Cara Praktis Meringankan Batuk Pilek Anak

batuk pilek anak
Batuk pilek adalah hal yang biasa menimpa anak kita.  Meskipun terlihak penyakit sederhana, batuk pilek juga perlu diobati.  Cara mengobati batuk pilek anak sebaiknya hindari dulu penggunaan dengan menggunakan obat kimia atau obat warung.  Obat kimia digunakan apabila langkah-angkah ataupun tata cara meringankan batuk pilek pada anak sudah maksimal akan tetapi batuk pilek tidak juga kunjung sembuh.

Para bunda tidak perlu cemas berlebihan apabila melihat anaknya terkena influenza ataupun batuk.  Tidak perlu buru-buru membawa anak ke dokter.  Alangkah baiknya apabila kita obati terlebih dahulu dengan cara alami dan cara sederhana namun memiliki khasiat yang kuat untuk menyembuhkan batuk pilek anak.  Banyak kiat dan tips praktis yang bisa kita praktekkan dalam rangka meringankan batuk pilek anak.

Tapi kebanyakkan para orang tua ketika melihat anaknya sakit cenderung langsung membawanya ke rumah sakit ataupun ke dokter untuk diberi pengobatan.  Dengan alasan tidak tega melihat si kecil sakit pilek karena terlihat sangat mengganggu aktivitas anak.  Hal ini biasa terjadi dikarenakan orang tua sayang kepada anak.  Alangkah baiknya apabila kita mengurangi pemberian obat kimia kepada anak agar tidak mengganggu perkembangannya.  Kasihan anak masih kecil kalau terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan kimia.

Langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk meringankan batuk dan pilek anak antara lain

1. Kondisikan agar anak selalu merasa nyaman

Suasana yang nyaman akan membantu untuk proses penyembuhan batuk pilek anak.  Atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin dan pastikan aliran udara dapat mengalir lancar terutama udara dari luar yang masih segar.  Ruangan yang pengap dan kotor akan membuat anak bertambah stress sehingga akan memperlama batuk pilek pada anak.

Faktor kenyamanan yang sangat perlu untuk diperhatikan adalah hadirnya orang tua di samping anak.  Dengan keberadaan orang tua akan membuat si kecil merasa nyaman dan rileks.  Tentunya hal ini akan membuat si dede kuat sehingga batuk pilek pun akan cepat berlalu.

2. Beri makanan dan nutrisi yang cukup

Selama anak masih doyan makan atau anak masih mau minum asi maka kita tidak perlu cepat-cepat membawanya ke dokter.  ASI merupakan obat yang ampuh untuk mengobati penyakit batuk pilek.  Maksimalkan pemberian asi ini agar daya tahan anak tetap terjaga.  Selain itu apabila anak sudah mau makan makanan padat maka kita bisa memberikan makanan yang bergizi agar anak tetap kuat.  Jangan lupa untuk memberikan air putih yang banyak agar memperlancar gejala batuk dan pilek anak.  Selain itu dengan meminum asi akan mampu untuk mempercepat pengeluaran dahak.  Biasanya ketika batuk anak akan diselingi muntah diiringi dengan keluarnya dahak.

3. Ajak anak untuk berjemur

Sinar mentari pagi memiliki khasiat luar biasa untuk meringankan batuk pilek anak ataupun influenza.  Jemur anak pada kisaran sebelum pukul jam 7 an atau maksimal jam setengah delapan pagi.  Sinar mentari pagi sangat ampuh untuk mengencerkan dahak anak.

4. Tengkurapkan anak

Kapan kita menengkurapkan anak?  Hal ini bisa dilakukan apabila anak-anak batuk sedang menghampiri.  Posisi tengkurap ini akan meringankan batuk pilek anak dan akan mendorong dahak cepat keluar.  Selain itu dengan posisi tengkurap pada waktu anak batuk akan memperkecil peluang anak tersedak karena bisa saja batuk anak diiringi muntahan.

5. Beri garam fisiologi

Beberapa anak akan mengalami hidung mampet ketika influenza sedang menyerang.  Untuk membantu meringankan hidung mampet ini maka kita bisa meneteskan garam fisiologi maksimal 3 kali tetes ke hidung anak.  Garam fisiologi bisa sedikit melonggarkan hdung mampet anak.

Batuk pilek adalah penyakit yang biasa menimpa siapa saja termasuk anak-anak.  Gunakanlah pengobatan tradisional atau herbal untuk meminimalisir kontaminasi kimia ke dalam tubuh anak.  Semoga cara dan tips sederhana ini bisa menyembuhkan penyakit batu pilek anak.  Segera bawa anak ke pelayanan kesehatan terdekat apabila langkah-langkah di atas tidak memberikan dampak positif untuk kesembuhan batuk pilek anak.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cara Praktis Meringankan Batuk Pilek Anak"

Irham Maulana said...

Untuk restoran yang menyajikan menu makanan cepat saji, sebaiknya Anda menggunakan Kemasan Makanan untuk mempraktisi penyajian menu makanan Anda.