Asupan Makanan yang Baik untuk Otak


Otak manusia terutama otak anak-anak memerlukan asupan yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik.  Otak adalah salah satu bagian tubuh yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan anak.  Oleh karena itu makanan untuk sang buah hati mutlak diperhatikan dengan baik. Berikut ini beberapa makanan yang cocok untuk membantu perkembangan otak bagi anak


1. Sereal
Sereal sangat bagus untuk nutrisi bagi anak.  Pilhlah sereal yang mempunyai kandungan gula rendah.  Sereal ini bisa diberikan ketika pagi hari sebagai sarapan untuk sang buah hati.

2. Telur
Anda juga bisa memberikan telur untuk tambahan makanan sang anak.  Yang paling baik adalah memasak dengan air bukan dengan digoreng.  Telur memiliki kandungan yang sangat banyak. Diantaranya adalah Telur kaya akan protein, seng, vitamin A (untuk penglihatan), vitamin D (untuk pertumbuhan tulang), vitamin E (untuk mencegah penyakit), dan vitamin B12 (untuk membentuk sel darah merah).  

3. Buah kiwi
Buah-buahan juga perlu bagi kesehatan anak, terutama yang banyak mengandung vitamin c. Buah kiwi salah satunya. Buah kiwi mengandung vitamin C sekitar dua kali lipat dibandingkan buah jeruk dan satu buah kiwi akan memberikan kebutuhan vitamin C harian bagi orang dewasa

4. Buah pisang
Buah pisang adalah salah satu makanan kegemaran Rasulullah.  Pisang bisa diberikan untuk anak bahkan bisa pengganti bubur untuk anak.

5. Buah-buahan kering
Anda bisa mengolah buah-buahan dalam bentuk yang lain apabila sang anak tidak menyukai buah.  Buah-buahan ini bisa dikombinasikan dalam bentuk pudding, ataupun kue lainnya.

6. Minyak ikan
Minyak ikan mempunyai khasiat yang luar biasa untuk perkembangan otak anak.  Anda bisa memberikan minyak ikan ini untuk anak. Saat ini sudah banyak herbal minyak ikan dalam bentu kapsul, jadi tidak perlu repot-repot membuat minyka ikan.  Berikan rutin minyak ikan ini anak

7. Keju
Anak-anak sangat suka dengan keju.  Keju bisa dikombinasikan dengan roti.  Keju adalah makanan yang kaya akan zat gizi, protein, dan kalsium yang bersifat baik untuk kesehatan tulang dan gigi.

Semoga Bermanfaat. Wallahua'lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asupan Makanan yang Baik untuk Otak"