Kegiatan Permainan untuk Liburan Panjang Anak-anak

permainan mengisi liburan panjang anak-anak

Liburan panjang segera tiba.  Bagi anak-anak hal ini merupakan hal yang dinanti.  Soalnya anak-anak pasti menginginkan penyegaran setelah sekian lama berinteraksi dengan buku-buku di sekolah.  Padatnya kegiatan baik itu di sekolah ataupun BIMBEL dan kursus sangat menguras pikiran dan tenaga.  Oleh karena itu liburan panjang merupakan momen yang sangat pas bagi anak-anak untuk memberikan penyegaran dan menghilangkan sejenak kepenatan yang telah mereka rasakan.  Mengisi liburan panjang adalah sesuatu hal yang pasti menyenangkan.

Dalam sebuah studi penelitian menyebutkan bahwa anak-anak harus ikut terlibat dalam suatu kegiatan di luar (Out door) untuk menjaga kesehatan badan serta kesehatan pikiran mereka.  Dengan adanya kegiatan di luar maka hal ini akan mampu mengembangkan bakat serta mengembangkan kepribadian anak-anak.  Dan liburan panjang adalah waktu yang tepat untuk diisi dengan kegiatan yang menyenangkan baik itu untuk anak-anak ataupun keluarga.

Nah berikut ada beberapa jenis kegiatan yang bisa kita terapkan untuk mengisi liburan panjang sang buah hati

1. Bermain dengan tema berburu harta karun

Kegiatan ini bisa kita lakukan di kebun.  Sesuai dengan tema berburu harta karun maka kita akan memulai permainan ini dengan menyembunyikan beberapa hadiah yang menarik. Misalnya adalah kue, boneka, makanan ringan ataupun benda lainnya yang menarik untuk anak.  Cara bermainnya adalah berikanlah beberapa peta petunjuk dan berikan kesempatan pada anak untuk mencarinya.  Agar permainan lebih seru maka kita bisa melibatkan teman-teman anak.  Permainan ini akan mirip seperti yang ditayangkan di televisi-televisi swasta, dan ini bisa kita tiru untuk mengisi liburan panjang yang menyenangkan.

2. Mengajarkan beberapa jenis olah raga 

Untuk menjaga kesehatan anak, tidak ada salahnya kita mengajarkan beberapa jenis olah raga baru yang belum pernah dimainkan anak.  Ketika anak-anak sudah terbiasa dengan badminton maka kita bisa mengenalkan kepada anak olah raga tenis lapangan ataupun tenis meja.  Ajaklah anak ke tempat olah raga tersebut dan ajaklah berolah raga bersama.  Hal ini tentunya akan menambah pengalaman baru untuk anak-anak.

3. Berkebun

Berkebun merupakan sesuatu hal yang menyenangkan.  Bagi masyarakat perkotaan tentunya berkebun merupakan sesuatu yang jarang mereka lakukan.  Dengan berkebun akan menambah pengetahuan anak dan akan melatih anak untuk lebih mencintai lingkungan hidup.  Banyak tempat-tempat wisata yang sudah menyediakan sarana kegiatan jenis ini.  Cobalah pasti anak-anak akan merasa senang akan kegiatan barunya

4. Mengenal teknologi

Liburan panjang merupakan waktu yang tepat untuk memberikan pengalaman baru seputar dunia teknologi kepada anak.  Contoh kegiatan sederhana yang bisa kita lakukan yaitu mengenalkan anak akan photography.  Berikanlah kesempatan kepada anak untuk mengambil foto dengan kamera dan kita sebagai objek foto atau modelnya.  Lalu langkah selanjutnya adalah mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengedit dan mencetak foto tersebut.  Hal ini tentunya akan sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Kalau kita tidak mau pusing-pusing, berikut ada beberapa tempat yang layak untuk kita kunjungi dalam liburan panjang

a. Laser game Indonesia, berlokasi di sekitar Kemang raya No 16A, Jakarta
b. Museum IPTEK atau Science and Knowledge Museum, yang berlokasi di sekitar TMII, Cipayung Jakarta
c. Iniko Toys Cafe yang bertempat di Jalan Gunawarman Kebayoran Baru
d. Trans Force yang berlokasi di Grand Indonesia Jalan Muh Thamrin Menteng

5. Indoor Game

Mengisi liburan panjang  tetap bisa dilakukan apabila kondisi kesehatan anak-anak tidak begitu sehat.  Contoh permainan yang bisa kita lakukan yaitu melukis, mengisi essay ataupun bermain origami dan masih banyak lagi jenis kegiatan lainnya yang bisa dilakukan namun tidak terlalu menyita tenaga anak.  Dan hal ini akan lebih menyenangkan untuk mengisi liburan panjang anak-anak.

Liburan panjang anak-anak harus diisi dengan kegiatan yang menyenangkan namun bernuansa edukatif.  Jangan biarkan liburan hanya diisi dengan kegiatan yang tidak bermanfaat dan hanya dihabiskan di depan televisi.  Kegiatan-kegiatan aktif di luar harus kita rencanakan agar anak-anak tetap berkesan dan menambah bakat serta membangun kepribadian anak.  Sudahkah anda merencanakan kegiatan untuk mengisi liburan panjang anak-anak?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kegiatan Permainan untuk Liburan Panjang Anak-anak"