5 Makanan Sehat Agar Anak Sehat dan Cerdas

Makanan sehat anak

Makanan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia.  Makanan merupakan zat 
penting yang diperlukan oleh tubuh agar manusia bisa bergerak dan tumbuh.  Nutrisi yang ada dalam makanan akan diserap oleh tubuh yang kemudian diolah menjadi energi penting untuk keberlangsungan hidup.

Mengkonsumsi makanan yang bergizi akan sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan dan pertumbuhan badan dan otak secara maksimal.  Oleh karena itu setiap makanan yang diasup oleh tubuh harus memiliki kriteria makanan sehat agar tidak menimbulkan penyakit dikemudian hari.  Banyak jenis makanan yang bisa menimbulkan obesitas atau penyakit jantung jika tidak diatur secara baik pola mengkonsumsinya.

Anak-anak merupakan masa yang penting bagi perkembangan mereka.  Oleh sebab itu pemberian makanan yang bergizi dan sehat wajib diberikan agar anak bisa berkembang secara maksimal.  Tak harus mahal harganya, yang paling penting adalah konsisten  dan berimbang dalam pemberiannya.

Untuk membantu meningkatkan kemampuan anak agar tumbuh cerdas dan sehat maka kita bisa memilih jenis makanan yang bergizi dan memiliki efek dahsyat terhadap kecerdasan dan kekebalan tubuh anak.  Apa saja makanan sehat dan bergizi agar anak cerdas dan sehat setiap hari, berikut adalah jenis makanan sehat dan bergizi untuk anak:

1.  Minyak ikan
Ada beberapa jenis makanan yang bisa menghasilkan asam lemak.  Asam lemak ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, oleh karena itu untuk mendapatkan asam lemak diperlukan tambahan makanan agar kebutuhan asam lemak bisa terpenuhi.  Asam lemak memiliki peranan penting dalam perkembangan otak.  Perkembangan otak yang baik akan sangat membantu meningkatkan tingkat kecerdasan anak.

Beberapa jenis makanan yang direkomendasikan yaitu salmon, ikan tuna dan ikan sarden.  Ketiga jenis ini memiliki kandungan asam lemak tinggi.  Agar anak tumbuh cerdas maka berikanlah anak makanan yang kaya asam lemak.

2.  Susu dan produk olahan susu
Kadar nutrisi yang ada dalam susu ataupun produk olahan susu sangat tinggi sekali.  Di dalam susu mengandung kalsium, protein, dan beberapa jenis vitamin.  Anak-anak biasanya suka akan susu dan produk olahannya.

Perkembangan dan kesehatan tulang, gigi anak bisa dimaksimalkan dengan memberikan susu setiap hari.  Selain susu, alternatif yang bisa diberikan yaitu keju.  Keju juga memiliki nutrisi penting untuk membantu kesehatan tulang dan gigi anak.

3. Whole grain atau gandum
Whole grain atau gandum memiliki nilai gizi yang tinggi.  Di dalamnya ada kandungan karbohidrat tinggi.  Karbohidrat merupakan sumber energi yang sangat diperlukan tubuh untuk beraktifitas dan bergerak.  Anak-anak yang memiliki aktifitas tinggi maka diperlukan kecukupan akan karbohidrat.

Selain mengandung karbohidrat, whole grain juga memiliki kandungan serat tinggi.  Makanan serat tinggi akan bisa membantu kesehatan pencernaan anak.  Rutin berikanlah roti gandum atau biji-bijian agar pencernaan anak tetap sehat.

4.  Kacang-kacangan
Nutrisi yang terkandung dalam kacang-kacangan sangat banyak sekali.  Diantaranya adalah kaya akan vitamin, karbohidrat, lemak dan juga kaya akan antioksidan.  Nutrisi ini sangat diperlukan bagi tubuh.  Kacang-kacangan akan membantu perkembangan mental dan perkembangan fisik anak.

Beberapa makanan yang masuk kategori kacang-kacangan antara lain adalah almond, walnut, dan kacang mete.  Selain memiliki kandungan fitonutrien, kacang-kacangan ini juga mengandung zat besi.  Zat besi dan fitonutrien sangat ampuh untuk melawan penyakit kritis.  

Selain itu manfaat dari kacang-kacangan yaitu meningkatkan kesehatan mental anak, memaksimalkan perkembangan dan pertumbuhan fisik anak serta bisa memproteksi tubuh dari polusi dan racun berbahaya.

5.  Buah-buahan
Siapa yang tak kenal akan buah-buahan.  Buah-buahan yang kita kenal sangat banyak ragamnya.  Baik itu mulai dari warna, teksturnya dan rasanya.  Indonesia kaya akan jenis buah-buahan dan mudah untuk mendapatkannya.  Mengkonsumsi buah-buahan yang cukup akan bisa menjaga kekuatan energi tubuh dan menjaga sistem imunitas tubuh.

Beberapa buah-buahan yang bisa diberikan kepada anak yaitu pisang dan kiwi.  Buah pisang memiliki kandungan karbohidrat tinggi yang bisa membantu tubuh tetap berenergi.  Pisang bisa kita olah menjadi cemilan atau bisa langsung dikonsumsi secara langsung.  Berikan kepada anak agar anak tetap kuat beraktifitas dan tetap bisa berkonsentrasi secara optimal.

Buah kiwi sendiri memiliki kandungan vitamin C tinggi.  Jenis vitamin ini akan membantu tubuh dalam menyerap zat besi yang sedang diolah dalam tubuh.  Vitamin C sangat membantu vitalitas tubuh sehingga anak akan tetap bisa berkonsentrasi secara penuh dan tidak mudah lelah atau capek.

Makanan sehat dan bergizi tinggi sangat diperlukan oleh tubuh sebagai sarana untuk mengembangakan pertumbuhan tubuh dan yang paling penting yaitu perkembangan otak.  Kecukupan akan makanan bergizi ini dimasa golden age maka akan sangat menentukan masa depan anak.  Tetaplah memberikan makanan terbaik agar anak bisa tumbuh kuat sehat dan cerdas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Makanan Sehat Agar Anak Sehat dan Cerdas"