Mendidik Anak Agar Gemar Membaca

agar anak gemar membaca
Membaca merupakan gerbang ilmu dan kunci sukses dalam dunia akademis anak.  Oleh karena itu kebiasaan membaca harus diajarkan sejak anak usia dini.  Tapi untuk mendidik anak agar rajin membaca bukanlah pekerjaan yang mudah.  Dibutuhkan rangsangan yang tepat agar anak mau terbiasa membaca sejak kecil.  Para orang tua harus kreatif dan cerdas dalam mengajarkan kebiasaan membaca untuk anak.  Karena dalam mendidik anak agar gemar membaca diperlukan cara dan tips yang tepat sehingga anak mau sedikit-sedikit menyukai kebiasaan membaca.

Menurut seorang pakar pendidikan yaitu Sharon Darling menyatakan bahwa kebiasaan membaca merupakan kunci keberhasilan dunia akademis anak.  Sharon Darling merupakan pendiri dari National Centre for Family Literacy.  Sedangkan dalam Alquran sendiri perintah membaca merupakan wahyu pertama kali yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wasallam.  Pada waktu itu malaikat Jibril memerintahkan kepada Nabi Muhammad untuk "IQRO" atau membaca.  


Dengan Menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang

1. Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan,
2. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.
3. Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha pemurah,
4. yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam,
5. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.

(Alquran Surat Al-Alaq ayat 1-5)

Tapi dalam mendidik anak agar anak memiliki kebiasaan membaca membutuhkan ketelatenan.  Mengingat membudidayakan membaca di Negara berkembang sepeti Indonesia membutuhkan perjuangan yang berat.  Banyak hal yang menyebabkan tantangan ini semakin bertambah.  Diantaranya adalah lingkungan masyarakat Indonesia yang sedikit sekali gemar membaca.  Tentunya lingkungan sangat mempengaruhi terhadap minat baca anak.

Dalam beberapa keluarga kebiasaan membaca mungkin akan sedikit memiliki kendala terutama masalah keuangan.  Keuangan secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi dalam mendidik anak agar anak mau rajin membaca.  Oleh karena itu patut bersyukur bagi anda yang hidup dalam berkecukupan sehingga fasilitas untuk melatih anak agar gemar membaca bisa tercukupi.  Terutama buku-buku yang nantinya akan dibutuhkan agar anak terangsang untuk membaca.  Tapi selama ada keinginan kuat untuk melatih anak agar suka membaca permasalahan mengenai finansial bisa diabaikan dan tentunya masih banyak lagi cara kreatif agar anak mau membaca dengan biaya yang relatif murah.

Melihat pentingnya kebiasaan membaca, berikut ini adalah cara dan tips agar anak suka membaca.

1. Memberikan teladan

Orang tua merupakan contoh yang akan ditiru anak.  Bagaimana anak mau rajin membaca kalau orang tuanya saja tidak memiliki kebiasaan membaca.  Menyuruh tanpa contoh kongkrit hanya akan membuat anak memiliki banyak alasan dan menyangkal.  Oleh karena itu buatlah jam keluarga untuk digunakan sebagai waktu untuk belajar.  Belajar bisa dengan membaca dan matikan segala aktivitas yang bisa mengganggu konsentrasi membaca.

2. Mengalokasikan dana

Para orang tua hendaknya menyisihkan sedikit penghasilannya untuk membeli buku.  Baik itu untuk anak-anak maupun untuk orang tua itu sendiri.  Ajak anak untuk ikut mengunjungi toko buku agar anak memiliki minat baca. Buku yang dibeli tidak harus mahal tapi belilah buku yang bisa memberikan manfaat.
Untuk anak-anak biasanya suka melihat buku cerita yang menampilkan gambar baik itu gambar binatang, kendaraan dan lain sebagainya.

3. Mengunjungi perpustakaan gratis atau toko buku

Bagi keluarga yang memiliki dana minim, langkah di atas bisa dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran. Saat ini rumah baca gratis sudah mulai tumbuh dan bisa kita temui dibeberapa tempat.  Dan masih banyak lagi cara kreatif lainnya agar anak memiliki minat baca.

4. Melatih anak untuk membawa buku

Membiasakan bepergian membawa buku akan sangat membantu dalam menumbuhkan minat baca.  Kebiasaan membawa buku ini akan bisa mempengaruhi untuk membaca dikala sedang senggang. Misalnya ketika sedang menunggu, mengantri ataupun aktivitas lainnya yang sifatnya sengang. Kebiasaan membawa buku sudah banyak dilakukan oleh orang-orang bule.  Namun kebiasaan membawa buku di kala bepergian ini akan sangat jarang kita jumpai di Indonesia.


5. Membuat perpustakaan keluarga

Mengumpulkan buku yang sudah berserakan dimana-mana menjadi satu tempat akan membuat suasana kondusif sehingga minat baca tetap terjaga.  Buatlah ruangan khusus baca agar anak tertarik menyimpan koleksi bukunya sehingga anak akan tertarik untuk membeli buku baru lagi.

Membaca merupakan gerbangnya ilmu.  Oleh karena itu kebiasaan ini harus terlatih sejak anak usia dini.  Jangan biarkan anak tumbuh dengan jumlah kualitas membaca yang sedikit.  Karena dalam Alquran sendiri memerintahkan kepada kita untuk membaca.  Mari jadikan kegiatan membaca menjadi kegiatan yang rutin sehingga akan bisa menambah khasanah keilmuan kita dan terutama anak-anak.  Pengetahuan luas dikarenakan banyak membaca dan tentunya Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu.

No comments:

Post a Comment