Tips Merayakan Lebaran yang Edukatif Bersama Anak

lebaran idul fitri
Momen lebaran atau Idul Fitri merupakan momen yang sangat menyenangkan dan membahagiakan.  Dengan idul Fitri kita akan bisa bertemu dengan keluarga, sanak famili untuk menjalin kembali tali silaturahmi dan saling bermaaf-maafan.  

Pada kesempatan lebaran kali ini, momen lebaran merupakan kesempatan yang pas untuk mengajarkan kepada anak tentang makna dari hari raya Idul Fitri. Banyak hal yang bisa kita ajarkan kepada anak, misalnya adalah pengajaran tentang nilai-nilai kehidupan, nilai keagamaan dan nilai-nilai tatakrama serta tata susila yang ada di tanah air Indonesia.

Pengajaran kepada anak tentang nilai-nilai tersebut harus kita sampaikan dengan cara yang menarik agar anak tertarik dengan apa yang akan kita sampaikan dan pesan positif tersebut bisa merasuk ke relung sanubari anak. Caranya yaitu dengan melibatkan anak dalam aktifitas yang nyata namun menyenangkan.
idul fitri

Dan berikut adalah beberapa cara agar anak mendapatkan nilai-nilai postif dan edukatif dalam momen lebaran tahun ini

1.  Saling berbagi nikmat dan rezeki

Contoh nyata yang bisa kita berikan yaitu mengajak anak untuk ikut berbagi dengan orang yang tidak mampu.  Oleh karena itu kita bisa mengunjungi panti asuhan, panti jompo atau panti-panti lainnya yang membutuhkan uluran tangan kita.  Sisihkanlah sedikit rejeki dan harta dari kita dalam bentuk bingkisan dan ajak anak untuk berperan serta.

Pengajaran nilai-nilai kehidupan dengan tindakan nyata akan selalu diingat oleh anak dan akan dipraktekkan kelak ketika anak sudah dewasa dan mandiri. Dengan berbagi ini maka kita akan berlatih syukur terhadap nikmat-nikmat Allah yang telah diberikan kepada kita.

2.  Menyiapkan dan membuat makanan khas lebaran

Lebaran identik dengan makanan-makanan khas hari raya.  Para orang tua biasanya akan sibuk membuat sajian makanan.  Maka alangkah baiknya apabila kita mengajak anak-anak untuk ikut berperan serta mengolah dan menyajikan makanan khas lebaran.

Dengan mengajak anak-anak maka kita telah memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai lebaran dan anak akan menjadi tahu sajian khas keluarga ketika di hari raya Idul Fitri.

3.  Menyediakan arena bermain anak

Pada kesempatan hari raya Idul Fitri merupakan momen berkumpulnya keluarga termasuk anak-anak.  Oleh karena itu sediakanlah area untuk bermain anak-anak.  Selain mereka akan puas bermain tentunya mereka juga akan betah dan merasa bahagia sekali di hari raya Idul Fitri.

4.   Menyempatkan Bercerita atau mendongeng

Ketika sedang santai atau sedang berkumpul dengan anak-anak maka kita bisa memberikan cerita kepada anak-anak.  Banyak cerita atau dongeng yang bisa kita sampaikan.  Apalagi untuk mencari literasi yang bagus tidaklah terlalu sulit, ada buku dan internet yang bisa kita akses.

Lakukan mendongeng dan bercerita secara ekspresif agar anak-anak suka dan semangat mendengarkan.  Anak-anak pasti akan lebih mudah untuk mencerna dan memahami nilai-nilai yang terkandung dalam cerita yang kemudian akan diintepretasikan anak secara nyata dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Momen lebaran atau hari raya merupakan kesempatan emas untuk memberikan pengajaran tentang pengetahuan dan nilai-nilai positif kehidupan.  Jangan biarkan hari raya Idul Fitri lewat begitu saja, hanya habis untuk sesuatu yang sia-sia.  Para orang tua hendaknya lebih kreatif dalam memberikan edukasi kepada anak-anak dan harus bisa memanfaatkan waktu yang ada agar bisa mempengaruhi anak untuk menjadi pribadi yang positif dan maju.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merayakan Lebaran yang Edukatif Bersama Anak"