Makna Peringatan Hardiknas 02 Mei

Hardiknas
Hari Pendidikan Nasional atau yang biasa disebut dengan Hardiknas merupakan momentum yang sangat baik untuk melakukan instropeksi diri dalam rangka untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan.  Karena dengan pendidikan yang baik maka tugas negara untuk mencerdaskan bangsa bisa tercapai secara maksimal.  Maju atau tidaknya suatu bangsa tergantung penerapan Pendidikan yang diberikan untuk rakyatnya.

Salah satu tokoh Pendidikan Indonesia yang sangat terkenal yaitu KI Hajar Dewantara atau dengan nama asli Raden Mas Soewardi.  Melalui tangan beliaulah Pendidikan di Indonesia mengalami kemajuan pada masa-masa tersebut.  Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa harus bisa merefleksikan apa yang menjadi cita-cita Ki Hajar Dewantara.

Dalam lingkup dunia Pendidikan, di hari Hardiknas ini harus digunakan untuk mengevaluasi diri dan program kerja baik itu yang sudah lalu ataupun program kerja yang akan datang.  Dalam tataran pribadi, sudahkah kita bekerja secara profesional ataupun bekerja dengan sepenuh hati tanpa ada paksaan ataupun tujuan yang hanya bersifat keduniawian saja.

Dalam dunia pendidikan masih sangat banyak permasalahan yang harus diselesaikan dengan segera. Sebagai contoh misalnya Permasalahan pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, anak putus sekolah, kenakalan anak sekolah, sarana pendidikan yang rusak, tenaga pendidik yang kurang merata, penyalahgunaan anggaran adalah sederet contoh permasalahan yang perlu diselesaikan secara tuntas dan menyeluruh.


Ada beberapa point penting yang bisa kita lakukan bersama dalam rangka untuk mengisi Hari Pendidikan Nasional

1. Kesempatan yang sangat baik untuk merenungkan dan merefleksikan diri terhadap peran kita dalam dunia pendidikan yang berlandaskan dengan cita-cita lahirnya Hardiknas.  Sudahkah cita-cita Hardiknas terbenam dalam sanubari kita agar perjalanan dalam bidang pendidikan tetap semangat dan senantiasa memberikan kontribusi positif dan bukan menjadi beban dalam dunia pendidikan.

2. Momentum yang sangat baik untuk mengevaluasi Program kerja baik itu yang sudah berlangsung, sedang berlangsung ataupun yang akan datang.

3. Kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan dan menambah pengetahuan kita baik itu dengan sarana formal ataupun nonformal sebagai penunjang untuk memperbaiki kualitas kita sebagai seorang pendidik.  Karena pendidikan harus senantiasa ditambah dan tidak boleh berhenti agar semangat belajar ataupun mengajar tetap terjaga dengan baik.


Kita doakan semoga mutu dan kualitas pendidikan di Indonesia bisa bertambah baik melalui Hardiknas ini.  Segala sesuatu yang menjadi persoalan dalam bidang pendidikan bisa terselesaikan dengan baik sehingga tujuan utama dari Hardiknas bisa tercapai secara optimal.  Selamat menyambut Hari Pendidikan Nasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makna Peringatan Hardiknas 02 Mei"