6 Fakta Hari Anak Nasional yang Harus Kamu Tahu

hari anak nasional

Hari ini merupakan hari yang spesial karena hari ini merupakan perayaan Hari Anak Nasional.  Dengan adanya event Hari Anak Nasional maka kita akan bisa melakukan banyak kegiatan untuk memeriahkan dan mengisi Hari Anak Nasional.  Beberapa contoh kegiatan yang bisa kita lakukan yaitu dengan mengadakan lomba , pentas seni, pidato Hari Anak Nasional ataupun sekedar menviralkan kata-kata mutiara Hari Anak Nasional.

Hari Anak Nasional dirayakan setiap tanggal 23 Juli.  Ini merupakan dasar ataupun tonggak sejarah untuk lebih memperhatikan lagi tentang dunia anak-anak. Terutama para orangtua pada khususnya dan Pemerintah pada umumnya.

Era digital yang berkembang secara cepat harus menjadi perhatian serius agar anak-anak tidak menjadi korban cyber crime ataupun anak-anak tidak terkena bahaya dari gawai.  Oleh karena itu perlindungan serta kesejahteraan anak-anak menjadi tugas bersama antara Pemerintah dan para orangtua.

Perlu kita ketahui bersama bahwa beberapa hasil survey menunjukkan bahwa tindak kekerasan terhadap anak-anak masih banyak dan mereka rentan menjadi korban. Hasil survey memaparkan bahwa 2 dari 3 anak dan remaja yang tinggal di Indonesia pernah mengalami tindak kekerasan sepanjang hidupnya.

Hal ini berdasarkan survey dari Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja atau SNPHAR yang dirilis tahun 2018 silam.  Beberapa tindak kekerasan yang dialami anak dan remaja diantaranya adalah kekerasan seksual, kekerasan emosional dan kekerasan yang mengarah kepada fisik. Pelaku kekerasan cenderung dilakukan oleh orang-orang yang berada dalam lingkungan terdekat bahkan oleh orang-orang dalam lingkungan keluarga.

Dalam survey yang dirilis oleh SNPHAR tersebut juga menyebutkan bahwa para korban kekerasan tersebut juga melakukan tindak kekerasan kepada teman sebayanya. Kekerasan yang dilakukan yaitu kekerasan emosional dan kekerasan fisik. Setidaknya 3 dari 4 anak dilaporkan melakukan tindak kekerasan tersebut.

Selain data dari SNPHAR (Survei Nasional Pengalaman Hidup Anak dan Remaja) ada juga data dari survey Komisi Nasional Perlindungan Anak Indonesia (KOMNAS ANAK) yang menyebutkan bahwa tindak kekerasan terhadap anak-anak juga mengalami peningkatan.  Dari 52 hingga 58 persen aduan yang pernah ada, lebih didominasi kekerasan seksual.  Sedangkan 48 persen sisanya cenderung mengarah kepada tindak kekerasan fisik, penculikan dan eksploitasi anak.  Dan kebanyakan pelaku kekerasan merupakan orang-orang terdekat korban.

Beberapa data juga memberikan kesimpulan bahwa lingkungan rumah dan lingkungan sekolah juga memberikan sumbangsih rasa tak nyaman dan jaminan keamanan untuk anak.  Kedua tempat tersebut justru bisa menjadi tempat yang menakutkan untuk anak-anak dan remaja.

Oleh karena itu dengan momen Hari Anak Nasional ini menjadi bahan evaluasi bagi para orangtua dan Pemerintah untuk memberikan jaminan rasa aman dan nyaman kepada anak agar bisa menjadi lebih baik lagi.

Nah sebenarnya apa sih Hari Anak Nasional itu sehingga seluruh anak-anak Indonesia merayakannya dengan penuh antusias?

Hari Anak Nasional dicetuskan oleh Presiden Soeharto melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44 Tahun 1984 pada tanggal 19 Juli 1984 bahwa setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional.

