Cara Efektif Menjadi Guru yang Handal

guru handal dan profesional
Menjadi guru PAUD yang handal.  Bukanlah pekerjaan mudah menjadi seorang guru tingkat anak-anak usia dini.  Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan agar tujuan dari pengajaran bisa tercapai dengan baik.  Banyak cara dan tips yang harus diterapkan agar para anak-anak menyukai keberadaan kita di dalam kelas.  Karena anak-anak usia dini memerlukan kenyamanan belajar terutama dengan kenyamanan dengan guru.

Tidak bermaksud untuk mengeneralisir, biasanya guru-guru yang terbiasa mengajar baik itu di SD, SMP ataupun SMA akan mengalami kesulitan ketika diminta mengajar sekolah tingkat PAUD ataupun TK.  Hal ini dikarenakan dinamika anak PAUD dan TK sangat banyak.  Terutama tingkah laku anak-anak yang masih taraf belajar sambil bermain.

Oleh karena itu agar menjadi guru PAUD yang disukai anak-anak dibutuhkan kreatifitas dan pembawaan mengajar yang harus menyenangkan.  Maklumlah karena anak-anak masih sangat terpengaruh dengan lingkungan keluarga, yang mana lingkungan keluarga dengan lingkungan sekolah bisa saja sangat berbeda.

Lalu bagaimana cara dan tips agar kita bisa menjadi guru yang handal dan disukai anak-anak di dalam kelas?  Berikut tips singkatnya

1. Guru harus memahami kemampuan dan kondisi anak-anak

Perlu kita sadari bahwa para anak-anak PAUD memiliki kemampuan, kebutuhan, dan kebiasaan yang berbeda-beda.  Tugas pertama yang harus kita lakukan yaitu mengidentifikasi dari kemampuan dan kondisi masing-masing anak.  Tidak dianjurkan para guru untuk membanding-bandingkan anak yang satu dengan anak yang lain.

Dengan pengidentifikasian ini maka kita akan mengenal karakter anak.  Dengan memahami hal ini maka kita akan bisa melakukan pendekatan kepada anak-anak dengan cara yang berbeda-beda sesuai dengan karakter dan kemampuan anak.  Untuk membantu lebih mengenal dengan anak maka menjalin komunikasi dengan orang tua harus dilakukan.  Tanyakan tentang kondisi si anak tersebut kepada orang tuanya.

2. Ciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman

Banyak hal yang bisa dilakukan agar kegiatan belajar mengajar menjadi menyenangkan.  Yang terpenting adalah jangan memarahi anak ketika anak membuat kesalahan.  Biarkan anak untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang telah mereka lakukan.

3. Berikan yang terbaik

Jadilah guru yang profesional.  Bedakan antara permasalahan di rumah dengan permasalahan di sekolah.  Pastikan bahwa kita memiliki kesiapan untuk mengajar.  Maka dari itu persiapkan secara baik materi yang akan disampaikan jauh-jauh hari agar pikiran kita bisa lebih siap untuk mengajar.

4. Banyak bersabar dan telaten

Anak-anak usia dini memang memiliki pola belajar yang berbeda bila dibandingkan dengan anak-anak SMP maupun SMA.  Mengajar PAUD diperlukan kesabaran lebih karena memang anak-anak yang masih senang bermain bila dibandingkan dengan belajar.  Hindari sikap kasar kepada anak dan jalinlah ikatan positif agar anak tetap nyaman bersama kita.

5. Tambah wawasan dan pengetahuan

Salah satu hal yang paling disuka anak-anak adalah cara pengajaran yang menyenangkan dan tidak monoton.  Kegiatan belajar mengajar yang monoton akan membuat anak-anak cepat bosan hingga akhirnya anak-anak akan lebih senang beraktifitas sendiri-sendiri.  Untuk mengantisipasi hal ini maka kita harus lebih kreatif. 

Perbanyaklah membaca literatur-literatur agar keilmuan kita tetap meningkat.  Bergabunglah dengan grup-grup agar kita bisa mendapatkan sharing-sharing pengalaman mengajar yang disuka anak-anak.

Menjadi guru yang disuka anak-anak memang memerlukan waktu dan proses.  Banyaklah belajar dari pengalaman dan senantiasa eveluasilah hal yang sudah kita berikan baik itu untuk sekolah ataupun anak-anak.  Tidak ada hal-hal yang sia-sia karena setiap kebaikan pasti akan mendapatkan balasan entah itu besar ataupun kecil.  Balasan tidak hanya berbentuk materi saja namun bentuk nonmateri pasti akan kita dapatkan jika kita mengajar dengan ikhlas dan profesional.  Jadilah guru yang disenangi dan disukai anak-anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Menjadi Guru yang Handal"