Waspada Pedofilia Pada Anak-anak

phedofilia pada anak-anak
Saat ini kekerasan seksual terhadap anak-anak wajib diwaspadai terutama pedofilia.  Pedofilia sangat mengancam terhadap anak-anak baik itu dilingkungan sekitar ataupun di lingkungan sekolah.  Semuanya memiliki peluang yang besar, oleh karena itu para orang tua perlu pengawasan ekstra ketat terhadap kehidupan anak.

Salah satu kejahatan Pedofilia yang menghebohkan sempat menimpa di salah satu sekolah ternama di Jakarta.  Sekolah yang seharusnya menjadi tempat belajar dan menuntut ilmu malah menjadi tercoreng karena ulah beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apa pengertian dan arti dari pedofilia?

Pedofilia berasal dari dua kata yaitu Pedo yang berarti anak dan filia yang berarti cinta.

Pedofilia adalah kecenderungan seseorang yang telah dewasa baik itu laki-laki ataupun perempuan untuk melakukan aktifitas penyimpangan seksual baik itu berupa hasrat ataupun sekedar fantasi terhadap anak-anak.

Menurut Dorlan (1998) Pedofilia adalah perbuatan seksual yang tidak wajar dimana terdapat dorongan yang kuat berulang-ulang berupa berhubungan kelamin dengan anak-anak pra-pubertas atau kesukaan abnormal terhadap anak.

Penyebab utama Pedofilia

Penyebab dari penyakit pedofilia belum diketahui secara pasti, akan tetapi pedofilia seringkali menandakan ketidakmampuan berhubungan dengan sesama dewasa adanya ketakutan wanita untuk menjalin hubungan dengan sesama dewasa.  Jadi bisa diakibatkan karena pelampiasan hasrat seksual yang tidak dapat disalurkan kepada orang dewasa.

Penyakit pedofilia diklasifikasi menjadi 5 tipe yaitu

1. Pedofilia menetap

Orang yang mengidap penyakit pedofilia menetap menganggap dirinya terjebak pada lingkungan anak-anak.

2. Pedofilia Regresi

Orang dengan tipe pedofilia regresi cenderung tidak tertarik dengan anak laki-laki.  Pedofilia regresi lebih bersifat heteroseks dan lebih tertarik kepada anak-anak wanita yang berusia antara 8 hingga 9 tahun.

3. Pedofilia lawan jenis

Pedofilia lawan jenis pada umumnya mereka menjadi teman anak perempuan dan selanjutnya secara perlahan akan melibatkan anak tersebut dalam hubungan intim dan biasanya tidak ada paksaan dalam melakukan hubungan

4. Pedofilia sesama jenis

Orang pengidap pedofilia dengan jenis ini akan lebih tertarik berhubungan dengan anak laki-laki ataupun anak perempuan dibanding orang dewasa.

5. Pedofilia wanita

Pada umumnya pelaku pedofilia lebih banyak dilakukan laki-laki, akan tetapi hal ini bisa juga dilakukan oleh wanita.  Meskipun sangat sedikit kejadian yang terekspos jika wanita yang melakukan pedofilia.


Kejahatan Pedofilia merupakan ancaman yang bisa saja menimpa anak-anak kita.  Agar hal ini tidak berkelanjutan maka peran orang tua dalam pengasuhan dan pengawasan terhadap anak hendaknya lebih ditingkatkan lagi.  Cukup korban itu saja yang terjadi dan jangan sampai menambah korban lagi, karena bisa jadi para korban akan membalas dendam ketika sudah dewasa karena efek dari trauma yang mendalam semasa kecilnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspada Pedofilia Pada Anak-anak"