Tanda dan Ciri Anak Cerdas Istimewa - Gifted Children

anak cerdas istimewa

Seperti apakah karakteristik dan tanda anak cerdas istimewa?

Tanda dan ciri anak yang memiliki kecerdasan istimewa memang mulai terlihat sejak anak usia dini.  Sangat berbahagia jika anak kita bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas istimewa dan berbakat.  Namun apakah para orangtua bisa mengenali tanda-tanda istimewa tersebut?

Meskipun tidak ada rumus yang mudah untuk mengidentifikasi anak istimewa istimewa, beberapa karakteristik dan ciri tertentu muncul untuk membedakan anak cerdas istimewa dari atau teman sekelasnya.  Tanda dan ciri anak cerdas istimewa adalah sebagai berikut:

  • Memiliki kemampuan lebih awal untuk membaca dan memahami nuansa dalam bahasa: Seorang anak yang cerdas istimewa sering membaca dua atau lebih tingkat kelas di atas penempatan kelas saat ini dan mampu membaca secara luas atau memiliki banyak sudut pandang serta intens dalam satu bidang subjek pembahasan
  • Lebih cepat dalam menggunakan Kosakata lanjutan: Kemampuan untuk mengekspresikan pikiran dengan mudah dan jelas sering merupakan tanda dan karakteristik dari anak cerdas istimewa.
  • Penyimpanan berbagai informasi: Seorang anak cerdas istimewa sering mengherankan orang tua dan guru dengan mempelajari informasi baru dengan cepat dan mampu mengingat rinciannya dalam waktu jangka panjang 
  • Periode konsentrasi yang intens: Anak dapat menjadi sangat asyik dalam topik yang menarik sambil tidak menyadari peristiwa di sekitarnya karena saking konsentrasinya anak.
  • Spektrum kepentingan yang luas dan berubah-ubah: Anak mungkin terlibat dalam banyak proyek atau kegiatan yang diprakarsai dirinya sendiri pada waktu yang sama.
  • Tertarik kepada pengamatan dan keingintahuan: Kesadaran kepedulian yang tinggi terhadap diri dan lingkungan adalah khas anak cerdas istimewa. Anak mungkin terus-menerus mengejar garis inti dan mempertanyakan untuk mempelajari lebih lanjut tentang topik yang menarik.
  • Kompleks dalam pengolahan informasi: Seorang anak cerdas istimewa mampu memahami hubungan, memahami implikasi, dan memproses sejumlah besar informasi.
  • Kemampuan untuk berpikir secara abstrak: Anak sering dapat berpindah dari pemikiran serius ke representasi simbolis dengan nyaman dan pada usia lebih awal daripada kebanyakan anak.
  • Keterampilan berpikir kritis yang kuat: Anak mampu melakukan evaluasi berdasarkan kriteria yang ditetapkan dan bisa memberitahukan perbedaan antara apa yang orang katakan dan apa yang mereka lakukan.
  • Kemampuan untuk mengikuti petunjuk dan memikul tanggung jawab: Seorang anak yang cerdas istimewa sering menunjukkan kemandirian, kemandirian, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.
  • Kreativitas dan daya cipta: Anak mampu melihat situasi dari berbagai perspektif, mengembangkan dan mengeksplorasi pendekatan alternatif, dan menghasilkan produk baru.
  • Memiliki energi tak terbatas: Sering anak cerdas istimewa selalu waspada dan bersemangat, menggali ke dalam kepentingan luar biasa di luar keterbatasan anak yang sebaya dengannya.
  • Kepemimpinan: anak sering mengasumsikan peran kepemimpinan dalam berbagai keadaan dan pengaturan.

Catatan untuk para orangtua: nilai tinggi di kelas dan/atau Skor tinggi pada tes pencapaian standar belum tentu merupakan indikator bahwa siswa cerdas istimewa. Evaluasi lebih lanjut diperlukan untuk identifikasi yang akurat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tanda dan Ciri Anak Cerdas Istimewa - Gifted Children"