Tips Menjalani dan Mendidik Bayi Ketika Hamil

Tips dan Kiat selama masa kehamilan
Mendidik anak sejak usia 0 hingga 5 tahun sangat penting untuk dilakukan.  Akan tetapi memberikan pendidikan yang baik untuk janin atau bayi yang masih ada dalam kandungan juga harus dilakukan.  Karena bayi yang masih ada di dalam perut ibu juga akan bisa merasakan apa yang dirasakan oleh bunda.  Oleh karena itu para ayah dan ibu harus bekerja dengan baik manakala sang bunda sudah memasuki usia kehamilan.

Pendidikan pada usia pre-natal bisa dilakukan sejak awal usia kandungan.  Hal yang mesti diperhatikan adalah tingkah laku ibu selama masa kehamilan.  Terutama ketika bunda sedang dalam kondisi sedang tidak mood.  Perasaan yang tidak menentu tidak boleh dibiarkan begitu saja karena akan bisa berefek negatif terhadap perkembangan dan tumbuh kembang bayi.

Selama masa mengandung 9 bulan, memerlukan perjuangan yang keras agar suasana hati tetap semangat dan kondisi fisik tetap sehat dan prima.  Perhatian dan kasih sayang yang baik dari ayah akan sangat membantu untuk menjaga kestabilan emosi bunda yang sedang hamil.  Maka dari itu para ayah hendaknya peka dan mengerti akan kebutuhan dan keperluan bunda.  Tapi bukan berarti para bunda terus bersikap manja dan malas-malasan.  Karena sikap malas dan manja merupakan salah satu sikap negatif yang akan bisa menular terhadap perkembangan dan tumbuh kembang bayi.

Kestabilan emosi bunda harus tetap terjaga ketika bunda sudah memasuki masa persalinan, masa nifas, dan masa ketika sudah menyusui si bayi.  Kognitif dan emosi anak akan bisa dipengaruhi oleh sikap bunda selama menjalani masa-masa tersebut.  Baik atau tidaknya perkembangan kognitif dan perkembangan emosi anak akan bisa dipengaruhi dari kondisi kejiwaan sang bunda ketika melewati fase-fase tersebut.

Para bunda yang sedang hamil akan memiliki ikatan batin yang kuat dengan bayi yang dikandungnya.  Hubungan batin yang begitu kuatnya tersebut akan mampu untuk menularkan apa yang dirasakan bunda pada saat hamil dan bayi akan merekam kondisi tersebut.  Ketika hormon adrenalin ibu meningkat maka adrenalin si bayi juga akan mengalami peningkatan pula.  Begitu pula ketika bunda merasakan gelisah maka si dede pun juga akan merasakan rasa gelisah.  Kalau hal ini dibiarkan maka akan berefek buruk terhadap perkembangan emosional bayi.  Alangkah baiknya apabila para bunda bisa selalu bersikap positif thinking dan bergembira.

Hal yang bisa dilakukan bunda selama masa kehamilan yaitu dengan selalu berinteraksi dan mengajak bayi berbicara.  Berikanlah afirmasi-afirmasi dan motivasi-motivasi positif agar bayi yang ada di dalam kandungan juga akan memiliki semangat positif pula.

Selain itu ada beberapa hal yang bisa bunda lakukan selama masa kehamilan agar bayi tetap dalam kondisi prima dan bisa tumbuh menjadi manusia yang selalu bernilai positif.

1. Membacakan Alquran

Alquran merupakan kitab yang mulia.  Dengan memperbanyak tilawah akan mampu untuk menjaga kestabilan emosi baik itu kestabilan emosi bunda yang akan bisa menular kepada sang bayi.  Dengan membacakan Alquran maka akan bisa mengoptimalkan perkembangan pendengaran bayi sehingga akan bisa merangsang kecerdasan bayi.

2. Menjaga perilaku

Sebaiknya bunda bisa menjaga tingkah laku dengan baik.  Selama masa kehamilan sebaiknya bunda bisa menjaga keharmonisan keluarga dengan baik terutama kepada ayah.  Maka dari itu tidak diperkenankan untuk saling bermusuhan selama menjalani masa kehamilan ini.

3. Memberikan nutrisi yang baik

Agar bayi bisa berkembang dengan baik maka para bunda juga harus banyak mengkonsumsi makanan sehat sehingga akan menjaga kondisi fisik ibu dan kondisi fisik bayi.  Para bunda harus memahami dengan baik beberapa pantangan makanan untuk ibu yang sedang hamil.

4. Berkomunikasi dengan bayi

Bangun ikatan batin yang kuat dengan cara berbicara kepada bayi.  Karena terkadang apa yang diucapkan bunda akan bisa direspon si bayi dengan cara bayi bergerak di dalam kandungan.  Tingkatkan intensitas komunikasi manakala kondisi bayi lagi tidak baik.

5. Berinfak dan berdoa

Doa merupakan sarana penting dan merupakan sarana komunikasi antara insan manusia dengan Tuhannya yaitu Allah Ta'ala.  Sebagai manusia yang lemah tentunya akan sangat bergantung terhadap adanya pertolongan Allah.  Oleh karena itu agar senantiasa diberi kelancaran selama masa kehamilan dan melahirkan maka dianjurkan untuk banyak berinfak dan berdoa.

Itulah beberapa tips dan kiat sederhana untuk para bunda yang sedang menjalani masa kehamilan.  Hal tersebut penting untuk diketahui karena pola hidup dan pola asuh selama masa kehamilan akan bisa direkam anak dengan baik.  Masa kehamilan merupakan masa pembentukan bayi oleh karena itu perhatikan dengan baik segala tingkah laku kita agar tetap dalam kondisi positif sehingga akan bisa membantu tumbuh kembang bayi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Menjalani dan Mendidik Bayi Ketika Hamil "