Mengenal Ciri dan Gejala Anak Cacingan

ciri dan gejala anak cacingan

Gejala dan ciri anak balita cacingan harus kita ketahui agar pengobatan bisa kita lakukan secepatnya. Penyakit cacingan pada balita akan bisa mengganggu pertumbuhan dan perkembangan anak jika hal tersebut dibiarkan saja tanpa diberikan obat cacingan. Mengenali tanda dan ciri-ciri anak yang terkena sakit cacingan sangat mudah untuk kita lakukan.

Ciri umum dari balita yang terkena cacingan akan bisa kita deteksi melalui dari pergerakan berat badannya.  Gejala penyakit cacingan ini akan menyebabkan anak terlihat kurang gizi dan kurang gemuk.  Selain itu tanda-tanda lainnya yaitu balita merasa nyeri di bagian perut yang kadang diiringi dengan sakit diare.  Ciri khas lainnya yaitu balita akan terlihat lemes, nafsu makan anak menjadi berkurang bahkan anak akan tampak loyo.

Hal yang menjadi catatan tersendiri bahwa cacing yang bersarang dalam tubuh akan bisa berpindah-pindah tempat di dalam organ-organ tubuh.  Akibatnya jika hal tersebut dibiarkan maka akan bisa merusak organ tubuh yang dihinggapinya.  Sebagai contoh misalnya jika anak cacingan kemudian terserang sakit batuk yang lama, maka ini menandakan bahwa cacing tersebut sudah merambah ke organ paru-paru anak.

Ciri anak cacingan yang disebabkan cacing kremi

1. Ada rasa nyeri yang terasa di daerah perut
2. Timbul rasa mual
3. Area disekitar anus/dubur terasa gatal
4. Sulit tidur karena gatal

Gejala anak cacingan cacing gelang

1. Diare yang diiringi tinja berdarah
2. Rasa mual bahkan muntah
3. Mengalami berat badan yang cenderung menurun
4. Ada cacing di feses (tinja) atau muntahan
5. Rasa nyeri di sekitar perut

Ciri Balita cacingan cacing tambang

2. Rasa nyeri disekitar perut terutama lebih di sisi atas
3. Demam
4. Bunyi nafas (Mengi) akibat larva sudah mulai masuk ke organ paru-paru
5. Rasa gatal pada kulit dan biasanya ada tonjolan dan seperti radang

Ciri anak sakit cacingan cacing pita

1. Rasa nyeri di area perut
2. Terasa mual
3. Mengalami diare
4. Loyo dan lemas
5. Berat badan kurang
6. Tidak nafsu makan

Beberapa penyebab utama dari penyakit cacingan

1. Lingkungan yang kurang bersih

Lingkungan yang kurang bersih sangat berpotensi besar timbulnya penyakit cacingan.  Maka dari itu galakkan program kebersihan terutama di rumah dan lingkungan sekitar.  Atur dengan baik lokasi sampah ataupun kandang hewan piaraan agar hewan tidak berak sembarangan.

2. Pola hidup yang jorok

Orang tua merupakan contoh dan teladan, maka dari itu orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik.  Terapkan pola hidup bersih di dalam keluarga.  Biasakan mencuci tangan sebelum makan  dan berhati-hatilah terhadap makanan terutama daging. Pastikan bahwa daging yang akan dimakan sudah matang terutama jika daging diberikan untuk bayi/anak.  Hal yang tak kalah penting adalah kebersihan kuku dan kebersihan makanan. Untuk bayi ataupun anak berikanlah perhatian dan pengawasan yang lebih.  Misalnya adalah mandi anak, tempat bermain anak, kuku anak dan pakaian yang digunakan anak.

Ciri dan gejala cacingan harus kita pahami dengan baik agar kita bisa mendeteksi dini sehingga pengobatan akan bisa dilakukan lebih cepat.  Jaga anak-anak kita dari wabah cacingan ini agar anak bisa berkembang dan tumbuh dengan kondisi yang sehat dan kuat. Biasakanlah pola hidup bersih dan jaga kebersihan lingkungan. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Ciri dan Gejala Anak Cacingan"