Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Normal

Agar mata tetap sehat dan tajam
Untuk menjaga mata agar tetap sehat maka dibutuhkan perawatan dan penjagaan yang baik.  Karena mata merupakan nikmat yang sangat bernilai mahal yang diberikan Allah kepada kita. Dengan mata maka kita akan bisa menikmati indahnya alam ini dan dengan mata pula kita akan banyak belajar dari apa yang kita lihat dan kita perhatikan.

Mata memiliki bagian-bagian yang sensitif terutama terhadap cahaya. Selain itu di dalam mata terdapat lensa yang dapat berefraksi sehingga benda yang dilihat bisa terlihat jelas.  Meskipun termasuk organ tubuh yang kecil, mata juga sangat rentan terhadap serangan penyakit.  Mulai dari Myopia, hipermetropi, silinder, katarak dan gangguan mata lainnya.

Maka dari itu pemeliharaan terhadap kesehatan mata mesti diperhatikan dengan baik.  Yang utama adalah pola hidup ataupun gaya hidup yang harus diterapkan yaitu gaya hidup sehat.  Teknologi merupakan salah satu ancaman yang mesti diwaspadai.  Monitor, gadget dan televisi merupakan salah satu sarana yang berpotensi merusak mata.  Dan masih banyak lagi kebiasaan buruk lainnya yang mesti kita tinggalkan yaitu membaca dalam jarak dekat dan dengan penerangan yang sangat minim.

Untuk membantu menjaga kesehatan mata diperlukan perawatan dari dalam dan dari luar.  Makanan bergizi dan pola hidup sehat mesti dilaksanakan dengan baik.  Berikut ini adalah cara dan tips efektif untuk membantu menjaga kesehatan mata, antara lain

1. Banyak makan sayuran

Sayuran yang dianjurkan untuk membantu menjaga kesehatan mata yaitu sayuran dengan daun hijau tua.  Biasanya sayuran hijau tua banyak mengandung lutein dan zeaxanthin.  Lutein dan zeaxanthin ini sangat manjur untuk melawan gangguan mata seperti katarak dan penyakit refraksi lainnya.  Bayam dan brokoli adalah salah satu makanan yang banyak mengandung lutein dan zeaxanthin.  Bayam dan brokoli akan sangat mudah kita dapatkan di sekitar kita.

2. Perbanyak antioxidan

Antioksidan sangat ampuh untuk menanggulangi radikal bebas.  Radikal bebas juga sangat berpotensi menimbulkan terjadinya gangguan mata.  Salah satu contoh radikal bebas yaitu polusi, debu dan sinar uv matahari.  Sebaiknya cukupi kebutuhan akan antioksidan dengan banyak mengkonsumsi buah jeruk, buah berry,buah plum dan buah chery.

3. Cukupi kebutuhan akan lemak omega 3

Saluran air mata bisa terjaga dengan baik apabila kebutuhan akan lemak omega 3 tercukupi dengan baik.  selain itu lemak omega 3 juga bisa mencegah terjadinya gangguan penyakit mata terutama katarak.  Omega 3 bisa kita dapatkan pada ikan tuna dan ikan salmon.

4. Perbanyak beta karoten

Beta karoten bisa kita temuipada wortel dan labu kuning.  Kedua jenis ini bisa kita jadikan sayuran untuk membantu menjaga kesehatan mata.

5. Menjaga mata dari Sinar UV

Salah satu efek negatif dari sinar UV yaitu menimbulkan pengerasan lensa mata.  Selain itu sinar UV juga sangat berpotensi terjadinya mata katarak dan menurunnya daya penglihatan mata dikarenakan terjadinya gangguan di daerah retina mata.  Untuk menjaga mata dari sinar UV maka kita bisa mengantisipasinya dengan memakai kacamata berkualitas.

6. Olahraga teratur

Olahraga merupakan sarana yang efektif untuk menjaga kesehatan badan.  Dengan berolahraga maka akan mampu untuk menjaga kelancaran peredaran darah sehingga nutrisi yang dibutuhkan mata bisa terkirim dengan maksimal melalui darah.  Salah satu olahraga yang dianjurkan yaitu aerobik.

Kesehatan mata harus dipelihara dengan baik.  Tujuannya adalah agar ketajaman mata bisa bertahan hingga usia senja.  Banyak cara dan gaya hidup positif yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar kesehatan mata tetap maksimal dan optimal.  Sayangi mata anda dengan menjaganya secara penuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Normal"