1. Sejarah Hari Anak Nasional

Pencetus dari Hari Anak Nasional yaitu Bapak Soeharto selaku Presiden RI kedua yang ditetapkan pada tahun 1984.  Dasar diadakannya peringatan atau Perayaan Hari Anak Nasional adalah karena anak-anak merupakan aset berharga sebagai komponen penting dalam kemajuan bangsa sehingga harus diberi tonggak peringatan.

2.  Tema Hari Anak Nasional

Untuk tema tentang peringatan Hari Anak Nasional akan selalu berbeda-beda dan tidak sama setiap tahunnya.  Dengan adanya tema yang diusung maka akan ada gerakan yang harus dijalankan untuk memajukan anak-anak Indonesia.  Tema Hari anak Nasional tahun 2019 yaitu mengusung tema "Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak". Pengambilan tema ini dinukil dari tagline "Kita Anak Indonesia, Kita Gembira"

3. Perayaan Hari Anak Nasional

Event ataupun kegiatan perayaan Hari Anak Nasional juga dilakukan di tempat-tempat berbeda setiap tahunnya.  Pada tahun 2019 peringatan Hari Anak Nasional diadakan di lapangan Karebosi, Makassar Sulawesi Selatan

4.  Peringatan Hari Anak Internasional

Selain Hari Anak Nasional ternyata ada juga perayaan Hari Anak Internasional. Namun perayaan tiap-tiap negara berbeda tanggal. Untuk Hari anak internasional jatuh pada tanggal 1 Juni dan perayaan Hari anak Universal ditetapkan pada setiap tanggal 20 November

5.  Pesan dalam Peringatan Hari Anak Nasional

Untuk tahun 2019 dalam peringatan Hari Anak Nasional pesan yang ingin disampaikan yaitu bahwa setiap orangtua hendaknya lebih memperhatikan lagi anak-anaknya.  Harapan dan tujuannya adalah agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas, berkualitas dan menjadi anak yang cinta Tanah Air yaitu Tanah Air Indonesia.

Selain itu anak-anak Indonesia hendaknya mempersiapkan diri untuk menjadi pemimpin di masa depan dengan cara memanfaatkan setiap peluang yang ada. Oleh karena itu setiap orangtua diharapkan bisa menunaikan kewajibannya untuk memenuhi hak anak dan memberikan jaminan perlindungan kepada anak.

6. Ucapan Hari Anak Nasional

Untuk memeriahkan dan menviralkan Hari Anak Nasional maka kita dapat membuat kata-kata mutiara Hari Anak Nasional.  Dengan menuliskan ucapan Hari Anak Nasional maka akan ada gairah dan semangat untuk memajukan anak-anak Indonesia.

Berikut adalah contoh ucapan Hari Anak Nasional
  • "Anak adalah pelita, dengannya cahaya kebanggaan dan arah menuju masa depan terpapar dengan gamblang dan jelas."
  • "Hari anak adalah hari penghargaan sebesar-besarnya buat mempersiapkan generasi penerus perjuangan bangsa."
  • "Anak adalah buah hati yang selalu hadir dan menjadi harapan masa depan peradaban."
  • "Pengorbanan terbaik orang tua bila anak-anaknya mampu menjadi generasi unggulan penerus cita-cita bangsa dan negara."
  • "Tidak hanya menjadi tumpuan keluarga melainkan anak adalah secercah asa yang menjadi penjelas masa depan bangsa"

Itulah beberapa contoh ucapan Hari Anak Nasional dan masih banyak lagi kata-kata ucapan lainnya.  Dengan adanya perayaan Hari Anak Nasional maka diharapkan ada peningkatan perhatian kepada anak.  Karena anak-anak merupakan aset penting untuk kemajuan bangsa.  Dengan memberikan hak dan perlindungan kepada anak secara maksimal maka pemimpin-pemimpin masa depan akan lahir dan dan diharapkan dapat memajukan seluruh rakyat Indonesia.

Selamat Memperingai Hari Anak Nasional!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Fakta Hari Anak Nasional yang Harus Kamu Tahu"