Bagaimana Kekuatan Bermain Membantu Anak Berkembang

Manfaat bermain

Kekuatan bermain - Bagaimana Bermain menyenangkan membantu anak berkembang 

Lebih dari hanya sekedar kesempatan untuk bersenang-senang, bermain adalah kegiatan yang terbaik untuk membantu meningkatkan kesehatan dan perkembangan anak. Banyak sekali aneka jenis dan berbagai bentuk bermain yang bisa memperkaya otak anak, membentuk tubuh, dan memperbaiki kehidupan anak-anak.

American Academy of Pediatrics (AAP) menerbitkan sebuah laporan klinis, The Power of Play: (A Pediatric Role in Enhancing Development in Young Children - Sebuah peran pediatrik dalam meningkatkan pembangunan pada anak muda), menjelaskan bagaimana dan mengapa bermain dengan kedua orang tua dan teman sebaya adalah kunci untuk membangun otak berkembang, tubuh, dan ikatan sosial ― ini semua merupakan hal penting di dunia sekarang ini. Penelitian menunjukkan bermain dapat meningkatkan kemampuan anak untuk merencanakan, mengatur, bergaul dengan orang lain, dan mengatur emosi. Selain itu, bermain membantu perkembangan bahasa anak, berpikir logis (matematika) dan keterampilan sosial, dan bahkan membantu anak dalam mengatasi stres.

Resep untuk bermain

Meskipun banyak manfaatnya, statistik menunjukkan bahwa jumlah waktu yang digunakan anak untuk bermain telah menurun selama beberapa dekade. Hal ini sangat berhubungan Erat dengan keluarga dan jadwal sekolah, lebih banyak orang tua yang bekerja di luar rumah, lebih sedikit tempat yang aman untuk bermain, dan meningkatnya penggunaan media elektronik dan gadget. Semuanya ini menjadi alasan mendasar sehingga jam bermain anak menjadi berkurang. Sebagai contoh, penelitian menunjukkan anak-anak prasekolah menonton tv 4,5 jam setiap hari!

Untuk membantu dan menjaga anak tetap bermain sebagai bagian penting dari masa kanak-kanak, para dokter anak mungkin mulai menyarankan resep agar anak meluangkan waktu bermain pada setiap kunjungan anak-anank yang telah berusia 2 tahun. Pediatri juga 

menyarankan orang tua untuk memberikan kasih sayang kepada anak secara berkualitas atau menyiapkan program prasekolah yang mencakup pendekatan belajar yang menyenangkan.

Ide khusus usia untuk belajar yang menyenangkan

Belajar yang terbaik adalah dengan mendorong secara alami anak untuk bermain, bukan hanya dengan sistem seperti Skor tes. Ketika mereka secara aktif terlibat dan dengan penuh 
sukacita menemukan dunia mereka, anak mendapatkan keterampilan abad ke-21 yang mana keterampilan abad 21 adalah tentang bagaimana menyerukan kerja sama tim dan inovasi.

