Manfaat Tidur Siang untuk Anak-anak

Anjuran tidur siang usia pra sekolah
Manfaat tidur siang sangat baik untuk perkembangan anak-anak. Salah satu manfaatnya yaitu tidur siang dapat meningkatkan efeisiensi kemampuan belajar anak terutama untuk anak usia pra-sekolah.  Oleh karena itu biasakan si kecil untuk tidur siang.

Hal ini berdasarkan riset yang dilakukan oleh University of Massachusetts.  Para peneliti melakukan riset terhadap 40 anak yang berusia pra-sekolah.  Para peneliti memberikan tugas visual-spasial kepada para peserta riset tersebut.  Dalam tugas tersebut anak-anak diminta untuk melihat bentuk-bentuk gambar dan harus mengingat apa yang telah dilihat dalam kisi-kisi tersebut.

Tugas tersebut harus dilakukan ketika pagi hari dan para anak-anak kemudian dites ingatannya setelah selesai melakukan tugas yang diberikan.  Tes ingatan tersebut kemudian diulangi lagi ketika sore harinya.  Dalam jeda tersebut maka si anak-anak kadang harus tidur siang dan kadang pula si anak tidak melakukan tidur siang.  Dan hasilnyapun ternyata anak-anak yang melakukan tidur siang akan lebih baik bila dibandingkan anak-anak tidak tidur siang.

Walaupun anak-anak sudah melakukan tidur malam yang cukup akan tetapi hasilnya akan tetap berbeda ketika anak-anak melakukan tidur siang. 

Para peneliti kemudian memperdalam lagi risetnya dengan merekrut kembali 14 anak untuk membuktikan apakah ketika anak sedang tidur siang, ingatan merekea tetap aktif berproses selama mereka melakukan tidur siang.  Dalam riset tersebut anak-anak menjalani Polysomnography, catatan perubahan biofisiologi dan anak-anak menjalani tidur selama 73 menit.

Para peneliti itu menyimpulkan bahwa hubungan antara kepadatan kumparan tidur siang secara aktif berhubungan erat dengan informasi baru yang terpadu, dan khasiat tidur bagi ingatan ketika melakukan tidur siang.  Para peneliti memaparkan bahwa tidur siang akan membantu anak-anak untuk mengingat lebih baik.

Berdasarkan riset tersebut para peneliti menyarankan dan mendesak agar para pengelola pra-sekolah untuk mengembangkan tidur siang bagi para peserta didiknya.  Mengingat manfaat tidur siang sangat baik untuk meningkatkan kemampuan belajar anak.


Melihat manfaat dari tidur siang maka para orang tua hendaknya membiasakan dalam keluarga untuk melakukan tidur siang.  Apalagi kalau si anak sudah memasuki bangku sekolah.  Tidur siang akan membantunya untuk menyegarkan kembali badannya dan pikirannya dan tentunya akan memperkuat ingatan sehingga kecerdasannyapun akan menjadi lebih baik lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Tidur Siang untuk Anak-anak"