10 Cara Agar Anak Lebih Pintar Berdasarkan Sains

anak lebih pintar

Banyak hal yang bisa dilakukan agar anak menjadi lebih pintar. Oleh karena itu para orangtua 
sebaiknya mengeksplorasi ilmu di balik apa yang membuat anak-anak lebih bahagia, pola pendidikan apa yang bisa memberikan hasil terbaik dan apa yang membuat keluarga menjadi menyenangkan.

Namun, apa yang membuat anak — dari bayi hingga remaja — lebih pintar?

Berikut adalah 10 hal yang dikatakan Sains agar anak menjadi lebih pintar:

1) Pelajaran musik

Mudah dan sederhana: penelitian menunjukkan pelajaran musik membuat anak pintar:

Dibandingkan dengan anak yang berada dalam kelompok kontrol dan pengawasan, anak di grup musik menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam IQ dengan skala penuh. Efeknya relatif kecil, tetapi umum di subtes IQ, Skor indeks, dan ukuran standar pencapaian akademik.Bahkan pelatihan musik membantu semua orang, baik muda dan tua:

Sebuah badan penelitian yang berkembang menemukan pelatihan musik memberikan siswa mendapatkan keuntungan belajar di kelas. Sekarang sebuah studi Northwestern University menemukan pelatihan musik dapat memberikan manfaat untuk para nenek juga, karena musik dapat mengimbangi beberapa efek yang merugikan karena penuaan.


2) Anak yang suka bermain/olahraga adalah bodoh merupakan mitos

Anak bodoh yang bodoh karena mereka menghabiskan lebih banyak waktu di lapangan dengan bermain daripada di Perpustakaan. Tapi bagaimana jika Anda memastikan anak Anda mencurahkan waktu untuk keduanya?

Berada dalam kondisi yang baik akan meningkatkan kemampuan Anda untuk belajar. Setelah latihan olahraga (bermain) anak akan mampu mengambil Kosakata baru kata 20% lebih cepat.

Memang, dalam sebuah studi 2007 manusia, para peneliti Jerman menemukan bahwa orang belajar kosakata kata 20 persen lebih cepat setelah mereka mengikuti latihan olahraga di lapangan daripada yang mereka lakukan sebelum latihan olahraga, dan bahwa tingkat pembelajaran berhubungan langsung dengan tingkat BDNF (Brain Derived Neurotrophic Factor - Faktor neurotropik yang diturunkan dari otak)

Sebuah studi menyebutkan bahwa latihan/olahraga selama 3 bulan meningkatkan aliran darah ke bagian otak terfokus pada memori dan belajar sebesar 30%.

Melalui Spark: The revolusioner ilmu baru latihan dan otak:

Dalam studinya (The Revolutionary New Science of Exercise and the Brain:), dengan mengambil riset sekelompok relawan kecil dengan menerapkan latihan olahraga tiga bulan dan kemudian mengambil gambar otak mereka. Apa yang dilihatnya adalah bahwa volume kapiler di daerah memori Hippocampus meningkat sebesar 30 persen, perubahan yang benar-benar luar biasa.

3) Jangan membacakan untuk anak Anda, tapi baca bersama mereka

Anak kecil anda sedang belajar untuk membaca? Jangan biarkan mereka hanya menatap gambar dalam buku saat Anda sedang melantangkan semua bacaan.
Berikanlah perhatian pada kata-katanya. Bacalah bersama mereka, bukan kepada mereka. 

Penelitian menunjukkan itu akan membantu membangun keterampilan membaca merekaKetika pembacaan buku bersama anak diperkaya dan diperbanyak  dengan memberikan perhatian secara eksplisit maka akan dapat mengembangkan strategi dan kemampuan membaca anak, maka pembacaan buku bersama merupakan media yang efektif untuk memajukan kemampuan literasi awal kepada anak-anak.

4) Anak kurang tidur akan membuat anak bodoh

Hilang satu jam tidur ternyata otak siswa kelas enam bisa menjadi turun dan bahkan setara anak kelas empat. Hal ini berdasarkan literasi dari NurtureShock yang menyatakan:

"Hilangnya satu jam tidur setara dengan [hilangnya] dua tahun pematangan kognitif dan pengembangan," (Nurture Shock)

Ada hubungan antara nilai dan jumlah rata-rata tidur.

5) IQ tidak bernilai banyak tanpa disiplin diri

Disiplin diri mengalahkan IQ saat memprediksi siapa yang akan berhasil dalam hidup.Dari bukunya Charles Duhigg yang luar biasa The Power of Habit: Mengapa kita melakukan apa yang kita lakukan dalam hidup dan bisnis.

