10 Alasan Mengapa Harus Kreatif

mengapa kita harus kreatif
Setiap manusia yang terlahir ke dunia sebenarnya memiliki potensi kreatif.  Lingkungan dan pola pengasuhan yang nantinya akan mempengaruhi apakah daya kreatifitas itu akan menonjol atau tidak.  Dengan kreatifitas akan membuat hidup lebih hidup.  Oleh karena itu kreatif menjadi alasan utama agar kita bisa dan mampu bertahan di era persaingan bebas.

Daya kreatif tidak hanya ada dalam bidang-bidang tertentu saja.  Karena beberapa anggapan keliru masih memandang bahwa kreatif terdapat dalam beberapa profesi tertentu saja misalnya Penulis, seniman, art creator, ilmuwan, peneliti.  Padahal setiap pekerjaan ataupun profesi membutuhkan daya kreatifitas, termasuk tempat kerja kita.

Kreatifitas merupakan solusi terbaik untuk menyelesaikan segala permasalahan yang ada.  Karena semua orang akan memiliki masalah yang harus dihadapi, entah itu masalah besar atau kecil.  Namun terkadang penyelesaiannyapun tiap orang memiliki daya kreatifitas yang berbeda-beda sehingga hasilnyapun juga akan berbeda.

Beberapa alasan mengapa kita harus kreatif

1. Creative is fun

Kreatifitas adalah hal yang menyenangkan.  Ketika kita bisa menyelesaikan permasalahan dengan melakukan proses kreatif maka tentunya hal tersebut akan membuat semangat hidup menjadi lebih hidup lagi.  Senang rasanya apabila ide, metode, solusi yang ada dalam diri kita bisa kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.  Karena tak sedikit orang yang harus hidup di bawah instruksi dan ide orang lain.

2. Kreatifitas adalah ciri khas

Persaingan bebas dan ketatnya perjuangan hidup harus membuat kita lebih kreatif lagi.  Karena dengan daya kreatifitas yang kita miliki akan membuat kita senantiasa unggul dengan yang lain.  Oleh karena itu buatlah daya kreatifitas kita memang lain daripada yang lain sehingga kita akan tetap unggul.

3. Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika kita mampu mengimplementasikan apa yang ada dalam benak kita dan mampu menghasilkan ataupun mampu memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada maka hal tersebut akan membuat kita lebih percaya diri.  Karena ternyata kita memang bisa dan mampu untuk menjadi problem solving sehingga kita akan lebih suka dengan tantangan-tantangan baru yang harus kita selesaikan.

4. Kreatifitas adalah kunci keberhasilan

Setiap hal membutuhkan kreatifitas agar lebih menarik.  Pekerjaan dan bisnis adalah salah satu hal yang membutuhkan gagasan dan ide-ide kreatif.  Karena untuk memenangkan persaingan diperlukan pengambilan keputusan yang cepat dan tentunya harus kreatif.

5. Kreatifitas adalah sarana adaptasi perubahan

Dunia dan lingkungan sekitar akan senantiasa bergerak dan berubah.  Bahkan di beberapa tempat perubahan bisa terjadi dengan cepat.  Ide-ide dan metode-metode lama bisa saja akan bisa digantikan dengan ide baru yang lebih brilian dan lebih canggih.  Oleh karena itu untuk menyesuaikannya kita juga harus bisa lebih kreatif lagi.

6. Kreatifitas adalah pusat perubahan

Bisa jadi lingkungan dan dunia yang berubah-ubah karena kita memberikan andil dengan memberikan kreatifitas.  Barangkali saja orang lain terinspirasi kepada ide kreatif kita sehingga akan memancing lainnya untuk ikut berubah.  Dengan daya kreatifitas bisa saja kita menjadi agen perubahan.

7. Membangun hubungan yang lebih baik

Setiap orang pasti akan mengalami kebosanan.  Termasuk dalam hubungan antar sesama.  Oleh karena itu agar rasa kebosanan ini tidak menjalar menjadi pemutusan tali persaudaraan maka dibutuhkan kreatifitas baru dalam membangun sebuah jalinan.  Bisa saja kebosanan tersebut muncul dikarenakan metode yang kita gunakan itu-itu saja.  Oleh karena itu diperlukan kreatifitas baru agar hubungan menjadi lebih menarik lagi.

8. Kreatifitas meningkatkan daya tarik

Tak ayal lagi ketika kita bisa memberikan dan menyalurkan daya kreatifitas, maka hal ini akan membuat nilai kita menjadi lebih.  Hal ini akan memberikan efek kepada orang lain untuk menyukai kita, karena kita memnag bisa memberikan perubahan.

9. Creative make happy

Ada sebuah kata bijak sederhana yang berbunyi "Satu-satunya orang yang benar bahagia adalah anak-anak dan orang-orang kreatif." (Jean Caldwell)

Setiap permasalahan yang bisa kita selesaikan dengan baik tentunya akan membuat kita bahagia daripada masalah yang tidak kunjung selesai.  Oleh karena itu mendapatkan solusi yang tepat terhadap masalah yang ada diperlukan kreatifitas.

10. Kreatifitaslah yang membuat dunia terus berputar

Kehidupan senantiasa berubah dan setiap orang pasti akan membuat perubahan.  Dan hal itulah yang akan membuat masalah senantiasa ada dan tidak akan berujung.  Selesai masalah satu maka akan muncul lagi masalah yang lainnya.  Dan hal inilah yang akan memicu daya kreatifitas baru.  Tanpa kreatifitas bisa saja dunia ini akan berhenti bergerak.

Setiap manusia yang terlahir ke dunia akan memiliki potensi kreatif.  Bisa jadi daya kreatifitas tersebut melemah dikarenakan kita jarang mengasahnya.  Maka dari itu agar perjalanan sejarah hidup ini menjadi menarik, cobalah memaksimalkan kemampuan kita dengan sering berlatih agar lebih kreatif.  Tularkan hal tersebut kepada anak-anak kita sehingga anak-anak kitapun akan menjadi anak yang kreatif.
  Berikan pada anak kita  permainan yang edukatif karena akan bisa membantu anak-anak kita menjadi lebih kreatif lagi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Alasan Mengapa Harus Kreatif"