Mulai Lahir hingga usia bayi 6 bulan
  • AAP (American Academy of Pediatrics) mendorong orang tua untuk menggunakan metode bermain untuk membantu memenuhi kesehatan anak mereka dan perkembangan dasar dan dimulai dari lahir. Beberapa contoh cara untuk melakukan ini:
  • Pembelajaran yang menyenangkan dapat dimulai dengan senyuman pertama bayi. Menanggapi senyuman bayi dengan senyum Anda sendiri adalah bentuk permainan yang juga mengajarkan bayi untuk kritis emosional (keterampilan sosial):  "Anda bisa mendapatkan perhatian saya dan senyum dari saya kapan saja Anda inginkan ― hanya dengan tersenyum diri sendiri. "
  • Meniru ekspresi bayi Anda dan berceloteh dan menulangi kembali  "percakapan " menggunakan suara bayi Anda sebagai komunikasi cepat dengan bayiTunjukkan objek menarik kepada bayi Anda seperti mainan berwarna cerah. Biarkan dia membawa benda aman ke mulutnya untuk mengeksplorasi dan mengalami tekstur baru.
  • Tempatkan bayi Anda dalam posisi yang berbeda sehingga ia dapat melihat dunia dari sudut yang berbeda.
Usia 7 hingga 12 bulan
  • Pastikan bayi Anda memiliki lingkungan yang aman untuk merangkak dan menjelajah.
  • Berikan bayi Anda kesempatan untuk belajar bahwa tindakannya memiliki efek-misalnya, ketika ia menjatuhkan mainan dan jatuh ke tanah. Taruh beberapa mainan dalam jangkauan bayi Anda sehingga ia dapat mengambil mainan keluar dan bermain dengan mereka.
  • Gunakan cermin untuk menunjukkan kepada bayi Anda ekspresi wajahnya yang berbeda.
  • Bermain cilukba
Usia bayi 1 sampai 3 tahun
  • Ketika memilih pengasuhan anak dan prasekolah, maka carilah tempat yang ada kegiatan bermain terstruktur dan bermain yang kondisional. Pembelajaran yang menyenangkan, di mana anak memimpin dan mengikuti keingintahuan mereka sendiri, harus menjadi fokus utama dari pendidikan anak usia dini berkualitas tinggi.
  • Berikan anak Anda blok, wadah kosong, sendok kayu, dan teka-teki. Benda sederhana dan murah adalah beberapa cara terbaik untuk mendukung kreativitas anak. Ingat bahwa pendampingan orang tua dan pengasuh sangat penting karena kehadiran dan perhatian tersebut yang bisa memperkaya anak ― Jadi harus dengan memberikan gadget atau gawai mahal kepada anak.
  • Beri anak Anda kesempatan untuk bermain dengan teman sebaya. Ini adalah usia yang baik untuk mencoba membuat jadwal bermain dan tentunya yang diawasi orang tua.
  • Membantu anak Anda menjelajahi tubuhnya melalui gerakan yang berbeda-misalnya, berjalan, melompat, dan berdiri di satu kaki.
  • Sediakan kesempatan untuk bermain peran - misalnya, berpura-pura minum dari cangkir kosong atau menawarkan mainan yang memungkinkan bermain peran.
  • Baca buku secara teratur bersama dengan anak Anda. Mendorong berpura-pura bermain berdasarkan cerita ini.
  • Menyanyikan lagu dan bermain irama sehingga anak Anda dapat belajar dan bergabung dalam kegembiraan. Mulailah untuk memperkenalkan beberapa permainan yang sesuai dengan usia seperti Simon Says (Permainan Model instruksi)
Usia anak 4 hingga 6 tahun
  • Sediakan kesempatan bagi anak Anda untuk menyanyi dan berdansa.
  • Ceritakan kisah kepada anak Anda dan ajukan pertanyaan tentang apa yang dia ingat.
  • Berikan anak Anda waktu dan ruang untuk memerankan imajiner adegan, peran, dan kegiatan.
  • Biarkan anak Anda bergerak di antara permainan dan realitas yang membuat-percaya-misalnya, bermain rumah dan membantu Anda dengan tugas rumah.
  • Jadwalkan waktu agar anak Anda berinteraksi dengan teman untuk berlatih bersosialisasi dan membangun persahabatan.
  • Dorong anak Anda untuk mencoba berbagai gerakan di lingkungan yang aman-misalnya, melompat, mengayunkan, memanjat, dan melakukan jjatan.
  • Batasi waktu di depan layar ke tingkat yang sehat. Media yang sesuai dengan usia dapat memiliki manfaat bagi anak yang lebih tua, terutama jika Anda menonton dan bermain dengan mereka. Tapi real time interaksi sosial dan bermain jauh lebih baik untuk anak daripadamedia digital untuk belajar.
  • Imbaulah sekolah anak Anda untuk menawarkan pendekatan pembelajaran yang santai dan menyenangkan selain pendekatan pembelajaran yang lebih terstruktur seperti membaca, menghafal, dan lembar kerja. 
Bermain sebagai penawar Stress beracun

