Ciri dan Tanda Kecanduan Game Online dan Penyebabnya

ciri anak kecanduan game

Siapa yang tak kenal dengan game online?  Era digital sekarang ini perkembangan game online sangat berkembang pesat seiring semakin cepatnya akses internet. Setidaknya ada 3 alasan kenapa orang bermain game online diantaranya adalah karena untuk sekedar bersenang-senang, untuk menghilangkan stress pikiran dan hanya sekedar untuk mengisi waktu kosong.

Efek negatif dari bermain game online yaitu dapat menimbulkan efek kecanduan. Dan kecanduan game online sudah dikategorikan sebagai penyakit gangguan mental atau yang lebih sering dikenal dengan Game Disorder.  Melalui badan resminya yaitu WHO menetapkan bahwa game disorder termasuk dalam kategori disorders due to addictive atau kita sebut dengan gangguan yang ditimbulkan akibat kebiasaan atau kecanduan.

Oleh karena itu kita harus memahami dan mengerti ciri dan tanda orang yang terkena kecanduan game atau Game Disorder.  Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan oleh WHO berikut adalah ciri dan tandanya

  1. Mengalami gangguan pengontrolan atau ktidak memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri ketika sedang melakukan permainan atau game.
  2. Lebih mengutamakan permainan yang sedang dimainkannya dan melupakan bahkan meninggalkan aktifitas yang penting untuk keberlangsungan dirinya. Misalnya jadi lupa memperhatikan kesehatan, tidak peduli lingkungan sekitar.
  3. Interaksi terhadap game malah semakin meningkat padahal sudah merasakan efek negatif dari game tersebut.
  4. Jadi tidak peduli dengan dirinya sendiri, tidak peduli dengan keluarga, tidak memperhatikan kehidupan sosial, meninggalkan sekolah atau pendidikan dan hal-hal penting lainnya.
  5. Perilaku buruk tersebut setidaknya sudah berlangsung minimal 12 bulan atau setahun.


Ada beberapa alasan yang menyebabkan orang pada suka bermain game online. Reward yang dihadirkan akan menambah semangat untuk terus bermain.  Banyaknya peluang dan kesempatan untuk mendapatkan hadiah. Dan hal ini tidak ia dapatkan dalam kehidupan nyatanya maka nya ia akan lebih senang bermain game online.

Selain itu saat ini game online bisa dimainkan secara multiplayer, sehingga mereka akan bisa membuat hubungan secara virtual.  Karakter-karakter dari para pemain bisa diatur dan dikendalikan sesuai dengan keinginan kita dan apabila ada pemain yang absen maka akan ada perasaan yang kurang.  Dan hal-hal yang telah disebutkan tadi merupakan alasan mengapa mereka tidak mau lepas dari game online tersebut yang akhirnya malah membuat kecanduan.

Para orang tua hendaknya memperhatikan dengan betul ciri dan tanda orang yang terkena kecanduan game online.  Hal ini untuk mengantisipasi agar anak-anak tidak terjerumus dalam game online.  Berikanlah aturan dan batasan yang diperbolehkan terutama durasi dari bermain game online.  Ciri dan tanda kecanduan game online harus sedari awal kita waspadai agar penyakit  game disorder tidak menimpa pada anak-anak atau bahkan kita sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri dan Tanda Kecanduan Game Online dan Penyebabnya"