Operasi Lasik Untuk Mata Rabun

Mengenal Operasi lasik
Lasik atau Laser-Assisted in Situ Keratomileusis merupakan salah satu cara untuk membantu mengobati gangguan mata baik itu mata myopia, mata rabun dekat dan mata silindris.  Metode yang digunakan yaitu dengan cara operasi mata dengan bantuan sinar laser.  Metode operasi lasik ini lebih cepat dalam membantu mengurangi angka minus pada penderita penyakit mata.

Operasi Lasik merupakan metode operasi mata dengan bantuan sinar laser dingin untuk membantu membetulkan bentuk kelengkungan kornea mata sehingga cahaya yang ditangkap oleh kornea mata bisa difokuskan kembali sehingga bisa tepat pada retina mata.  Sehingga gangguan mata kabur bisa diobati secara maksimal.  Sinar laser ini akan bisa membuat sayatan tipis pada kornea mata sehingga akan sangat minim gagal.

Waktu yang dilakukan untuk operasi lasik juga tidak memakan waktu yang lama.  Waktu yang dibutuhkan untuk operasi kurang lebih 5 hingga 10 menit per mata.  Sehingga untuk melakukan operasi dua mata cukup kurang dari setengah jam.  Tentunya hal ini merupakan penyembuhan yang sangat cepat.  Pembiusan yang dilakukan juga hanya pembiusan lokal saja.

Akan tetapi operasi lasik juga memiliki kelebihan dan kekurangan.  Berikut adalah kelebihan dan kekurangan operasi lasik yang perlu diketahui

A. Keuntungan Operasi LASIK

Ini adalah beberapa dari keuntungan-keuntungan dari operasi LASIK:

1. Operasi LASIK mampu untuk mengkoreksi secara akurat kebanyakan tingkatan-tingkatan dari myopia (rabun jauh), hypermetropi (rabun dekat) dan astigmatisme (mata silinder)

2. Prosedur operasi cepat, biasanya berlangsung hanya 5 sampai 10 menit dan biasanya tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebihan.

3. Hasil operasi akan sangat akurat karena menggunakan bantuan komputer

4. Pada beberapa kasus, sekali operasi sudah cukup untuk mengatasi semua masalah mata. Namun bagaimanapun, perawatan lanjutan atau operasi kedua bisa saja dilakukan jika diperlukan.

B. Kekurangan Operasi LASIK

Berikut ini adalah resiko yang mungkin terjadi setelah operasi lasik.

1. Tidak semua pasien akan bisa mendapatkan hasil yang sama.

2. Operasi LASIK dapat membuat beberapa aspek-aspek penglihatan anda lebih buruk, termasuk penglihatan malam dengan cahaya yang menyilaukan dan lingkaran-lingkaran cahaya.

3. Operasi LASIK berpotensi menimbulkan gejala-gejala mata kering dalam jangka waktu berbulan-bulan sehingga pasien perlu meneteskan air mata buatan setiap saat.

4. Meskipun jarang terjadi, operasi LASIK dapat membuat penglihatan pasien lebih buruk dan tidak dapat dikoreksi dengan kacamata-kacamata atau lensa-lensa kontak biasa.

5. Biaya yang relatif mahal karena bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Syarat sebelum melakukan operasi lasik diantaranya adalah sebagai berikut

1. Mata harus dalam kondisi baik.
2. Memiliki ketebalan kornea yang cukup.
3. Mata tidak mengalami bias yang tinggi karena bias yang tinggi akan terlalu mengikis kornea mata.
4. Usia yang cukup dan minimal usia antara 18 atau 21 tahun.

Secara umum operasi lasik bukanlah sebuah kebutuhan akan tetapi merupakan suatu pilihan yang harus dipikirkan secara matang baik itu mulai biaya operasi lasik dan efek yang mungkin bisa saja muncul pasca operasi.
 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Operasi Lasik Untuk Mata Rabun"