4 Cara Agar Anak tetap Sehat

cara dan tips sehat
Perubahan cuaca dalam bentuk apapun tentunya akan bisa berdampak terhadap kesehatan terutama kesehatan anak-anak kita.  Biasanya hal yang sangat riskan terjadi yaitu munculnya wabah penyakit selama peralihan cuaca.  Mulai dari demam berdarah, malaria, diare dan chikunguya.

Di sisi lain penyakit lainnya yang juga bisa mengancam kesehatan anak kita yaitu infeksi saluran pernapasan atau biasa yang disebut ISPA.  Untuk musim hujan biasanya penyakit yang sering menimpa anak-anak yaitu demam ataupun pilek dan batuk.

Banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut bisa menyerang anak-anak.  Yang paling utama yaitu bisa disebabkan karena daya imunitas dan kekebalan anak-anak yang mulai melemah.  Akibatnya anak akan mudah sakit. Hal ini bisa saja terjadi dikarenakan pola hidup dalam keluarga yang kurang baik.

Biasanya para orang tua baru mengobati anak ketika sudah jatuh sakit dan jarang para orang tua yang mengontrol kesehatan anaknya secara rutin.  Berbeda ketika para orang tua merawat kendaraan pribadinya baik itu motor maupun mobilnya.  Mereka akan dengan seksama memperhatikan jadwal perawatan mesin baik itu servis berkala maupun ganti spare part dan oli.  Akan tetapi samakah perlakuan kendaraan tersebut dengan perhatian akan kesehatan anak?  Bisa jadi akan bertolak belakang.

Oleh karena itu agar si kecil tetap sehat dan prima serta tidak mudah gampang terserang penyakit, maka sebaiknya para orang tua melakukan hal-hal di bawah ini

1. Mengecek kesehatan secara berkala

Berikanlah waktu untuk mengecek kesehatan anak secara rutin, terutama kesehatan gigi.  Minimal lakukanlah medical check up sekali dalam setahun agar kondisi kesehatan keluarga bisa terpantau dengan baik.

2. Rajin berolah raga

Olah raga merupakan salah satu kebutuhan penting manusia.  Banyak sekali manfaat dari olah raga yang bisa kita rasakan.  Salah satunya adalah untuk melancarkan aliran darah dalam tubuh.  Rutinkanlah olah raga bersama keluarga walaupun hanya sekedar jalan pagi.

3. Konsumsi makanan sehat dan halal

Perhatikan dengan baik makanan untuk keluarga.  Pastikan bahwa makanan yang akan dikonsumsi halal baik dalam mendapatkannya ataupun dalam mengolahnya.  Makanan 4 sehat lima sempurna sangat baik diterapkan dalam keluarga.

4. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup akan membuat ketahanan tubuh tetap kuat.  Biasakanlah tidur siang bersama si kecil karena tidur siang sangat baik untuk kesehatan.

Penerapan pola hidup yang sehat dan bersih akan menjaga kekebalan tubuh anak tetap terjaga dengan baik.  Hindari asap rokok dalam ruangan ataupun rumah dan jagalah keharmonisan dalam rumah tangga agar kondisi emosional anggota keluarga tetap stabil dan tidak menimbulkan stress.  Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Cara Agar Anak tetap Sehat"