Khasiat Madu Sebagai Obat Batuk Anak

Obat Batuk Alami
Madu dan kencur merupakan obat tradisional yang bisa mengobati penyakit batuk.  Baik itu batuk yang dialami oleh orang dewasa ataupun anak-anak.  Batuk merupakan penyakit yang bisa mengganggu dan mengurangi rasa nyaman terutama ketika sedang beranjak tidur.  Gejala batuk yang kadang muncul akan membuat tidur terasa terganggu dan aktivitas harian menjadi sedikit terhambat.

Sebenarnya batuk adalah salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan benda-benda asing yang berada dalam saluran pernapasan.  Karena bisa jadi batuk disebabkan oleh lingkungan yang berdebu akan menyebabkan saluran pernapasan sedikit terganggu. Sehingga tubuh akan melakukan reaksi dengan batuk agar benda asing yang asing bisa keluar.  Walaupun begitu kita harus tetap waspada dengan batuk yang tidak kunjung sembuh.

Meskipun batuk bisa memberikan manfaat positif untuk tubuh, tentunya batuk juga perlu diobati. Langkah pertama yang bisa kita pakai dalam rangka untuk mengobati penyakit batuk adalah dengan memberikan obat-obatan alami.  Obat-obatan alami akan memiliki dampak negatif lebih sedikit bila dibandingkan dengan menggunakan obat kimia.  Apalagi bila pengobatannya diberikan untuk tingkat anak-anak.

Salah satu obat alami untuk menyembuhkan penyakit batuk adalah dengan menggunakan madu, jeruk nipis atau kencur dan kecap.  Tentunya obat-obat herbal tersebut akan sangat mudah untuk kita jumpai.  Harga madu, jeruk nipis dan kencur cenderung tidak mahal dan hemat di kantong.  Dengan herbal yang alami tersebut terbukti ampuh untuk meredakan penyakit batuk baik itu untuk kalangan anak-anak ataupun orang dewasa.

Cara dan kiat menggunakan herba kencur dan madu sebagai obat alami untuk menuntaskan penyakit batuk


1. Madu

Siapa yang tak kenal dengan madu.  Madu sangat mudah untuk kita temui.  Harganya pun relatif tidak terlalu mahal.

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan. Dari perut lebah itu keluar minuman yang bermacam-macam warnanya. Di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda bagi orang-orang yang memikirkan.” (QS. An-Nahl: 69)

Untuk membantu meredakan batuk maka kita bisa membuat obat sederhana dengan menggunakan madu yang dicampur dengan perasan jeruk nipis.  Campur perasan jeruk nipis dengan madu dan berikan kepada penderita batuk.  Untuk ukuran anak-anak sebaiknya berikan setengah sendok makan dan bisa diberikan sehari dua kali.

Selain itu manfaatkanlah khasiat madu untuk menjaga stamina baik itu untuk anak-anak maupun orang dewasa.  Bisa diminumkan pada pagi hari dan sore hari atau sebelum anak tidur.

2. Jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan untuk meredakan penyakit batuk.  Caranya adalah dengan mencampurkan perasaan jeruk nipis tersebut dicampur dengan kecap manis.  Untuk batuk yang dialami anak-anak maka kita bisa meberikan resep ini setengah sendok makan saja dan bisa diberikan 2 kali dalam sehari.

3. Kencur

Siapa yang belum pernah lihat herba kencur?  Pasti semua orang pernah melihat kencur, karena kencur banyak tersedia di dapur.  Kita bisa menggunakan dan memanfaatkan herba kencur agar batuk yang menyerang bisa disembuhkan ataupun minimal bisa menurunkan kadar intensitas batuk.

Caranya yaitu kencur diparut kemudian diambil sarinya dengan memerasnya.  Tambahkan air matang dan dicampur dengan sedikit madu alami.  Segera berikan ramuan tersebut agar batuk anak bisa reda.  Untuk takaran anak kecil bisa diberikan 2 kali dalam sehari.

Lakukan cara dan tips sederhana di atas secara rutin agar daya kerja obat herba tersebut bisa maksimal sehingga akan bisa meredakan penyakit batuk ringan.  Apabila dalam beberapa hari penyakit batuk tidak kunjung sembuh maka kita bisa mengkonsultasikan ke pelayanan kesehatan terdekat.  Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat Madu Sebagai Obat Batuk Anak"