Mengatasi Sulit Tidur Saat Ibu Hamil

Mengatasi sulit tidur saat hamil
Sulit tidur selama kehamilan akan biasa dialami oleh para ibu hamil.  Banyak hal yang menyebabkan susah tidur ini bisa terjadi.  Tapi para bunda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara untuk membantu agar bunda bisa tidur nyaman selama hamil.  Mengingat bunda hamil perlu cukup tidur melebihi dari tidurnya orang normal.  Ibu hamil bisa memerlukan waktu tidur berkisar hingga 10 jam tergantung dari kondisi ibu hamil.

Gangguan tidur selama hamil ini bisa disebabkan karena perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil.  Salah satunya adalah meningkatnya hormon progesteron yang akan membuat bunda hamil merasa tidak nyaman.  Pada awal trimester pertama bunda hamil akan merasa ngantuk pada siang hari.  Selain itu bunda hamil juga akan sering ke kamar kecil pada waktu malam hari sehingga akan bisa mengurangi jam tidur bunda.

Beberapa bunda hamil yang berpotensi mengalami sulit tidur yaitu bunda yang mengalami obesitas selama kehamilan.  Karena memang bunda hamil biasanya akan mengalami perubahan fisik tubuh yang menjadi lebih gemuk.  Bagi bunda yang mengalami obesitas sebaiknya berhati-hati karena berpotensi juga terjadinya sleep apnea.  Wanita hamil yang mengalami sleep apnea berpeluang akan mengalami preeklamsia, diabetes, melahirkan prematur ataupun berat bayi menjadi rendah.  Sleep apnea yaitu gangguan henti nafas berulang saat bunda tidur.

Oleh karena itu para bunda hamil hendaknya berhati-hati dalam beraktivitas agar tidak mengalami gangguan dan sulit tidur dan rutinkanlah senam hamil.   Berikut ini beberapa cara dan tips sederhana untuk mengatasi sulit tidur selama masa kehamilan

1. Untuk membantu merilekskan kondisi badan maka bunda bisa berendam di dalam air hangat.

2. Minum susu sebelum tidur bisa dilakukan agar membantu tidur nyenyak.  Yang paling baik saat minum susu yaitu ketika susu masih hangat.  Khasiat dari susu ini sangat membantu sebagai penghantar tidur.  Kandungan serotonin, trytopan dan melatonin akan mampu meningkatkan kualitas tidur bunda.

3. Posisi tidur dengan menyangga lutut kaki dengan bantal.  Posisi ini akan membuat bunda lebih nyaman sehingga akan memudahkan bunda untuk tidur lebih cepat.  Selain itu posisi ini akan bisa meringankan kaki bengkak yang biasa dialami ibu hamil.

4. Kondisikan agar pikiran bunda tetap tenang dan rileks.  Pikirkanlah tentang hal-hal positif dan menyemangati dan hindari negatif thinking.

5. Bunda bisa meminta suami untuk memijit pundak, kaki dan punggung agar bunda bisa lebih rileks dan nyaman.

6. Bunda bisa makan sedikit/mengemil untuk membantu bunda agar tidak bangun malam dikarenakan kelaparan.  Bisa makan biskuit atau roti tapi jangan terlalu banyak dan hindari minum minuman yang berkafein ataupun minuman yang bersoda sebelum tidur.

7. Jangan lupa untuk berdoa dan berwudhu sebelum tidur agar terhindar dari gangguan setan ataupun makhluk halus lainnya mengingat kondisi bunda yang sedang hamil.

Gangguan tidur selama masa kehamilan adalah hal yang wajar.  Sebaiknya bunda menghindari obat-obatan penghantar tidur.  Tidurlah lebih awal agar bunda bisa bangun pagi lebih cepat sehingga bunda akan bisa shalat malam.  Posisi shalat malam sangat bagus untuk menjaga kesehatan bunda dan kesehatan bayi.  Dekatkanlah kepada Tuhan agar diberi kemudahan selama menjalani masa kehamilan dan masa persalinan.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Mengatasi Sulit Tidur Saat Ibu Hamil"

icha cute said...

wah mantap, sangat membantu kebetulan nih hamil 3 bulan masih baru di bookmark dulu tips nya thanks

dari kesehatan,resep obat herbal