Mengatasi Anak Sulit Makan Nasi

Mengatasi anak susah makan nasi
Salah satu hal yang membuat para bunda resah adalah hilangnya nafsu makan anak.  Anak-anak sekarang cenderung lebih susah untuk disuruh makan nasi.  Kadang anak-anak tidak mau menghabiskan nasi yang sudah disediakan.  Selain itu anak-anak malah ada yang enggan mengkonsumsi nasi dengan berbagai alasan.  Apalagi kondisi saat ini, aneka makanan siap saji yang tersedia dan rasanyapun lebih disukai anak-anak.

Nasi bagi sebagian warga Indonesia merupakan salah satu makanan pokok.  Kalau anak sudah susah untuk makan nasi tentunya akan membuat kita khawatir terhadap kesehatan anak.  Oleh karena itu agar anak semangat kembali makan nasi, kita sebagai orang tua harus mempelajari dengan baik pola makan yang dilakukan anak.  Bisa saja anak enggan makan nasi dikarenakan kita salah dalam mengasuh anak.

Ada beberapa hal yang menyebabkan anak susah makan.  Setidaknya ada 3 faktor utama penyebab anak susah makan.  Setelah kita mempelajari ketiga faktor tersebut, maka untuk langkah selanjutnya adalah melakukan beberapa tips di bawah ini agar anak kembali doyan makan nasi dengan lahap.

Beberapa tips dan cara agar anak doyan makan nasi
1. Membuat variasi makanan

Setiap orang pasti akan jenuh apabila disodorkan dengan itu-itu saja.  Begitu juga dengan anak-anak yang akan cepat bosan dengan hal yang monoton.  Mencoba berkreatif terhadap variasi makanan akan membuat anak-anak lebih tertarik untuk mengkonsumsinya.  Buat anak penasaran dengan variasi menu makanan yang kita buat.

2. Hindari makanan ringan untuk anak

Saat ini makanan ringan cenderung banyak mengandung MSG yang bisa merugikan kesehatan anak.  Karena rasanya yang enak, akan membuat anak-anak malas untuk mengkonsumsi nasi. Menghindari bukan berarti berhenti sama sekali, tapi cobalah beri batasan terhadapan makanan ringan tersebut.

3. Tidak berlebihan dalam memberikan susu

Pemberian susu kepada anak memang sangat baik untuk kesehatan anak.  Alangkah baiknya apabila pemberian susu ini diberikan secara tidak berlebihan.  Berlebihan dalam memberikan akan membuat anak enggan makan terutama makan nasi karena anak sudah merasa kenyang.  Buatlah jadwal sesuai petunjuk yang ada yang biasanya tersedia dalam kemasan susu.

4. Berkomunikasi dengan anak

Cara komunikasi yang baik agar anak mau makan nasi yaitu dengan memberikan cerita kepada anak.  Ambilah tema-tema tentang makanan yang penting untuk tubuh.  Tujuannya adalah agar anak paham dan mengerti akan pentingnya makanan untuk kesehatan tubuh terutama nasi.  Cerita tidak akan terkesan menggurui anak namun efek yang dihasilkan akan cenderung berhasil.

Apabila dengan cerita kurang berhasil maka kita bisa menggunakan media kartun.  Kita bisa mencarinya di YouTube dan sesuaikan dengan tema yaitu tentang makanan.

5. Dengan Hypnotherapy

Hypnotherapy bisa digunakan untuk menyembuhkan anak yang malas makan nasi.  Caranya yaitu dengan memberikan sugesti postif kepada anak.  Berikan bisikan lembut kepada anak ketika anak mau tertidur.  Contohnya adalah "Besok makan nasi yang banyak ya nak!"  Bisikan kata-kata tersebut hingga anak tertidur dan lakukan secara rutin.  Efek bisikan tersebut akan mampu masuk ke alam bawah sadar anak.

6. Memberikan jamu nafsu makan

Jamu juga terbukti ampuh untuk memunculkan nafsu makan anak.  Sebaiknya gunakan jamu-jamu alami agar hasilnya bisa maksimal dan tidak memberikan efek negatif.  Salah satu jamu yang dianjurkan adalah temulawak.

Anak yang enggan makan nasi janganlah dibiarkan begitu saja.  Akan tetapi anak perlu dibujuk agar anak mau makan nasi.  Banyak cara dan tips yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan nafsu makan anak.  Hindari penggunaan kekerasan kepada anak agar tidak menimbulkan efek trauma pada anak.  Semoga tips dan cara di atas bisa membantu mengembalikan nafsu makan anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengatasi Anak Sulit Makan Nasi"