8 Mainan Edukatif Untuk Stimulasi Anak Cerdas, Wajib Tahu!


Setiap anak dilahirkan ke dunia tentunya sudah dikarunia bakat dan kecerdasan.  Oleh karena itu tingkat kercerdasan tiap anak akan berbeda-beda.  Meskipun begitu para orangtua tidak elok jika masih membanding-bandingkan tingkat kecerdasan anak.

Agar anak bisa tumbuh dengan tingkat kecerdasan yang maksimal maka banyak hal yang bisa dilakukan.  Salah satunya adalah dengan memberikan stimulasi atau rangsangan.  Stimulasi yang diberikan akan mampu mengasah kecerdasan anak.  Media yang bisa digunakan yaitu mainan edukatif

Anak-anak tentunya akan sangat suka dengan mainan edukatif.  Untuk mendapatkan mainan edukatif sangat mudah, karena sudah banyak tersedia secara online ataupun dengan mengunjungi toko mainan yang tersedia di banyak tempat.

Tapi tahukah para bunda, mainan edukatif seperti apa yang mampu merangsang tingkat kecerdasan anak?  Berikut adalah beberapa rekomendasi mainan edukatif yang bisa disediakan untuk anak-anak hebat dan cerdas

1. Mainan balok

Tahukah bunda bahwa mainan balok sangat bagus untuk membantu meningkatkan kecerdasan anak.  Mainan balok merupakan mainan anak yang terbuat dari kayu ataupun sebagian sudah diupgrade terbuat dari bahan plastik.

Banyak model yang tersedia dari mainan balok. Diantaranya ada balok berbentuk kotak, segitiga, persegi panjang dan lain sebagainya.

Mainan balok bisa disusun menjadi aneka bentuk sesuai dengan daya imajinasi anak.  Mulai dari bangunan seperti rumah, gedung, benteng dan lain sebagainya

2. Kartu flash card

Kartu flash card merupakan kartu yang berisi gambar dan disertai dengan tulisan.  Dengan flash card para orangtua dapat mengenalkan berbagai macam bentuk kepada anak, mulai dari jenis kendaraan, hewan, buah, anggota badan dan lain sebagainya.

Karena flash card berisi gambar-gambar dan berwarna maka hal ini akan sangat disenangi anak-anak.  Selain bermain maka kita bisa mengenalkan anak-anak aneka jenis pengetahuan baru tanpa memberikan efek negatif kepada anak.

3.  Kertas Origami

Siapa yang tak kenal dengan kertas origami.  Kertas origami merupakan mainan populer yang bisa kita berikan untuk anak.  Dengan kertas origami maka anak-anak bisa berkreasi membuat aneka jenis mainan seperti bunga, pesawat terbang kertas, ataupun lipatan-lipatan kertas yang menarik.

Bermain origami akan sangat membantu mengasah daya kreatifitas anak dan mampu menyalurkan emosi anak.

4.  Kelereng atau gundu

Bentuknya yang bulat dengan aneka warna akan sangat menarik untuk anak-anak.  Ukuran kelereng juga sangat bervariasi mulai dari yang kecil hingga besar.

Kelereng jika digunakan dengan benar maka akan melatih daya kecerdasan anak dan menguatkan kemampuan motorik halus anak.  Selain itu kelereng bisa digunakan sebagai sarana sosialisasi dengan anak-anak yang lain.

Namun untuk anak-anak yang masih kecil disarankan untuk mengawasi dengan benar agar kelereng tidak dimakan atau tertelan.  

5.  Puzzle

Puzzle merupakan mainan edukatif yang akan melatih memecahkan masalah menjadi solusi yang sangat menarik.  Untuk menyusun puzzle diperlukan daya imajinasi, kecerdasan dan kesabaran.

Banyak model puzzle yang tersedia mulai dari puzzle yang terbuat dari hard paper ataupun terbuat dari kayu.  Kita bisa memberikan puzzle sederhana seperti puzzle yang terbuat dari balok kayu yang menggabungkan bangun ruang

6.  Mainan Lego

Mainan lego bisa dirangkai menjadi aneka bentuk yang menarik.  Dengan mainan lego maka akan bisa mengasah imajinasi dan keterampilan anak.

7.  Alphabet

Mainanan ini sangat cocok untuk mengenalkan anak-anak dengan huruf dan kata.  Anak-anak akan dilatih untuk menyusun huruf yang kemudian akan menjadi kata yang bisa dilafazkan oleh anak.

Mainan alphabet bisa kita sandingkan dengan kartu Flash card.

8.  Mainan Angka

Mainan angka hampir mirip dengan mainan alphabet.  Jika alphabet mengenalkan anak akan huruf dan kata, kalau mainan angka akan mengenalkan angka-angka yang nantinya akan berlanjut kecerdasan berhitung.

Itulah beberapa rekomendasi mainan edukatif yang bisa kita berikan untuk anak-anak agar anak tumbuh cerdas.  Selain bakat yang dimilikinya maka kita bisa memaksimalkan kecerdasan anak dengan memberikan stimulasi melalui media mainan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Mainan Edukatif Untuk Stimulasi Anak Cerdas, Wajib Tahu!"