Puluhan studi menunjukkan bahwa kemauan adalah kebiasaan dan merupakan kunci utama yang paling penting untuk keberhasilan individu. Siswa yang memiliki kekuatan kemauan yang tinggi lebih cenderung mendapatkan nilai yang lebih tinggi di kelas mereka dan cenderung bisa masuk ke sekolah yang lebih selektif. Mereka memiliki absen (tidak masuk) lebih sedikit dan lebih sedikit waktu menonton televisi dan lebih menghabiskan pada pekerjaan rumah. "Remaja yang sangat disiplin mengungguli lebih banyak rekan impulsif pada setiap akademik-kinerja variabel," para peneliti menulis. "Disiplin diri meramalkan kinerja akademik lebih tegas dan bagus daripada hanya sekedar IQ. Disiplin diri juga mampu meningkatkan nilai mereka selama tahun ajaran sekolah, sedangkan IQ tidak. Disiplin diri memiliki efek yang lebih besar pada kinerja akademis daripada bakat intelektual."

Nilai lebih berkaitan dengan kesadaran daripada kecerdasan semata.

Kesadaran adalah sifat yang terbaik untuk menghasilkan keberhasilan kerja. Apa yang membangkitkan Roberts tentang kesadaran adalah bahwa hal itu memprediksi begitu banyak  banyak hasil yang jauh melampaui tempat kerja. Masyarakat yang tinggi dalam kesadaran mendapatkan nilai yang lebih baik di sekolah dan perguruan tinggi; mereka berbuat lebih sedikit kejahatan; dan mereka tetap menikah lebih lama. Mereka hidup lebih lama-dan bukan hanya karena mereka Merokok dan minum menjadi berkurang. Mereka memiliki sedikit stroke, bisa menurunkan tekanan darah, dan meminimalisir terkena penyakit Alzheimer.

Siapa yang terbaik dalam hidup? Anak dengan ketekunan dan semangat.

Prediksi terbaik dari keberhasilan, para peneliti menemukan, adalah calon Pejuang ' peringkat pada sifat nonkognitif, non-fisik yang dikenal sebagai "Grit" didefinisikan sebagai "ketekunan dan semangat untuk tujuan jangka panjang."

6) Belajar adalah sebuah proses aktif

Permainan asah otak dan Bayi Einstein tidak memiliki fungsi.
Bahkan, ada alasan untuk percaya bahwa mereka membuat anak bodoh.

Melalui Brain Rules for Baby: Bagaimana membesarkan anak pintar dan bahagia dari nol sampai lima:

Produk tersebut tidak akan bekerja secara penuh. Mereka tidak memiliki efek positif pada kosakata audiens target, yaitu bayi 17-24 bulan. Beberapa malah memberikan efek merugikan. 

Untuk setiap jam per hari anak yang dihabiskan untuk menonton DVD dan video bayi tertentu, bayi tersebut memahami rata-rata enam hingga delapan kata lebih sedikit daripada bayi yang tidak menontonnya. Hasilnya masih sangat minim.

Pembelajaran yang nyata adalah tidak pasif, yaitu dengan aktif.

Apa yang Dan Coyle (penulis The Talent Code) rekomendasikan? Berhenti hanya membaca dan menguji diri sendiri:

Otak kita berevolusi untuk belajar dengan melakukan sesuatu, bukan dengan mendengar tentang mereka. Ini adalah salah satu alasan bahwa, untuk banyak keterampilan, itu jauh lebih baik dengan menghabiskan sekitar dua pertiga dari waktu Anda dengan menguji diri Anda daripada hanya menyerap saja. Ada aturan dua pertiga. Jika Anda ingin, katakanlah, menghafal bagian, lebih baik untuk menghabiskan 30 persen dari waktu Anda dengan membacanya, dan yang lain yaitu 70 persen dari waktu Anda digunakan untuk menguji diri Anda tentang pengetahuan itu.

7) Memperlakukan bisa menjadi hal yang baik-pada waktu yang tepat

Secara keseluruhan, akan lebih baik jika anak makan sehat sepanjang waktu. Penelitian menunjukkan makan membuat perbedaan dalam nilai anak:

Semua orang tahu Anda harus makan sarapan ketika hari mau tes. Tinggi karbohidrat, tinggi serat, makanan yang lambat dicerna seperti oatmeal terbaik, ini merupakan hasil penelitian sangat baik diberikan. Tapi apa yang Anda makan seminggu di awal juga mempengaruhi. 

Ketika 16 mahasiswa diuji pada perhatian dan kecepatan berpikir, kemudian diberi lima hari lemak tinggi, rendah karbohidrat dengan Diet berat pada daging, telur, keju dan krim dan diuji lagi, kinerja mereka menjadi menurun.

Selalu ada pengecualian. Tidak ada anak makan sehat sepanjang waktu. Tapi Ironisnya adalah bahwa anak sering mendapatkan "makanan buruk" pada waktu yang salah.

Penelitian menunjukkan kafein dan gula dapat sebagai penguat otak:Kafein dan glukosa dapat memiliki efek menguntungkan pada kinerja kognitif. Karena daerah ini berhubungan dengan perhatian yang berkelanjutan dan proses memori kerja, hasil akan menyarankan bahwa gabungan kafein dan glukosa dapat meningkatkan efisiensi sistem perhatian.

Mereka juga ampuh sebagai hadiah cinta untuk anak.

Jadi, jika anak akan sesekali makan permen dan soda mungkin lebih baik untuk memberikannya kepada mereka saat mereka belajar kemudian ketika mereka sedang bersantai.

