Makanan yang Dilarang Untuk Anak-anak

6 Jenis makanan yang dilarang untuk anak
Makanan merupakan salah satu nutrisi penting yang sangat diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak.  Pemilihan makanan yang tepat untuk anak akan mampu memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan anak-anak terutama fisiknya.  Oleh karena itu para orang tua hendaknya memahami dengan baik makanan yang dikonsumsi anak-anaknya.

Era modern cenderung akan memicu manusia untuk memilih makanan yang serba instan ataupun makanan cepat saji.  Hal ini menjadi kewajaran dikarenakan sangat pentingnya waktu sehingga segalanya akan dicari yang serba cepat.  Apalagi bagi bunda yang masih beraktifitas di luar, entah itu bekerja di kantor ataupun ikut membantu suami mencari rejeki akan sangat rentan kurang peduli dengan makanan atau cemilan yang dikonsumsi buah hatinya.  Biasanya hal yang dilakukan adalah mempercayakan kepada pengasuh atau baby sitter, sedangkan kadang kapasitas pengetahuan pengasuh tidak seteliti kita sebagai orang tua anak.  Ada baiknya apabila kita memberikan pesan kepada pengasuh agar memberikan batasan terhadap makanan cemilan untuk anak.

Ada banyak makanan tidak sehat yang beredar di sekitar kita.  Baik itu makanan yang bersifat jajanan biasa ataupun makanan yang tergolong terbungkus rapi dalam kemasan dan banyak dijual di supermarket-supermarket ternama.  Kadang kita banyak tertipu dengan iklan-iklan yang sering dipajang ataupun kita lihat dan kita dengar.  Akibatnya kita akan menganggap bahwa makanan tersebut sangat baik untuk anak kita padahal sesungguhnya bisa merugikan kesehatan.

Dalam situsnya Lifemojo menyebutkan bahwa ada beberapa makanan yang hendaknya dihindari untuk diberikan kepada anak kita.  Apa saja makanan yang harus dihindari untuk anak-anak?  Berikut adalah 6 jenis makanan tersebut

1. Makanan Chicken Nuggets

Siapa yang tak kenal dengan chicken nuggets?  Makanan ini merupakan makanan favorit anak-anak, bahkan kitapun sangat menyukai chicken nugget.  Tidak sulit untuk menemukan makanan jenis ini dan cara penyajiannyapun tergolong mudah.

Padahal sesungguhnya chicken nugget banyak mengandung garam, pemanis buatan dan bahan pengawet.  Karena penyajiannya yang tergolong mudah yaitu dengan digoreng menjadikan makanan ini kaya akan lemak trans.  Lemak trans sendiri sangat merugikan kesehatan karena bisa mengikis kolesterol baik.  Belum lagi penyajiannya yang kadang diiringi dengan saos tomat atau saus botolan.  Tentunya hal ini akan memperburuk keadaan, namun kita tidak menyadarinya.

Chicken nuggets hanya memiliki sedikit nutrisi yang bisa diambil oleh tubuh.  Sebagai penggantinya kita bisa menyiapkan dengan ayam bakar buatan sendiri.  Hal ini akan lebih menyehatkan.

2. Makanan sereal manis

Banyak iklan-iklan yang menganjurkan agar mengkonsumsi sereal terutama ketika pagi hari.  Selain itu makan sereal juga memberikan image modern, padahal sesungguhnya sereal manis banyak mengandung bahan pengawet, minyak terhidrogenasi dan bahan pewarna buatan.

Sebagai penggantinya sebaiknya mencari sereal dengan gandum utuh.  Kita bisa menvariasikan sereal gandum utuh agar menjadi makanan yang lezat untuk dikonsumsi anak-anak kita.

3. Makanan kentang goreng

Karena sifatnya yang digoreng menjadikan kaya akan lemak trans, kalori dan natrium yang tinggi.  Sebaiknya anak-anak tidak dianjurkan untuk terlalu sering mengkonsumsi makanan jenis ini karena kandungan lemak transnya yang tinggi.  Siasatilah dengan kentang panggang dan jangan digoreng.

4. Makanan keripik kentang

Keripik kentang akan sangat mudah kita temui.  Ia merupakan cemilan yang sangat digemari anak-anak.  Keripik kentang ini banyak mengandung lemak trans, natrium tinggi dan isu yang beredar keripik kentang banyak mengandung akrilamida, senyawa karsinogenik.  Kedua bahan ini rentan memicu munculnya penyakit kanker.

5. Makanan donat

Sebenarnya donat adalah makanan yang rendah akan gizi.  Kandungan yang ada dalam donat antara lain gula halus, tepung, penambah rasa dan minyak yang sudah terhidrogenisasi.  Selain itu juga mengandung lemak trans yang akan memicu munculnya penyakit jantung, diabetes melitus, stroke dan penyakit kanker.

6. Soda

Soda adalah salah satu minuman yang sangat tidak dianjurkan untuk anak-anak.  Minuman bersoda hanya akan merugikan kesehatan untuk anak, salah satunya yaitu bisa merusak gigi anak.  Hindari pemberian minuman bersoda untuk anak-anak.

Enam jenis makanan di atas sebaiknya dihindari dan jangan dijadikan makanan sehari-hari.  Mengurangi lebih baik untuk mencegah timbulnya penyakit-penyakit baru.  Untuk tahap sekarang memang belum kelihatan dampaknya, namun 10 atau 15 tahun mendatang akan baru muncul dan akan sangat mengganggu kesehatan.  Optimalkan pertumbuhan anak-anak kita dengan memberikan makanan yang alami. Awali kebiasaan yang baik dimulai dari diri orang tua dan modern tidak harus mengorbankan masa depan anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan yang Dilarang Untuk Anak-anak"