Tips Menghindari Anak Suka Makanan Cepat saji

junk food

Bahaya makanan cepat saji atau junk food bisa mengancam anak-anak jika hal tersebut tidak dihindari.  Makanan junk food dapat menyebabkan beberapa penyakit diantaranya adalah obesitas/kegemukan, jantung, penyakit kanker dan penyakit ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.  Dalam segi rasa junk food memang sangat enak namun makanan junk food sangat rendah gizi dan nutrisi.

Sebagian besar para orang tua mengetahui akan bahaya yang dikandung dalam makanan jenis junk food.  Namun para orang tua masih mengabaikan akan hal itu dan tetap memberikan anak-anak mereka dengan makanan jenis junk food.  Alasan yang sering diungkapkan yaitu praktis dan anak lebih suka dengan makan junk food.

Sebagai orang tua yang baik maka kebiasaan makan junk food harus dihindari dan anak-anak harus mulai dibiasakan untuk tidak menyukai makanan jenis ini.  Pemahaman dan penjelasan harus diberikan sedini mungkin agar anak lebih terjaga kesehatannya.  Nah, ada beberapa tips dan cara yang bisa diterapkan agar anak-anak lebih suka dengan makanan sehat

1. Membiasakan makan makanan sehat dalam keluarga

Usia anak terlebih saat usia batita harus lebih dikenalkan dengan makanan sehat.  Tahan untuk memberikan makanan junk food agar anak tidak terbiasa dan ketagihan dengan rasa makanan junk food.  Membiasakan makan makanan sehat akan membuat anak terbiasa makan makanan sehat hingga dewasa.

2. Menyediakan cemilan sehat di rumah

Agar anak tidak merasa lapar maka kita bisa menyediakan cemilan sehat di dalam rumah. Beberapa ciri cemilan sehat yaitu biasanya cemilan tersebut terbuat dari bahan gandum.

3. Memberikan penjelasan kepada baby sitter

Baby sitter ataupun Tempat penitipan anak harus kita berikan penjelasan agar mereka tidak memberikan makanan junk food kepada anak kita.  Karena ada beberapa baby sitter ataupun Tempat penitipan anak yang menyediakan makanan junk food dengan alasan lebih cepat dan praktis.

4. Memberikan teladan dalam keluarga

Anak-anak hanyalah mengikuti gaya hidup dan perilaku orang tua.  Oleh karena itu berkomitmenlah untuk tidak mengkonsumsi makanan jenis ini jika menginginkan kebiasaan makan junk food tidak menular pada anak.

5. Memperbanyak referensi jenis makanan sehat

Dengan banyaknya referensi maka akan membuat pengetahuan kita tentang jenis makanan sehat menjadi lebih banyak.  Sehingga variasi makanan sehat yang disediakan dalam keluarga akan lebih banyak lagi dan anak-anakpun tidak akan bosan.

Bahaya junk food harus kita pahami, dan hindari anak-anak mengkonsumsi makanan junk food.  Dengan banyaknya aktifitas orang tua bukan menjadikan alasan memberikan anak-anak junk food.  Sayangi kesehatan keluarga dan kesehatan anak-anak karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menghindari Anak Suka Makanan Cepat saji"