Langkah-Langkah Mengembangkan Potensi dan Bakat Anak

bakat dan potensi anak
Langkah-langkah melatih dan mengembangkan bakat dan potensi anak.  Anak yang sudah terlahir ke alam dunia pasti memiliki potensi dan bakat masing-masing.  Dan setiap masing-masing anak potensinya juga berbeda-beda.  Dan ini merupakan karunia Tuhan yang diberikan sebagai bekal untuk mengarungi kehidupan.

Agar potensi dan bakat anak bisa berkembang maka potensi dan bakat anak harus digali dan distimulasi.  Oleh karena itu mendidik anak secara tepat harus dilakukan agar kemampuan anak bisa berkembang secara maksimal juga. Lantas bagaimanakah cara menstimulasi dan meningkatkan potensi dan bakat yang dimiliki anak?

Berikut adalah cara dan tips yang harus dilakukan agar potensi dan bakat anak bisa tumbuh dengan baik.

1.  Anak merupakan titipan dari Tuhan Yang Maha Kuasa.  Oleh karena itu para orangtua hendaknya berterima kasih dan bersyukur kepada Tuhan atas karunia anak yang telah diberikan.  Implementasi dari rasa syukur tersebut yaitu mendidik anak yang telah dititipkan dengan sebaik-baiknya. Anak bukanlah beban melainkan amanah yang harus dijaga dengan baik termasuk mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki anak.

2.  Karena anak merupakan amanah dari Tuhan maka ciptakanlah suasana yang nyaman kepada anak.  Berikanlah kasih sayang yang tulus agar anak merasa dilindungi. Dengan kenyamanan ini maka anak akan merasa dicintai dan diperhatikan sehingga anak juga akan berbalas budi dengan mencintai dan menyayangi orangtuanya.

3.  Tuhan sudah menyiapkan potensi dan bakat setiap anak.  Oleh karena itu hargailah setiap potensi dan karakter yang ada pada anak.  Bersabarlah dalam menghadapi setiap tingkah laku anak.  Pasti ada cara jika anak belum bisa berkembang secara maksimal terutama potensi dan kemampuannya.

4.  Jadilah orangtua teladan dan menjadi orangtua yang bisa dicontoh oleh anak-anak. Orangtua teladan akan bisa memberikan motivasi positif kepada anak-anaknya.  Selain itu juga orangtua teladan pasti bisa membangkitkan semangat anak terhadap minat tertentu sehingga anak akan menemukan hal yang disukainya dan bisa melejitkan kemampuannya.

5.  Orangtua harus bisa menghargai anak, terutama ketika anak telah membuat suatu keputusan.  Berikan anak kesempatan untuk mengembangkan potensinya sesuai dengan minat dan bakatnya.  Orangtua berkewajiban mengarahkan dan memberikan nasehat kepada anak agar anak tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif yang bisa menghambat potensi dan bakat yang dimilikinya.

6.  Berikanlah kesempatan kepada anak untuk mencari informasi terkait minat dan bakatnya dan terus dorong anak untuk mencari informasi-informasi positif terbaru yang berkaitan dengan potensi anak.  Temukan guru yang tepat atau orang yang telah berhasil sehingga anak bisa meneladaninya.  Mengenal bakat dan potensi anak merupakan hal yang luar biasa.

7.  Hindari memberikan paksaan kepada anak, apalagi hal tersebut tidak sesuai dengan potensi dan bakatnya.  Hargailah setiap keputusan dan pilihannya. Yakinlah bahwa anak juga akan mampu untuk belajar dari apa yang telah dilakukannya.

8. Berikan apresiasi positif kepada anak jika anak bisa melakukan suatu keberhasilan meskipun dalam hal-hal yang sifatnya kecil.  Bukankah hal besar diawali dari hal-hal yang kecil.

9.  Berikanlah lingkungan yang kondusif terhadap anak, baik itu di lingkungan keluarga ataupun lingkungan sekolahnya. Suasana yang kondusif akan membantu percepatan anak dalam mengembangkan potensi dan bakat anak.

10.  Berikanlah dan siapkan media-media penunjang sesuai dengan potensi dan kompetensi anak.  Media-media yang tepat akan membantu menstimulasi potensi dan bakat anak.

11.  Selalu berdoa kepada Tuhan agar anak tumbuh menjadi anak yang sholeh sholehah dan bisa berhasil di bidangnya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki anak.

Setiap potensi dan anak harus diasah dan digali agar bisa berkembang secara maksimal. Kerjasama yang baik antara ayah dan ibu akan mempercepat pengembangan potensi anak. Kembangkan potensi anak sejak anak usia dini dan para orang tua harus mengenal potensi dan bakat yang dimiliki anak yang selanjutnya penerapan langkah-langkah agar anak bisa sukses dikemudian hari.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Mengembangkan Potensi dan Bakat Anak"