Selain meningkatkan kesehatan anak dan pengembangan, bermain membantu untuk membangun rasa aman, stabil dan memelihara hubungandan dapat menyangga terhadap stres beracun dan membangun ketahanan sosial-emosional. Sukacita bersama dan  interaksi antar anak yang terjadi selama bermain dapat mengelola respon stres tubuh, hal ini berdasarkan klinis AAP (American Academy of Pediatrics). Dalam satu studi, usia 3 sampai 4 tahun anak, merasa cemas ketika memasuki prasekolah, dua kali lebih mungkin bisa mengurangi kurang stres ketika anak diizinkan untuk bermain selama 15 menit terlebih dahulu, dibandingkan dengan teman sekelas yang hanya mendengarkan cerita.

Jenis permainan: Bisa dirandom atau menggabungkannya
Jenis bermain yang berbeda memiliki manfaat yang berbeda untuk anak:

Mainan dan objek bermain
Ketika bermain dengan objek seperti mainan, bayi menggunakan keterampilan motorik sensorik mereka untuk mengeksplorasi properti dan melakukan  "eksperimen " seperti layaknya seorang ilmuwan kecil. Untuk mengetahui apakah sebuah objek padat, misalnya, mereka mungkin akan menggedor di lantai. Anak usia prasekolah juga menggunakan objek untuk mengembangkan pemikiran dan konsep abstrak seperti simbolisme, menggunakan pisang sebagai telepon, misalnya, bersama dengan berbagi dan bergiliran.

Bermain fisik
Menyenangkan fisik seperti bermain bebas membantu mengembangkan keterampilan motorik anak, mencegah obesitas dan membangun kecerdasan emosional. Sensasi lembut dari seluncuran Taman Bermain, misalnya, memungkinkan seorang anak membangun kepercayaan diri saat mereka mengambil risiko dalam lingkungan yang relatif aman. 

Permainan seperti bebek-bebek-angsa dan tag juga membantu anak membangun keterampilan sosial-emosional lain seperti empati dan sebagai media belajar anak untuk berhati-hati untuk tidak menyakiti orang lain dengan menekan seseorang terlalu keras.

Bermain di luar ruangan
Bermain di luar ruangan, sangat penting karena memungkinkan anak menggunakan semua indra mereka untuk membangun keterampilan seperti kesadaran spasial dan keseimbangan. Hal ini juga dapat meningkatkan rentang konsentrasi perhatian anak. Studi menunjukkan bahwa anak kecil di negara di mana sekolah memungkinkan lebih banyak waktu untuk istirahat cukup melihat lebih memiliki banyak keberhasilan akademis sebagaimana anak yang lebih tua, namun diperkirakan 30% dari anak TK AS sudah tidak lagi memiliki waktu istirahat.

Bermain peran
Jenis permainan ini memungkinkan anak kecil bereksperimen dengan peran sosial yang berbeda dan belajar untuk bekerja sama. Berdandan, membuat percaya, dan bermain imajiner juga mendorong kreativitas dan membangun negosiasi yang lebih kompleks, komunikasi dan kemampuan bahasa. ( "Anda menjadi guru, dan saya akan menjadi siswa, " seorang anak mungkin mempraktekkannya.)

Ingat...
Memberikan anak Anda banyak kesempatan untuk bermain adalah salah satu cara terbaik untuk membantu mereka tumbuh menjadi penasaran, kreatif, sehat, dan bahagia seperti kebutuhan orang dewasa dan ini merupakan keterampilan yang mereka butuhkan saat ini. Lain kali anak Anda mungkin meminta untuk bermain bersama Anda, melompat pada kesempatan! Berbagi kegembiraan seperti saat Anda terhubung dengan satu sama lain dan dunia di sekitar Anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagaimana Kekuatan Bermain Membantu Anak Berkembang"