10 Kecerdasan Penting Manusia dan Anak

Mendidik anak agar menjadi anak yang cerdas bukanlah pekerjaan yang mudah.  Dibutuhkan keuletan dan kesabaran agar anak memiliki kemampuan yang berbeda dengan anak lain.  Kecerdasan anak dapat dirangsang sejak anak usia dini dengan memberikan pelatihan-pelatihan sesuai dengan kemampuannya.  Selain itu pemberian nutrisi dan gizi yang cukup akan mampu untuk meningkatkan kemampuan dan kecerdasan anak.

Kecerdasan menurut Dr. Howard Gardner adalah kemampuan seseorang untuk menyelesaikan masalah atau kemampuan seseorang membuat suatu produk yang memiliki nilai dalam satu latar belakang budaya atau lebih.  Secara umum istilah kecerdasan dapat diartikan menjelaskan sifat pikiran yang meliputi sejumlah kemampuan.  Kemampuan tersebut antara lain kemampuan untuk menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, kemampuan memahami gagasan, menggunakan bahasa dan kemampuan untuk belajar.

Menurut Dr. Howard Gardner mendefinisikan kecerdasan menjadi 8 macam kecerdasan.  Namun saat ini kecerdasan terbagi menjadi 10 bagian.  Pembagian kecerdasan yaitu

1. Kecerdasan Spasial

Kecerdasan dalam melihat dan mengamati dunia yang bersifat visual dan spasial secara teliti serta mampu menvisualisasikan gambar di dalam pikiran atau menuangkannya dalam bentuk gambar 2 dimensi maupun bentuk 3 dimensi.

2. Kecerdasan Kinestetik

Kecerdasan kinestetik yaitu kemampuan dalam mengolah tubuh secara terampil dan lincah untuk mengekspresikan pemikiran dan perasaan.  Kemampuan ini meliputi kemampuan koordinasi, keseimbangan, daya tahan, kekuatan, kelenturan dan kecepatan dalam olah tubuh.

3. Kecerdasan Musical

Kecerdasan musikal yaitu kemampuan untuk menikmati, mengamati, membedakan, mengarang, membentuk dan mengekspresikan jenis-jenis musik.  Kecerdasan musikal meliputi kepekaan terhadap suara melodi beserta peralatannya dari musik yang didengarnya.

4. Kecerdasan Linguistik

Kecerdaan linguistik adalah kecerdasan dan kemampuan dalam mengolah kata-kata secara efektif dan mampu menyampaikannya dengan baik.  Kecerdasan linguistik akan mampu untuk mempengaruhi, mengajak dan memberikan semangat kepada orang lain menjadi berapi-api.

5. Kecerdasan Logika

Kecerdasan logika adalah kemampuan dalam mengolah angka dan terampil dalam menggunakan logika dan akal sehat yang bersifat ilmiah.

6. Kecerdasan Interpersonal

Kecerdasan interpersonal yaitu kemampuan untuk mengamati dan mengerti kemauan, motivasi dan perasaan orang lain.  Kemampuan ini adalah kemampuan untuk membaca pada ekspresi wajah, suara dan ekspresi gerakan seseorang.  Seseorang yang memiliki kecerdasan interpersonal akan memiliki keahlian dalam bergaul dengan orang lain.

7. Kecerdasan Intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal adalah kemampuan seseorang untuk memahami kekuatan dan kelemahan di dalam diri.  Kecerdasan intrapersonal akan mampu untuk memotivasi dirinya sendiri dan orang yang bertipe ini akan sangat menghargai moral, aturan dan etika.

8. Kecerdasan Naturalis

Kecerdasan naturalis yaitu kemampuan untuk mengenali, membedakan, mengungkapkan dan membuat rincian terhadap apa yang dilihatnya dan ditemuinya baik di alam maupun lingkungan.  Kemampuan ini meliputi kemampuan untuk mengenali tanaman, hewan dan bagian lain dari kehidupan alam semesta.

9. Kecerdasan Intuisi

Kecerdasan intuisi adalah kemampuan untuk merasakan dan mengetahui suatu hal tanpa alasan tertentu.  Intuisi akan dapat tercipta setelah melalui berbagai macam pola pengalaman di masa lalu.

10. Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual yaitu kemampuan untuk menyadari, menentukan, dan menempatkan makna, nilai, moral serta cinta terhadap Tuhan Yang Maha Esa.  Kecerdasan ini merupakan kecerdasan yang paling utama dan merupakan pusat dan awal dari kecerdasan lainnya.

Dengan mengetahui 10 macam kecerdasan ini maka kita akan bisa memberikan kategori kecerdasan kepada anak kita.  Setelah mengetahui kecerdasan yang dimiliki anak maka dengan mudah kita akan bisa mengarahkannya.  Berikan kepada anak ilmu yang lebih spesifik lagi agar kemampuan anak terasah sesuai dengan jenis kecerdasan yang dimilikinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Kecerdasan Penting Manusia dan Anak"