Manfaat Program Asuransi dan Tips Memilih Terbaik

Pentingnya asuransi untuk keluarga
Perlukah kita ikut dalam program asuransi?  Seberapa pentingkah jasa asuransi untuk keluarga kita? Perlu atau tidaknya asuransi itu tergantung dari kita, pasalnya ragam asuransi sangat banyak sekali.  Mulai dari asuransi pendidikan, asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, asuransi penyakit kritis, asuransi perjalanan, asuransi rumah dan lain sebagainya.  Semuanya tersedia tergantung kita perlunya yang mana terhadap prgram asuransi tersebut.

Bagi beberapa sebagian besar masyarakat terutama masyarakat perkotaan mulai menyadari tentang pentingnya asuransi.  Karena salah satu fungsi asuransi yaitu sebagai payung terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.  Selain itu asuransi juga merupakan bentuk investasi jangka panjang yang akan mampu memberikan manfaat dan cenderung sebagai proteksi yang terpercaya dan lebih pasti.

Ada perlu kesadaran yang perlu kita bangun agar kita bisa memutuskan secara bijak apakah asuransi sangat diperlukan untuk tameng dalam kehidupan kita.  Mengingat kehidupan manusia yang penuh tanda tanya dan penuh ketidak pastian.  Hal yang mungkin bisa terjadi yaitu kematian, PHK, bencana alam, kecelakaan lalu lintas dan hal-hal lainnya yang tidak bisa kita prediksi secara tepat.

Mengingat pentingnya proteksi terhadap kejadian-kejadian yang tidak diinginkan maka asuransi adalah salah satu program yang bisa digunakan agar bisa membantu kita manakala ada kesulitan yang menghampiri.  Oleh karena itu diperlukan pemilihan yang tepat agar program asuransi cenderung tidak mengecewakan dikemudian hari.  Telitilah dengan baik program asuransi yang akan digunakan dan pastikan asuransi tersebut memiliki riwayat yang baik.

Berikut ini adalah tips yang bisa digunakan sebelum mengunakan program asuransi

1. Memilih program asuransi

Setiap kita pasti menginginkan program asuransi yang berbiaya rendah namun memiliki pelayanan yang prima.  Oleh karena itu agar tidak salah pilih asuransi, cobalah untuk menggali informasi mengenai provider asuransi secara akurat.  Cara yang bisa dipakai yaitu dengan mencari informasi di internet, bertanya kepada teman yang sudah pengalaman ataupun bertanya kepada orang yang berkompeten di bidang tersebut. Tidak usah buru-buru dan cek dengan seksama informasi yang didapat.

2. Menyesuaikan dengan anggaran keuangan

Sebaiknya pilihlah program asuransi yang tidak memberatkan keuangan keluarga.  Bermusyawarahlah dengan keluarga agar masalah keuangan tidak merepotkan di kemudian hari.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Karena banyaknya program asuransi yang ditawarkan, alangkah baiknya apabila memilih program asuransi yang memang dibutuhkan.  Buatlah skala prioritas, mana yang harus didahulukan.  Apakah asuransi pendidikan untuk anak, untuk mobil, untuk kecelakaan, rumah ataupun untuk yang lainnya.

4. Menghitung  nilai asuransi

Cek dan teliti dengan baik antara biaya yang harus dikeluarkan dengan tabel manfaat asuransi yang diterima.  Buatlah perbandingan dengan asuransi-asuransi yang lain agar tidak ada penyesalan dikemudian hari.  Karena sifatnya yang jangka panjang, alangkah baiknya apabila mengutamakan manfaat yang didapat.

5. Memilih asuransi yang syariah

Karena banyaknya asuransi yang tersedia, alangkah baiknya apabila memilih asuransi yang sesuai dengan syariah islam.  Minimal adalah memilih program asuransi yang paling minim riba.  Asuransi syariah akan lebih memberikan ketenangan dan bernilai pahala.

Asuransi di era modern ini memang diperlukan untuk mengantisipasi kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.  Minimal sebagai proteksi keluarga sehingga ketika terjadi musibah yang tidak diinginkan maka kita akan lebih siap.  Dan memang setiap kita tidak menginginkan adanya musibah yang memberatkan, namun siapa yang akan menjamin bahwa hidup kita akan lancar-lancar saja?  Tentunya kitalah yang harus mempersiapkan itu semua yaitu dengan membeli program asuransi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Program Asuransi dan Tips Memilih Terbaik"