Ciri-ciri Anak Pemalu yang Harus Diketahui

Ciri-ciri anak pemalu harus kita kenali dengan baik.  Pemalu dapat diartikan dengan rasa gelisah yang muncul yang diakibatkan pandangan seseorang atau orang lain terhadap dirinya.  Setiap anak pasti memiliki perilaku pemalu. Hal tersebut masih dalam kategori yang wajar, Karena pastinya setiap anak membutuhkan waktu untuk beradaptasi terutama terhadap lingkungan yang baru.

ciri anak pemalu
Orang tua wajib waspada apabila perilaku pemalu anak melebihi batas kewajaran dan berlebihan.  Karena perilaku pemalu ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pertumbuhan anak.  Oleh karena itu kita harus memahami dengan baik ciri-ciri anak yang pemalu dalam kategori berlebihan dan di luar batas kewajaran.

Adapun ciri-ciri anak-anak yang memiliki sikap pemalu yaitu

1. Tidak melakukan kontak mata

Ketika sedang berkomunikasi dengan anak maka anak akan berusaha untuk menghindari kontak mata.  Biasanya ia akan mengalihkan pandangan ke tempat lain dan tidak mau berinteraksi dengan kontak mata.  Hal lain yang dilakukan anak yaitu dengan menundukkan pandangan dan tidak memperhatikan lawan bicara.

2. Sedikit dan jarang berbicara

Anak yag memiliki perilaku pemalu akan lebih sering diam dan jarang berbicara.  Biasanya ketika anak diberikan pertanyaan hanya akan menjawab antara YA atau TIDAK.  Jika sikap pemalu ini berlebihan maka anak hanya akan menjawab pertanyaan dengan anggukan kepala ataupun gelengan kepala.

3. Tidak berani

Ciri lain anak yang pemalu yaitu anak cenderung tidak mempunyai keberanian untuk maju di depan orang banyak.  Ia akan canggung dan demam panggung.  Biasanya anak akan berkeringat dingin, jantung berdebar kencang, gemetar dan grogi.

Banyak hal yang menyebabkan anak memiliki sikap dan berperilaku pemalu.
Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut

1. Masa kecil yang tidak bahagia
2. Minim bersosialisasi dan bermasyarakat
3. Memiliki rasa inferior atau rendah diri
4. Trauma karena perilaku orang lain.
5. Orang tua terlalu memanjakan dan memproteksi anak

Perilaku pemalu ini jika tidak diatasi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak.  Dan berikut adalah dampak jika sikap pemalu anak tidak segera ditangani

1. Anak akan selalu rendah diri
2. Tidak berani memberikan pendapat di depan umum
3. Menimbulkan kebiasaan buruk yang lainnya
4. Anak tidak kreatif akibat anak tidak percaya diri
5. Adaptasi dengan lingkungan baru yang cenderung lama
6. Terjadi krisis eksistensi terutama ketika bersama teman-teman anak
7. Teman pergaulan yang cenderung sedikit
8. Mengikis keberanian
9. Lebih senang menyendiri

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri-ciri Anak Pemalu yang Harus Diketahui"