Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

13 November 2015

Mainan Edukatif Anak Tema Sains dengan Peralatan Sederhana

Permainan edukatif untuk anak-anak paud ataupun TK sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan anak. Oleh karena itu banyak sekali kegiatan-kegiatan di dalam KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) Paud dan TK yang diisi dengan kegiatan yang bersifat memiliki nilai edukasi untuk anak.  Meskipun bagi orang tua hal tersebut terlihat sederhana, namun untuk anak-anak adalah hal yang sangat menarik dan tentunya akan membantu anak berpikir kreatif.

Nah untuk membantu para Bunda ataupun para guru-guru PAUD dan TK dalam mengisi kegiatan maka berikut adalah contoh praktek kegiatan sains dengan tema Jembatan Warna.

Alat Permainan Edukatif (APE) Jembatan Warna

Untuk melakukan kegiatan ini maka alat-alat yang diperlukan adalah sebagai berikut

1. 3 buah gelas, sebaiknya gunakan gelas yang memiliki ketinggian sama dan alangkah baiknya jika menggunakan gelas transparan atau bening
2. 2 jenis pewarna air, sebaiknya gunakan pewarna yang aman untuk anak-anak dan untuk jenis warna yang digunakan adalah bebas
3. Beberapa lembar tisu yang berwarna putih
4. Air

edukasi APE paud dan TK
gbr. coffeecupsandcrayons.com
Langkah-langkah kegiatan edukasi APE Jembatan Warna

1. Siapkan air dan berilah warna dengan pewarna air.  Sebaiknya pilih pewarna yang memiliki warna yang jauh berbeda, misalnya biru dengan kuning atau merah dengan kuning

2. Siapkan gelas dan isilah gelas dengan air yang sudah diberi pewarna.  Cukup 2 gelas saja yang diisi dengan air dan biarkan satu gelas kosong.  Tinggi air sebaiknya adalah 3/4 dari tinggi gelas. 

3. Langkah selanjutnya adalah susunlah ketiga gelas tadi di tempat yang datar dengan formasi sejajar dan gelas yang kosong berada di tengah.

4. Siapkan tisu dan lipatlah dengan rapi menyerupai sumbu.  Kemudian taruhlah tisu tersebut di gelas dengan posisi 1 menyentuh gelas yang berisi air dan yang satunya lagi dihubungkan dalam gelas kosong.  Lakukan hal ini sama dengan gelas yang satunya.

Setelah semua dilakukan maka minta anak-anak untuk memperhatikan ketiga gelas tersebut dan perhatikan apa yang terjadi.  Hal yang terjadi adalah gelas kosong akan terisi oleh air dan air yang diisi merupakan gabungan warna kedua gelas di sebelahnya.  Menarik bukan?  Anak-anak pasti akan menikmati permainan edukasi ini.

Kegiatan Jembatan Warna ini tergolong dalam kegiatan Sains.  Permainan ini sangat aman untuk anak dan jenis APE ini bisa dilakukan di rumah.  Fungsi dari kegiatan ini akan sangat efektif untuk meningkatkan daya kreatifitas anak, apalagi hal ini dilakukan saat anak-anak masih berusia dalam tahapan Golden Age.

Keselamatan dalam permainan: Sebaiknya awasi anak-anak agar gelas tidak jatuh dan pecah.  Air harus diusahakan jangan sampai tumpah ataupun berceceran di lantai agar tidak menyebabkan terpeleset.  Cuci tangan dengan air sabun setelah melakukan kegiatan ini dan kembalikan peralatan ke tempatnya.
Back To Top