Menyikapi Kenaikan BBM Secara Bijak

Menghadapi Kenaikan BBM
Harga BBM (Bahan Bakar Minyak) telah diputuskan naik oleh pemerintah.  Kenaikan ini sangat bertepatan dengan momen menjelang puasa dan hari raya Idul Fitri.  Hal ini tentu saja akan membuat kita untuk mengatur keuangan secara tepat.  Pasalnya harga premium yang naik akan mempengaruhi harga barang-barang termasuk kebutuhan sembako.

Bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi terutama mobil dan motor, kenaikan BBM ini akan sangat mempengaruhi keuangan keluarga.  Agar hal ini tidak membuat urusan keluarga menjadi repot terutama istri sebagai pengelola keuangan, maka kita harus bijak dalam menggunakan kendaraan bermotor.  Tujuannya adalah untuk menghemat agar pemakaian bensin premium tidak menguras kantong.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana dalam rangka untuk menghemat pemakaian BBM

1. Merencanakan berpergian dengan matang terutama jalur yang akan ditempuh.  Pilihlah jalur yang lebih paling dekat dan tidak banyak terjadi antrian macet.

2. Bila hendak berpergian menggunakan mobil atau motor maka kita bisa mencari waktu yang tepat agar tidak berbarengan dengan waktu jam kantor.  Hal ini untuk meminimalisir terjebak di kemacetan sehingga bisa menghemat BBM.

3. Panaskan kendaraan bermotor secara proporsional.  Cukup panaskan mobil atau motor seperlunya.

4. Aturlah laju kendaraan kita secara stabil agar bisa menghemat BBM.  Hindari mengendarai motor/mobil secara ugal-ugalan.

5. Gunakan AC mobil seperlunya saja agar kerja mesin tidak banyak menghabiskan premium.

6. Lakukan perawatan mobil/motor secara rutin agar kinerja mesin tetap irit.  Hindari menggunakan onderdil imitasi agar kerja mesin tetap ok.

7. Sepeda atau jalan kaki bisa menjadi pilihan apabila tempat yang kita tuju tidak terlalu jauh.

8. Ganti kendaraan yang boros BBM.  Biasanya kendaraan dengan tipe 2 Tak cenderung lebih banyak mengkonsumsi BBM

Kenaikan BBM harus bisa kita sikapi secara tepat agar keuangan keluarga tidak membengkak.  Usahakan untuk mencari tambahan keuangan dengan melakukan bisnis sampingan di luar bisnis utama.  Menghemat saja tidak cukup, akan tetapi yang perlu dipikirkan adalah bagaimana menambah pendapatan keluarga agar semua kebutuhan tetap tercukupi.  Semoga di Pemerintahan yang baru nanti, Pemerintah lebih peduli kepada rakyat.  Oleh karena itu pilihlah wakil rakyat yang terbukti memperjuangkan kepentingan orang kecil.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyikapi Kenaikan BBM Secara Bijak"