Pengertian PAUD Secara Sederhana

Pengertian PAUD dengan mudah
Pengertian PAUD secara mudahnya yaitu pendidikan anak usia dini. Pendidikan anak usia dini yaitu suatu pendidikan yang ditujukan untuk anak usia 0 hingga 6 tahun.  Pengelompokkan jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) akan terbagi dalam Kelompok Bermain (KB) atau play group, Tempat penitipan anak (TPA) dan Taman Kanak-kanak (TK) atau Raudhatul Anfal (RA).  Jadi PAUD merupakan payung dari KB/Play group, TK/RA dan TPA.

Sedangkan pengertian Pendidikan menurut UU Sisdiknas No 20 Tahun 2003 yaitu usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.

Ada beberapa tujuan anak sekolah PAUD yang perlu diketahui yaitu

1. Memberikan pengasuhan dan bimbingan agar anak usia dini tumbuh dan berkembang secara maksimal sesuai dengan bakat dan potensi yang dimiliki anak.

2. Memberikan identifikasi terhadap kemungkinan penyimpangan yang terjadi pada anak sehingga ketika timbul penyimpangan tersebut akan dengan cepat ditangani secara optimal.

3. Memberikan pengalaman baru yang beraneka ragam kepada anak sehingga akan memicu anak untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya secara maksimal agar anak memiliki kesiapan ketika memasuki jenjang pendidikan selanjutnya yaitu SD (Sekolah Dasar)

4. Menyiapkan landasan bagi berkembangnya potensi dan bakat anak agar menjadi pribadi yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa  berakhlak mulia,sehat, berilmu, cakap,kritis, kreatif, inovatif, mandiri, percaya diri, shaleh dan shaleha serta menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab.

5. Sebagai tempat untuk memaksimalkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial anak usia dini pada masa Golden Age (Usia Emas) dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan serta ceria.

Adapun tujuan penyelenggaraan pendidikan di Kelompok Bermain adalah memberikan pelayanan pendidikan prasekolah agar anak dapat:

1. Mengembangkan kehidupan beragama
2. Mengembangkan kemandirian
3. Mengembangkan kemampuan berbahasa
4. Mengembangkan daya pikir
5. Mengembangkan daya cipta
6. Mengembangkan perasaan/emosi
7. Mengembangkan kemampuan bermasyarakat
8. Mengembangkan keterampilan (motorik halus)
9. Mengembangkan jasmani (motorik kasar)
10.Meningkatkan proses tumbuh kembang anak secara wajar.

Ada beberapa prinsip PAUD yang juga harus dilaksanakan yaitu

1. Berorientasi pada perkembangan anak
2. Berorientasi pada kebutuhan anak
3. Metode bermain sambil belajar
4. Berpusat pada anak
5. Lingkungan yang kondusif
6. Menggunakan pembelajaran terpadu
7. Mengembangkan berbagai kecakapan hidup
8. Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar
9. Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang
10.Aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan
11.Pemanfaatan teknologi informasi

Perlukah anak disekolahkan PAUD?

Masa emas anak terjadi antara usia 0 hingga 6 tahun.  selama masa usia tersebut perlu diberikan stimulasi yang benar sehingga anak akan bisa berkembang secara optimal.  Selain itu yang perlu diketahui yaitu bahwa kemampuan otak anak akan berkembang sangat pesat ketika anak berusia 0-4 tahun sebesar 80 persen.  Saat anak berusia 4-8 tahun otak hanya berkembang sekitar 10 persen dan 10 persen selanjutnya  ketika anak berusia 8 hingga 17 tahun.  Jadi ketika pemberian stimulasi ini diberikan ketika anak sudah berusia 6 tahun ke atas maka yang terjadi adalah anak tidak akan mampu menyerap secara maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian PAUD Secara Sederhana"