Makanan Bayi Terbaik dan Pentingnya Asi

makanan terbaik bayi
Makanan bayi yang terbaik adalah Asi.  Asi merupakan makanan yang kaya akan nutrisi untuk tumbuh kembang bayi.  Tidak ada makanan sehebat Asi.  Karena Asi merupakan makanan yang sudah di desain sedemikian rupa untuk memenuhi segala kebutuhan bayi.  Karena organ pencernaan bayi yang masih belum kuat maka makanan bayi ini sangat dibutuhkan.

Tapi bisakah makanan bayi digantikan dengan susu formula?  Tentu saja bisa, mengingat saat ini teknologi yang sangat maju memungkinkan untuk membuat makanan bayi.  Susu formula bisa digunakan sebagai makanan bayi pengganti asi namun kualitasnya tidak akan sebaik Asi.  Para bunda bisa mengganti makanan bayinya dengan susu lain namun jangan berharap tumbuh kembang bayi akan sebaik anak yang mengkonsumsi makanan bayi yang berbentuk Asi.

Makanan bayi ini sebaiknya diberikan selama 2 tahun penuh.  Tujuannya agar pertumbuhan, kecerdasan, ketahanan dan kekebalan tubuh bayi mampu berkembang dengan optimal.  Selain itu dengan pemberian asi akan mendekatkan hubungan batin antara anak dengan orang tua.  Makanan bayi ekslusif ini harus dioptimalkan selama 6 bulan.  Agar kualitas makanan bayi tetap terjaga dengan baik maka para bunda sebaiknya menjaga pula makanan yang dikonsumsinya.

"Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan." (QS. Al-Baqarah: 233)

Makanan yang dikonsumsi ibu juga akan diserap oleh sang bayi.  Oleh karena para bunda hendaknya sangat berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan hariannya. Jauhilah makanan junk food, makanan cepat saji, jajanan tidak sehat yang banyak mengandung MSG dan minuman-minuman bersoda yang tidak ada kandungan gizinya.  Memilih makanan yang sehat akan sangat membantu para bunda untuk menghasilkan asi berkualitas sebagai makanan sehat untuk bayi.

Kelebihan asi dibandingkan makanan bayi lainnya
1. ASI mengandung zat gizi paling sempurna untuk pertumbuhan bayi dan perkembangan     kecerdasannya.
2. ASI mengandung kalori 65 kcal/100ml yang memberikan cukup energi bagi pertumbuhan bayi.
3. Sebanyak 90 persen kandungan lemak ASI dapat diserap oleh bayi.
4. ASI dapat menyebabkan pertumbuhan sel otak secara optimal, terutama karena kandungan protein khusus, yaitu Taurin, selain mengandung laktosa dan asam lemak ikatan panjang lebih banyak dari susu sapi/kaleng.
5. Protein ASI adalah spesifik spesies sehingga jarang menyebabkan alergi untuk bayi.
6. ASI memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi. Juga akan merangsang pertumbuhan sistem kekebalan tubuh bayi.
7. Pemberian ASI dapat mempererat ikatan batin antara ibu dan bayi. Ini akan menjadi dasar si kecil percaya pada orang lain, lalu diri sendiri, dan akhirnya bayi berpotensi untuk mengasihi orang lain.
8. ASI jarang menyebabkan diare dan sembelit yang berbahaya.
9. ASI dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian bayi.

Makanan bayi yang terbaik ini tidak akan bisa digantikan dengan susu formula buatan pabrik.  Meskipun sama-sama bisa mengenyangkan bayi, akan tetapi asi akan lebih powerfull dalam membentuk bayi.  Hal ini akan bisa terlihat ketika anak sudah memasuki usia dewasa.  Ikatan batin akan terjalin dengan sempurna manakala anak mengkonsumsi makanan sehat bayi yaitu ASI.

Oleh karena itu sebelum ada penyesalan di belakang hari, para bunda sebaiknya memperhitungkan terlebih dahulu apabila ingin mengganti asi dengan SUFOR.  Para ibu yang bekerja di luar rumah, jangan menjadi alasan untuk mengganti makanan sehat bayi ini dengan susu formula.  Sayangilah Bayi anda.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Makanan Bayi Terbaik dan Pentingnya Asi"