Obat Sariawan Anak-anak dan Dewasa

Obat sariawan orang dewasa
Sariawan meskipun kecil akan terasa sangat mengganggu meskipun bentuk sariawannya masih kecil.  Oleh karena itu agar sariawan bisa cepat sembuh harus segera diberi obat.  Ada jenis obat jenis herba dan jenis kimia untuk membantu meringankan sakit sariawan.  Biasanya untuk orang dewasa, sakit sariawan akan bisa sembuh dengan sendirinya meskipun tidak diobati.

Akan menjadi lain ceritanya apabila sang balita yang terkena sakit sariawan.  Apakah bisa anak kecil terkena sariawan?  Tentu saja bisa, karena penyakit sariawan tidak hanya menyerang orang dewasa namun anak balita pun juga bisa terkena sariawan.

Biasanya jika anak kecil terkena sariawan akan membuat dirinya enggan makan.  Hal ini bisa terjadi dikarenakan kadang untuk mengunyah makanan akan timbul rasa sakit.  Kalau hal ini terjadi pada bayi maka biasanya bayi akan sering rewel.

Sariawan adalah luka yang terjadi pada permukaan rongga mulut yang berwarna putih kekuning-kuningan.  Sariawan dalam istilah kedokteran disebut dengan Stomatitis Aphtosa.  Penyebab dari sariawan sendiri belum bisa diketahui secara pasti karena sariawan bisa timbul oleh berbagai hal.  Setidaknya ada 7 hal yang dapat menyebabkan timbulnya sakit sariawan yaitu

1. Kekurangan asupan vitamin B, Vitamin C dan Zat Besi
2. Rongga mulut terluka dikarenakan tergigit, benturan benda seperti sikat gigi dan lain-lain
3. Akibat makanan dan minuman yang terlalu panas
4. Karena alergi terhadap jenis makanan tertentu misalnya cabai dan nanas
5. Mengalami gangguan hormon
6. Kekebalan tubuh yang berkurang akibat terlalu stress ataupun karena sehabis sakit berat.
7. Karena infeksi

Pada dasarnya sakit sariawan akan bisa sembuh dalam tempo 7 hingga 10 hari tergantung banyaknya jumlah sariawan.  Ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan penyakit sariawan apabila hal tersebut menimpa pada anak-anak, baik itu usia 1, 2, 3, 4, ataupun usia 5 tahun.

Cara sederhana untuk membantu meringankan sakit sariawan

1. Berkumur dengan air garam

Campuran air dengan garam sedikit bisa digunakan untuk membantu meringankan sakit sariawan.  Gunakan air hangat untuk berkumur.

2. Minum Yoghurt

Minuman yoghurt akan membantu keseimbangan bakteri yang ada di mulut sehingga proses penyembuhannyapun akan bisa lebih cepat.

3. Membilas mulut dengan obat herba

Lidah buaya, ekstrak biji anggur bisa digunakan untuk membilas mulut.

4. Mengkonsumsi pepaya

Buah pepaya bisa digunakan untuk mendinginkan rasa panas yang terasa di mulut.  Hal ini akan mempercepat pemulihan sariawan.

5. Berkumur dengan baking soda

Campur air dengan sedikit baking soda dan gunakan untuk berkumur-kumur.  Usahakan jangan sampai tertelan.

6. Berpikir positif

Tekanan pikiran yang tinggi akan memicu terjadinya sariawan.  Oleh karena itu berpikirlah positif agar sariawan yang terjadi tidak semakin parah.  Ketenangan akan membantu mempercepat kesembuhan.

Sariawan bukanlah termasuk penyakit berbahaya, karena ia akan bisa sembuh dengan sendirinya.  Namun jika sariawan terjadi pada anak-anak balita maka hendaknya segera diberi pengobatan agar tidak mengganggu aktivitasnya baik itu di sekolah ataupun di rumah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Obat Sariawan Anak-anak dan Dewasa"