Penentu Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Anak, Wajib Tahu!

tumbuh kembang dan kecerdasan anak
Setiap orang tua pasti menginginkan dan berharap buah hatinya bisa tumbuh kembang dengan baik yang diiringi dengan perkembangan kecerdasan yang menonjol. Tumbuh kembang anak dan tingkat kecerdasan anak setidaknya dipengaruhi 3 hal, yaitu faktor genetik anak, faktor gizi dan faktor lingkungan.

Ketiga faktor ini sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan, perkembangan dan kecerdasan anak. Setidaknya 40 hingga 50 % dipengaruhi oleh faktor genetik anak. Sedangkan untuk faktor gizi pengaruhnya sekitar 30 hingga 40% dan selebihnya yaitu sekitar 10 hingga 20 % disumbang oleh faktor lingkungan.

Dalam mendidik anak agar bisa tumbuh secara aktif dan cerdas, para orang tua harus memperhatikan 3 hal yaitu pemberian stimulasi yang benar, penerapan disiplin dalam keluarga secara tegas yang berlandaskan kasih sayang dan yang terakhir yaitu pemberian contoh yang baik di dalam keluarga.

Sedangkan untuk perkembangan kecerdasan anak tergantung dari otak yang dimiliki anak. Jumlah sel dan jumlah serabut yang terkandung dalam otak sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan.  Selain itu komposisi reseptor dan neurotransmitter juga sangat berperan. Oleh karena itu konsumsi makanan yang mengandung  DHA dan konsumsi AA sangat dianjurkan.

Untuk faktor lingkungan juga bisa membentuk tingkat kecerdasan anak.  Ada dua hal yang mempengaruhi yaitu pada saat kehamilan dan pasca lahiran.  Pada masa kehamilan yang sangat berperan yaitu gizi yang dikonsumsi ibu hamil, infeksi, stress dan terakhir yaitu hormon.  Untuk fase setelah melahirkan yaitu gizi yang dikonsumsi anak, infeksi kronis, lingkungan sekitar anak, psikososial serta hormon.

Slogan Asah, Asuh dan Asih merupakan kebutuhan yang sangat penting sebagai peran dasar dalam masa tumbuh kembang anak.  Anak-anak dalam fase tumbuh kembang memerlukan kebutuhan fisik biomedis (periode asuh),contohnya adalah kebutuhan makanan, sandang, papan, perawatan kesehatan dan lain-lain.

Pemberian rasa kasih sayang yang mempengaruhi emosi (periode asih), contohnya adalah pemberian kasih sayang dari orang tua, penghargaan akan prestasi dan lain sebagainya dan yang terakhir yaitu pemberian stimulasi kecerdasan/otak (periode asah), contohnya adalah pengaruh anak dimarahi, permainan dan lain sebagainya.

Sebelum memaksimalkan tumbuh kembang anak dan kecerdasan anak maka para orang tua harus memahami dengan baik faktor-faktor tersebut.  Hindari memberikan kekerasan kepada anak, sikap meremehkan anak dan berbagai sikap negatif lainnya.  Jadilah teladan yang baik agar anak bisa mengikuti tanpa melihat adanya kontrakdiksi antara perintah dengan realitas yang dilakukan orang tua.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penentu Tumbuh Kembang dan Kecerdasan Anak, Wajib Tahu!"