Pentingnya Asuransi Dalam Keluarga

pentingnya asuransi untuk keluarga
Asuransi bagi sebagian orang merupakan hal yang penting, namun di sisi lain ada juga yang kurang senang dengan istilah asuransi.  Asuransi ibarat sebuah payung, ketika musim kemarau memang tidak terlalu bermanfaat namun ketika musim hujan maka akan membantu kita untuk tidak kehujanan.  Sehingga asuransi akan bisa membantu kita manakala sedang diperlukan sesuai dengan tabel manfaat yang diberikan.

Untuk memahami pentingnya asuransi dalam kehidupan kita maka kita bisa menggunakan teori 4 dimensi resiko atau bisa kita sebut dengan istilah 4 D

1. Death

Semua orang pasti akan mengalami kematian.  Kematian akan datang kepada kita tanpa melihat kita siap atau tidak siap.  Oleh karena itu salah satu cara untuk membantu keluarga kita manakala kita meninggal dunia yaitu dengan asuransi.  Asuransi akan bisa meringankan beban ahli waris dan tentunya ini merupakan cara yang bijak dalam menyayangi anggota keluarga kita.

2. Disability

Musibah yang melanda dan datang menghampiri tidak bisa kita prediksi secara akurat.  Oleh karena itu agar ada persiapan ketika ada musibah yang datang baik itu penyakit, kecelakaan maka asuransi adalah solusi bijak yang bisa kita lakukan.  Ingat musibah, kecelakaan dan penyakit tidak melihat usia dan kesiapan kita.

3. Debt

Hutang bukanlah hal yang tabu dalam kehidupan masyarakat perkotaan.  Rumah, kendaraan adalah salah satu aset kita yang perlu kita lindungi.  Musibah seperti kebanjiran, kebakaran, gempa dan huru hara merupakan peristiwa yang tidak bisa kita perkirakan.  Untuk membantu dalam melindungi aset-aset kita maka asuransi merupakan solusi jitu yang bisa kita gunakan.

4. Divorce

Kasus perceraian bukanlah barang langka di Indonesia.  Banyak kasus-kasus perceraian yang banyak menimbulkan kerugian terutama terhadap anak hasil sebuah perkawinan.  Agar anak tidak terlantar dikarenakan perebutan warisan maka asuransi bisa digunakan agar anak kita tetap mendapatkan hak warisnya tanpa ada yang mengganggu gugat, sehingga kehidupan anak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Dari keempat hal di atas maka kita dapat menyimpulkan bahwa asuransi memang memiliki nilai lebih bila dibandingkan degan membiarkan hidup ini mengalir begitu saja. Melakukan persiapan sebelum hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi adalah langkah bijak yang mesti kita lakukan sebagai wujud rasa sayang kita terhadap keluarga.

Tapi ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan dengan cermat sebelum memutuskan membeli salah satu program asuransi.  Salah satu peristiwa yang bisa kita ambil hikmahnya adalah peristiwa salah satu claim asuransi selebritis Indonesia yang tidak bisa dicairkan dan diajukan terhadap provider asuransi ternama tersebut.

Agar hal tersebut tidak menimpa kepada kita maka beberapa hal yang mesti kita perhatikan sebelum memutuskan membeli salah satu program asuransi antara lain yaitu

1. Baca dengan baik perjanjian dalam asuransi tersebut. Hindari sikap menggampangkan dan sebaiknya bersikaplah kritis agar tidak terjadi kesalahpahaman dikemudian hari yang mengakibatkan claim asuransi tidak bisa diproses.  Tanyakanlah hal-hal yang sulit dipahami agar menjadi jelas.

2. Memilih dengan bijak asuransi yang akan digunakan.  Biasanya asuransi kesehatan adalah asuransi dasar yang wajib dimiliki semua orang.  Jika kita bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan yang sudah menyediakan jasa asuransi kesehatan maka kita tidak perlu lagi membeli program asuransi kecuali jika anggota keluarga kita tidak mendapatkan fasilitas tersebut.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang dimiliki.  Bermusawarahlah dengan anggota keluarga terutama istri/suami agar program asuransi yang akan dipilih tidak membebani keuangan keluarga.

4. Cek dengan seksama baik itu cara pengajuan klaim asuransi, fasilitas yang dimiliki provider asuransi, nomor telepon yang bisa dihubungi setiap saat dan tanyakan pula fasilitas lebih lainnya yang bisa kita gunakan.

5. Cari tahu keluhan dan kepuasan pelanggan lainnya dengan cara mencari dan ikut forum-forum atau komunitas terkait.  Baca dengan seksama pengalaman-pengalaman mereka sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan.

Hidup adalah pilihan dan masa depan kita merupakan rangkaian pilihan yang kita lakukan pada hari ini.  Penyesalan memang selalu datang belakangan.  Dan asuransi adalah salah satu cara sebagai wujud rasa peduli kita terhadap kehidupan anggota keluarga kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Asuransi Dalam Keluarga "