Manfaat Mengajak Anak Mengenal Dunia Luar

manfaat anak sering ke tempat baru

Banyak sisi positif dan manfaat yang didapatkan ketika sering mengajak balita keluar rumah.  Anak-anak harus dibiasakan untuk bisa beradaptasi atau menyesuaikan dengan lingkungan baru yang ada di sekitarnya.  Ia harus diajarkan bersosialisasi dengan teman-temannya ataupun dengan orang -orang baru.  Dengan mengajak anak berkeliling di lingkungan luar akan membantu anak untuk tidak menjadi orang rumahan.

Anak yang hanya di rumah saja akan minim bertemu dengan orang-orang baru.  Karena di dalam rumah tentu saja yang dilihat hanya orang tua, kakak, adik ataupun baby sitter. Dengan situasi dan kondisi seperti ini maka anak balita tidak akan bisa cepat belajar dengan suasana baru apabila ia berada di tempat yang baru.  Oleh karena itu anak-anak harus sering diajak keluar agar bisa mengenal dunia di luar.

Berikut adalah beberapa manfaat yang didapatkan apabila sering mengajak anak balita keluar rumah

1. Anak akan lebih mudah untuk menyesuaikan diri

Dengan sering melihat dunia baru maka anak lebih dominan untuk tidak sekedar hanya menjadi pengamat saja.  Anak akan lebih cepat bergaul dan bergabung dengan teman-temannya ataupun bersosialisasi dengan teman barunya.  Adaptasi yang cepat tentu tidak akan didapatkan jika anak lebih sering berdiam diri di rumah.

2. Anak akan lebih cepat bersosialisasi

Dengan sering anak menjelajahi dunia luar maka anak akan lebih cepat untuk menerima kehadiran orang baru.  Anak akan lebih berani dan tidak akan merasa malu atau sungkan dengan orang-orang baru yang dilihatnya.  Keberanian anak akan lebih terasah dan sikap takut tidak akan dominan muncul bila melihat situasi ataupun orang baru.

3. Anak tidak mudah cengeng di tempat baru

Beberapa anak yang cenderung rumahan akan lebih rentan rewel dan cengeng ketika berada di lingkungan yang baru.  Anak akan lebih merasa takut terhadap keadaan di sekelilingnya.  Hal ini bisa terjadi dikarenakan anak tidak terbiasa dengan suasana tersebut dan anak akan lebih memilih untuk pergi ataupun minta kembali ke rumahnya.  Oleh karena itu agar anak tidak mudah rewel, seringlah mengajak anak keluar rumah dan cari pengalaman baru.

4. Anak akan belajar tata krama (Attitude)

Dengan adanya orang-orang baru yang ada disekitarnya maka anak akan lebih mudah untuk belajar tata krama ataupun sopan santun.  Oleh karena itu ada baiknya ketika berada di lingkungan baru agar mengajarkan anak akan tata krama.  Beritahu tentang segala sesuatu yang boleh dan harus dilakukan ketika bertemu orang baru serta kebiasaan-kebiasan yang sopan ketika berada di tempat umum.  Selain itu ajarkan juga tentang segala sesuatu yang tidak boleh dilakukan ketika berada di tempat baru.

5. Lebih percaya diri dan berani

Dengan cepatnya anak mampu bersosialisasi dengan orang lain maka anak sudah terlihat percaya dirinya dan rasa keberaniannya untuk berinteraksi dengan orang baru ataupun teman baru anak.  Anak yang rumahan cenderung akan pemalu dan lebih memilih untuk menjadi anak tipe pengamat.

Membiasakan anak balita untuk keluar rumah akan sangat membantu anak dalam memaksimalkan kemampuan bersosialisasi dan beradaptasi.  Banyak tempat yang bisa kita kunjungi untuk mengenalkan anak akan dunia luar.  Liburan panjang adalah waktu yang tepat untuk mengajak anak keluar rumah.  Jadi manfaatkan kesempatan tersebut dengan baik dan beri pengawasan ketika anak berada di lingkungan baru. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Mengajak Anak Mengenal Dunia Luar"