Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

21 January 2019

Wow, Penemuan Anak-anak yang Dikenal Dunia

anak jenius

Siapa yang tak kenal dengan James Watt.  James Watt adalah penemu mesin uap.  Dengan hasil penemuannya ini maka di Inggris terjadi revolusi industri.  Maka tak heran apabila  James Watt kemudian dijuluki dengan Bapak Revolusi Industri.

James Watt merupakan orang yang telah mengubah Inggris menjadi negara maju melalui penemuannya yaitu mesin uap.  Tak hanya orang dewasa saja yang mampu mengubah masa depan, ternyata anak-anak pun bisa berperan serta melahirkan penemuan yang nantinya bisa bermanfaat dan berguna di masa depan.

Penemuan apa saja yang telah dibuat oleh anak-anak? Setidaknya ada 5 penemuan yang ternyata berguna untuk masa depan.  Seperti dilansir dari CBC News, 5 hal tersebut adalah sebagai berikut

1. Penemuan Huruf Braille

Huruf braille sangat memberikan manfaat untuk kaum tunanetra.  Para Tunanetra tentunya tidak bisa melihat dan memerlukan bantuan alat agar bisa membaca yaitu huruf Braille.  Huruf braille merupakan rangkaian titik titik yang bisa dibaca dengan jari jemari oleh para penyandang tunanetra dengan cara diraba.  Dan penemu huruf Braille yaitu Louis Braille pada tahun 1824.

Saat itu Louis Braille berusia 15 tahun.  Huruf braille berawal dari kode militer yang kemudian ditata ulang oleh Louis Braille agar bisa dibaca pada waktu gelap.

Penemuan Louis Braille yaitu huruf Braille bermanfaat untuk para penyandang tunanetra

2. Penemuan Penutup Telinga

Penutup telinga digunakan pada waktu musim dingin terutama pada negara-negara Eropa ataupun Amerika. Para pemain film hollywood pun juga biasa menggunakan penutup telinga untuk mengurangi rasa dingin.

Tapi tahukah kamu siapakah penemu penutup telinga ini? Penemunya adalah Chester Greenwood yang saat itu masih berusia 15 tahun.

Bahkan penutup telinga ini masih digunakan oleh para tentara Amerika ketika musim dingin agar badan tetap hangat terutama pada saat Perang Dunia pertama.

Awalnya Chester Greenwood membuat lingkaran dari kawat dan oleh neneknya kemudian dijahit dengan bulu-bulu dan digunakan sebagai penutup telinga.

3. Penemuan Truk Mainan

Anak-anak pasti sangat suka dengan mainan, sehingga banyak anak yang berkreativitas membuat mainan sendiri.  Termasuk Robert Patch yang kemudian membuat mainan sendiri.  Awalnya ia membuat gambar sendiri, mainan yang cocok menurut seleranya.  Dia berharap truk mainan nya bisa di bongkar dan dipasang kembali ataupun dirubah menjadi bentuk mainan lain.

Ketika ia berhasil membuat mainan maka ia kemudian mempatenkannya.  Dan ia menemukan konsep tersebut ketika masih usia anak-anak.

4. Penemuan Es Lilin

Siapa yang tak kenal dengan es lilin? Semua orang bahkan seluruh dunia tahu dengan es lilin.  Es lilin cenderung mirip dengan es krim dan memiliki banyak rasa yang tentunya es ini disukai oleh anak-anak bahkan oleh anak-anak kita sendiri.

Tapi Tahukah kita siapakah penemu es lilin ini? Ternyata es lilin ini ditemukan oleh anak laki-laki yang saat itu ia masih berusia 11 tahun pada tahun 1905.

Nama penemu es lilin yaitu Frank Epperson.  Ia secara tak sengaja meninggalkan bubuk minuman yang kemudian ia campur air lalu diaduk-aduknya.  Campuran yang telah ia buat kemudian ia tinggalkan di ruang pendingin selama 1 malam satu penuh.

Keesokan harinya dia menjumpai minuman yang dibuatnya telah menjadi keras dan beku.   Orang biasa menyebutnya dengan es lilin dan sangat enak rasanya dengan sensasi dingin yang menggoyang lidah.  Es lilin akan sangat enak apabila kita nikmati saat musim panas atau ketika cuaca gerah.

5. Penemuan Trampolin

Anak-anak pasti suka dengan trampolin.  Melompat-lompat di atas trampolin sangat menyenangkan dan melatih motorik kasar anak.  Bahkan kalangan orang dewasa pun suka-suka dengan trampolin ini.

Trampolin ditemukan oleh seorang pesenam yang bernama George Nissen ketika berusia 16 tahun.  Inspirasi ini bermula dari jaring yang digunakan oleh para pemain sirkus.

George Nissen kemudian membuat sebuah kerangka yang sangat kuat yang terbuat dari baja dan diberi lembaran kanvas.  Kerangka yang ia buat dikenal dengan nama bouncing rig.  Ini merupakan desain bouncing rig yang pertama kali dibuat sebelum menjadi trampolin.

Pengambilan nama trampolin ambil dari bahasa Spanyol yaitu el trampolin. 

Itulah beberapa penemuan yang ditemukan oleh anak-anak namun sangat berguna di masa sekarang ini.  Banyak anak-anak yang menikmatinya dan merasakan manfaatnya.  Semoga ide dan inspirasi yang mereka temukan bisa memberikan contoh untuk anak-anak kita di masa sekarang.  Kalau kamu apa yang sudah kamu temukan dan bisa memberikan manfaat?
Back To Top