang sulit tetapi salah satu yang membutuhkan pemahaman dan pengetahuan tentang berurusan dengan sesuatu cerdas. Akhirnya, bayi Anda akan mendapatkan keuntungan dari trik ini dan akan menjadi pelengkap untuk menghadapi tantangan yang akan dijalaninya dalam hidup anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "12 Cara Bayi Tumbuh Cerdas dan Pintar Sejak Dini"