Tips Perjalanan Jauh Dengan Sepeda Motor

Tips Mudik Menggunakan Motor Sendiri
Mudik menggunakan motor adalah salah satu pilihan masyarakat yang sedang digemari.  Mudik menggunakan motor menjadi pilihan dikarenakan biaya angkutan umum yang relatif mahal.  Selain itu alasan yang menjadikan mudik menggunakan motor adalah motor bisa digunakan sebagai sarana transportasi di kampung.  Mengingat di kampung biasanya para pemudik akan bersilaturahim kepada kerabat dan saudara yang mana lokasinya saling berjauhan.  Sehingga mudik menggunakan kendaraan sendiri menjadi pilihan utama.

Dari beberapa pengalaman terakhir menyebutkan bahwa korban meninggal kebanyakan berasal dari pemudik yang menggunakan kendaraan sepeda motor.  Oleh karena itu agar hal ini tidak terus bertambah persiapan mudik dengan menggunakan motor harus di cek dengan seksama.  Baik itu kondisi sepeda motor dan alat pengaman diri sebagai pelindung dari kecelakaan.

Untuk membantu melancarkan mudik dengan motor sendiri, berikut ini adalah tips dan kiat yang perlu diketahui

1. Cek surat-surat kendaraan bermotor

Surat-surat kendaraan perlu dicek dan jangan sampai ketinggalan di rumah.  Selain itu keamanan surat-surat ini juga perlu diperhatikan.  Karena bisa saja STNK kendaraan terjatuh di jalan.  Pastikan bahwa SIM C masih berlaku.  Surat-surat jalan tersebut sangat penting karena untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Pakailah alat pengaman diri

Karena jarak yang akan ditempuh sangat jauh maka alat pengaman diri ini harus dilengkapi.  Peralatan yang sebaiknya harus ada yaitu helm SNI, masker debu, rompi pelindung, sarung tangan dan sepatu.  Hal ini juga berlaku untuk para pembonceng di belakang.

3. Membawa tool kit dan jas hujan

Sebaiknya membawa tool kit sederhana yang multi fungsi dan spare part penting seperti busi.  Selain itu persiapkan jas hujan sebagai antisipasi kehujanan di jalan.  Hindarilah menggunakan jas hujan model ponco dan sebaiknya gunakan jas hujan model baju agar lebih simpel.

4. Pastikan motor sehat

Sebelum berangkat mudik alangkah baiknya sepeda motor di service terlebih dahulu.  Gantilah bagian-bagian yang sudah rusak dengan spare part baru yang orisinil.  Cek kondisi lampu, sein dan pastikan semuanya masih menyala dengan baik. Kondisi motor yang sehat akan membuat perjalanan terasa menyenangkan.

5. Bawa barang seperlunya

Hindari membawa barang melebihi kapasitas.  Selain membuat tidak nyaman, muatan banyak akan sangat mengganggu perjalanan.  Semakin ringkas barang yang dibawa akan semakin baik.

6. Perhatikan jalan dan rambu-rambu

Jangan lupa untuk memperhatikan kondisi jalan terutama jalan yang banyak lubang dan perhatikan rambu-rambu di jalan.  Lihat dengan baik petunjuk jalan yang ada agar tidak tersesat.

7. Beristirahat yang cukup

Apabila dalam perjalan sudah merasa lelah dan mengantuk sebaiknya beristirahat dahulu di tempat-tempat strategis.  Kita bisa beristirahat di SPBU, masjid, posko mudik dan pos polisi.  Hindari beristirahat di tempat sepi agar tidak terkena kejahatan.

8. Menjaga emosi

Kestabilan emosi sangat diperlukan agar perjalanan tetap selamat hingga tujuan.  Hindari kebut-kebutan ataupun mengendarai motor dengan model salip kanan kiri.  Lebih bersabarlah ketika sedang macet ataupun disalip orang.  Berhati-hatilah ketika kondisi lengang karena hal ini biasanya akan membuat kita terlena.  Utamakan keselamatan daripada kecepatan.

9. Berombongan lebih baik

Bagi yang belum pernah mudik menggunakan kendaraan bermotor sebaiknya ikut rombongan agar ada yang mengawasi.  Selain itu dengan berombongan akan bisa saling tukar pengalaman ataupun saling mengingatkan.

Lebaran akan terasa menyenangkan apabila kita selamat hingga tujuan.  Oleh karena itu patuhi segala rambu-rambu lalu lintas dan jaga kondisi tetap fit.  Mudik menggunakan motor sendiri merupakan hal yang tidak terlupakan dan akan memberi kesan tersendiri.  Semoga tips praktis ini bisa membantu dan perjalanan mudik tahun ini bisa lancar dan selamat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Perjalanan Jauh Dengan Sepeda Motor"