8) Anak bahagia = Anak sukses
Anak yang lebih bahagia lebih cenderung berubah menjadi orang dewasa yang berhasil dan berprestasi.

Melalui Raising Happiness (10 Simple Steps for More Joyful Kids and Happier Parents - 10 Langkah Sederhana untuk Anak yang Lebih Menyenangkan dan Orangtua yang Lebih bahagia)

"Kebahagiaan adalah keuntungan yang luar biasa di dunia yang menekankan kinerja. Rata-rata, orang bahagia lebih berhasil daripada orang yang tidak bahagia di kedua pekerjaan dan cinta. Mereka mendapatkan ulasan kinerja yang lebih baik, memiliki pekerjaan yang lebih bergengsi, dan mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Mereka lebih cenderung menikah, dan cukup sekali menikah, mereka lebih puas dengan pernikahan mereka."

9) Masalah intern kelompok teman

Genetika Anda dan genetika pasangan Anda memiliki dampak yang besar pada anak Anda. 

Tapi cara Anda membesarkan anak-anak Anda?
Tidak hampir sama banyak.

Melalui Malcolm Gladwell - Tipping Point: bagaimana hal kecil dapat membuat perbedaan besar:

Dalam hal seperti ukuran kemampuan intelektual dan aspek kepribadian tertentu, anak biologis cukup mirip dengan orang tua mereka. Namun untuk anak angkat, hasilnya benar-benar aneh. Nilai mereka tidak memiliki kesamaan apa pun dengan orangtua angkat mereka: anak ini tidak lebih mirip dalam kepribadian atau keterampilan intelektual mereka kepada orang yang membesarkan mereka, makan mereka, pakaian mereka, membaca kepada mereka, mengajar mereka, dan mengasihi mereka selama enam belas tahun untuk mereka dari contoh dua orang dewasa yang diambil secara acak dari jalan.

Jadi, apa yang berpengaruh besar pada perilaku anak Anda? Ya, kelompok teman mereka.

Kita biasanya hanya berbicara tentang tekanan teman sebaya yang kita artikan negatif tetapi lebih hal ini adalah positif. Teman sebaya penting.

Tinggal di lingkungan yang bagus, pergi ke sekolah padat dan memastikan anak Anda bergaul dengan anak yang baik dapat membuat perbedaan besar. Apa cara termudah bagi mahasiswa untuk meningkatkan IPK mereka? Pilih teman sekamar pintar.

Melalui The Happiness Advantage: (The Seven Principles of Positive Psychology That Fuel Success and Performance at Work - Tujuh prinsip psikologi positif itu bahan bakar sukses dan kinerja di pekerjaan) menyebutkan:

Satu studi siswa Dartmouth College oleh ekonom Bruce Sacerdote menggambarkan betapa kuatnya pengaruh ini. Dia menemukan bahwa ketika siswa dengan rata-rata nilai rendah mulai bergabung dengan siswa dengan nilai tinggi, rata-rata nilai mereka meningkat. Siswa-siswa ini, menurut para peneliti, “tampaknya saling menginfeksi satu sama lain dengan kebiasaan belajar yang baik dan buruk — sehingga teman sekamar dengan nilai rata-rata kelas tinggi akan menyeret IPK ke atas terhadap teman sekamarnya yang skornya lebih rendah. "

10) Percaya pada mereka

Percaya anak Anda lebih pintar dari rata-rata akan membuat perbedaan.

Ketika guru diberitahu anak tertentu yang lebih tajam, orang-anak itu lebih baik - meskipun anak dipilih secara acak.

Melalui The Heart of Social Psychology: (A Backstage View of a Passionate Science)

Rosenthal dan Lenore Jacobson (1968) melakukan studi yang sama di kelas, memberi tahu guru sekolah dasar bahwa mereka memiliki siswa tertentu di kelas mereka yang merupakan "kelompok akademik." Bahkan, para siswa ini dipilih secara acak. Sama sekali tidak ada lagi yang dilakukan oleh para peneliti untuk memilih anak-anak ini. Namun pada akhir tahun ajaran, 30 persen dari anak yang secara sewenang-wenang diberi nama sebagai para gagap telah memperoleh nilai dari 22 poin IQ, dan hampir semua telah memperoleh sedikitnya 10 poin IQ.

Kesimpulan
  • Musik pelajaran
  • Anak bodoh adalah mitos
  • Jangan baca untuk anak Anda, baca dengan mereka
  • Tidur kurang membuat anak bodoh
  • IQ tidak bernilai banyak tanpa disiplin diri
  • Belajar adalah sebuah proses aktif
  • Memperlakukan bisa menjadi hal yang baik - pada waktu yang tepat
  • Anak bahagia = anak sukses
  • Masalah kelompok teman
  • Percaya kepada mereka
  • Satu catatan terakhir: Kecerdasan bukanlah segalanya. Tanpa etika dan empati orang yang sangat cerdas bisa menakutkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Cara Agar Anak Lebih Pintar Berdasarkan Sains"