Mengajari Bayi Berenang yang Kaya Manfaat

Kegiatan berenang merupakan hal yang menyenangkan. Terutama anak-anak, pasti mereka akan sangat menyukainya.  Apalagi saat ini arena kolam renang banyak tersedia dan dengan mudah kita menjumpainya.  Jadi berenang bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan.  Rutinkanlah untuk berenang bersama keluarga untuk menjaga kesehatan karena berenang memiliki banyak manfaat untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Teringat akan sebuah hadits yang pernah disampaikan Nabi Muhammad yang menyarankan kepada kita untuk mengajarkan kepada anak kita akan berenang.

“Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanah” (HR. Bukhari/Muslim)

Mengenai manfaat berenang bisa dilihat kembali dalam edisi sebelumnya tentang Manfaat Berenang untuk Anak.  Ternyata setelah dipraktekkan berenang memang sangat besar manfaatnya.  Berdasarkan pengalaman yang kami lakukan, mengajarkan berenang pada usia bayi juga sangat mempengaruhi perkembangannya.  Bayi yang sebelumnya kurang begitu aktif, setelah diajarkan berenang memang ada perubahan.  Terutama pergerakkan bayi menjadi semakin aktif dan berbeda ketika bayi sebelum dikenalkan dengan berenang.

Adalah Alwi bayi usia 5 bulan dikenalkan dengan berenang oleh ibunya.  Memang sempat terpikir bagaimana caranya mengajarkan Alwi berenang di dalam air?  Cara berenang bayi tentu akan sangat berbeda dengan cara renangnya anak yang sudah dewasa.  Untuk ukuran bayi, cukup membiarkan anak untuk bergerak-gerak di dalam air.  Agar bayi bisa bergerak dengan leluasa maka kami membelikan/menyiapkan sebuah pelampung yang berbentuk ring.  Benda ini biasanya disebut dengan sebutan Neck Ring.  (Untuk bentuknya bisa lihat gambar.)


mengajari bayi berenang

Untuk pengenalan pertama, Alwi kami ajarkan berenang di bak kolam mandi yang tersedia di rumah.  Karena belum punya kolam renang yang luas, metode sederhana ini cukup membantu untuk mengajarkan anak berenang dan bergerak di dalam air.  Tentunya dalam pengenalan berenang ini dibawah pengawasan penuh agar Alwi tidak minum air ataupun tersedak air.

Awalnya agak sempat ragu, apakah bisa Alwi berenang dengan menggunakan Neck ring bayi yang kami sediakan.  Harga Neck Ring ini tidak mahal kok tidak sampai ratusan ribu. (Kami beli dengan harga 40 ribu).  Setelah dipasang dileher bayi, kami letakkan Alwi dibak kolam mandi dan ternyata bayi kami bergerak dengan semangat.  Dan Alwi pun bisa mengapung dengan leluasa dan menggerak-gerakkan badannya.  Tidak lupa kami memperhatikan dengan baik air yang kadang beriak ke atas agar tidak terhirup ataupun terminum.

Berdasarkan pengalaman pertama ini tentang cara mengajarkan anak berenang membuat kami puas karena memang Alwi memiliki perubahan dan semakin aktif semenjak berenang. 


Ada beberapa pertimbangan yang membuat kami untuk mengenalkan Alwi berenang di rumah.  Dari segi kebersihan air, tentunya airnya lebih terjaga dan tentunya airnya tidak mengandung bahan kimia untuk menjernihkan air.  Pertimbangan yang lain adalah takut kalau nanti Alwi sempat menghisap air yang ada di kolam jika arena berenangnya di kolam umum.  Untuk frekuensi berenangpun kami tidak berani sering dan tidak lama-lama takut si Alwi kedinginan.  Bagi anda yang masih takut dalam mengenalkan anak bayi untuk berenang maka bisa ikut dalam program renang untuk bayi.

Beberapa manfaat berenang untuk anak
1. Meningkatkan kemampuan motorik kasar dan halus
2. Menjaga kesehatan anak.
3. Membantu anak untuk berpikir, belajar dan problem solving
4. Membantu meningkatkan kecerdasan anak
5. Membentuk kecerdasan sosial anak
6. Membangun interaksi sosial
7. Membangun kepercayaan diri
8. Sarana berekspresi anak

Tips agar bayi aman di dalam air

1. Jangan menggunakan air yang dingin.  Biasanya air yang dingin dikarenakan air sudah lama berada di bak sehingga suhunya akan lebih dingin.

2. Apabila bayi sudah mulai kelihatan menggigil maka segera angkat dan beri handuk agar bayi kembali hangat.

3. Jangan berlama-lama di dalam air.  Waktu 30 menit sudah cukup lama untuk ukuran bayi usia dibawah 1 tahun.

4. Apabila berenang bayi bersamaan dengan jadwal mandi bayi, maka sebaiknya bayi mandikan dahulu supaya bersih sehingga setelah berenang bayi tinggal diberi selimut.  (Jika menggunakan kolam pribadi)

5. Pastikan bahwa bayi tidak memiliki keluhan kulit agar bayi tetap aman berada di dalam air.  Hati-hati jika berenang di tempat kolam renang umum.  Karena biasanya air di kolam renang umum mengandung tambahan bahan kimia.  Jangan sampai air terhisap agar bayi tetap terlindungi dari air yang tidak sehat.

6. Berikan pengawasan penuh dan pastikan alat pelampung yang dipakai memang sudah terpasang dengan baik.  Perhatikan dengan baik cara pemasangan agar bayi tidak tercekik ataupun kesakitan dengan pelampungnya.  Belilah alat bantu berenang tersebut yang memang berkualitas agar bayi tetap nyaman.

Tertarik dengan mengajarkan bayi berenang di air?  Semoga tips dan kiat sederhana dalam mengenalkan bayi berenang bisa bermanfaat.  Tentunya pengalaman yang kami lakukan bisa saja berbeda untuk tiap keluarga.  Jadi, jangan ragu untuk mengenalkan bayi berenang dan lihatlah perubahan dan manfaat yang bisa dirasakan bayi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengajari Bayi Berenang yang Kaya Manfaat"