Sakit Gigi pada Anak dan Obat Alami

Berhati-hatilah memberikan makanan yang lengket dan manis kepada anak.  Pemberian jenis makanan yang lengket dan manis dalam tempo yang lama dan sering akan bisa menyebabkan sakit gigi pada anak.  Hal ini sangat mungkin terjadi apabila pembersihan gigi tidak sempurna atau bahkan jarang gosok gigi.  Namanya juga anak-anak pasti akan jarang melakukan sikat gigi dan orang tua juga biasanya sedikit menyepelekan akan hal ini.

Makanan yang banyak mengandung gula banyak sekali dijumpai dan tentunya makanan jenis ini akan sangat disukai oleh anak-anak.  Contohnya adalah permen, cokelat, minuman sirup, manisan, gulali dan kue-kue.  Apakah makanan ini tidak boleh diberikan kepada anak untuk mencegah terjadinya sakit gigi?  Tentu saja masih boleh diberikan kepada anak namun jangan berlebihan dan jangan lupa untuk membersihkan gigi minimal dengan menggosok gigi.

Dalam sebuah uji menunjukkan bahwa makanan yang berfermentasi baik itu gula atau pati yang sudah dimasak akan memiliki potensi menyebabkan sakit gigi pada anak.  Hal ini disebabkan karena makanan karbohidrat, pati dan gula akan sulit dibersihkan dari rongga-rongga gigi karena ia akan bersifat menempel pada gigi. Solusinya agar tidak ada sisa makanan di mulut maka gigi harus di sikat.

Selain makanan di atas ada beberapa penyebab lain sakit gigi pada anak, yaitu

1. Lapisan email gigi anak yang sudah mengalami kerusakan sehingga akan menimbulkan rasa nyeri yang akan membuat anak-anak menangis karena gigi menjadi berlubang.

2. Efek samping penggunaan obat-obatan non herbal (kimia) ketika bunda sedang hamil

3. Pada waktu bunda sedang hamil kekurangan gizi dan nutrisi yang berperan untuk pertumbuhan gigi bayi yang sedang dikandung

4. Efek dari susu kemasan yang diberikan kepada bayi

5. Jarang sikat gigi

Ketika sakit sedang menyerang maka akan membuat anak-anak menjadi rewel dan menangis.  Kita sebagai orang tua juga akan merasa kasihan karena si balita tentunya tidak akan bisa tidur dengan nyenyak.  Efeknya tentunya akan membuat kita begadang malam untuk menemani si dede.

Untuk mengobati sakit gigi tentunya harus membawa anak ke dokter gigi untuk diperiksa lebih lanjut.  Namun bagaimana jika sakit ini menyerang di kala malam hari.  Tentunya tidak akan ada dokter gigi yang buka.  

Untuk membantu meringankan sakit gigi maka kita bisa melakukan pengobatan sederhana dan alami yaitu

1. Membuat icepack.  Caranya mudah yaitu dengan membungkus air dingin ke dalam kantong kemudian menempelkan ke area yang sakit.  Tempelkan kantong tersebut selama 15 hingga 20 menit.  Cara ini lumayan untuk membantu meringankan nyeri yang timbul sebelum dibawa ke dokter gigi anak.

2. Memberikan minuman hangat kepada anak dan hindari memberikan minuman yang terlalu dingin ataupun panas.

3. Jika bunda memahami tentang obat nonresep maka bisa diberikan obat penghilang rasa sakit.

4. Berikanlah minyak cengkeh yang dioleskan pada kapas kemudian tempelkan pada gigi yang sakit.  Minyak cengkeh bisa berfungsi sebagai antiseptik, pereda nyeri dan akan mencegah infeksi.

Cara-cara di atas bisa digunakan untuk meringankan sakit gigi pada anak sehingga anak bisa dibawa ke dokter keesokan harinya.  Sakit gigi merupakan hal yang bisa saja menimpa baik itu orang dewasa ataupun balita.  Jangan sepelekan sakit gigi pada anak karena ia harus diobati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sakit Gigi pada Anak dan Obat Alami"