Mencerdaskan Anak Sejak Usia Dini

Cerdas Ceria Sehat dan Berakhlaq

09 January 2018

Agar Bayi Cerdas, Ibu Hamil Harus Konsumsi Telur

telur untuk ibu hamil
Ada sebuah riset yang dilakukan oleh sebuah Universitas di Amerika Serikat yaitu Universitas Cornell meyebutkan bahwa seorang ibu hamil yang gemar makan telur ternyata mampu meningkatkan tingkat kecerdasan bayi yang sedang dikandungnya.  Choline tinggi yang ada pada telur memiliki manfaat untuk memaksimalkan perkembangan kognitif bayi.

Dari hasil riset yang dilakukan menyebutkan bahwa seorang ibu hamil hendaknya memenuhi kebutuhan akan Choline sebanyak 480 mg dalam satu hari.  Satu butir telur ayam kalau dihitung baru memiliki kandungan Choline kurang lebih 115 mg.  Setidaknya dibutuhkan 9 butir telur ayam untuk mencukupi kebutuhan Choline 480 mg dalam satu hari.

Penelitian menggunakan data terhadap ibu hamil sebanyak 26 ribu dimana ibu hamil tersebut memasuki usia kandungan pada trimester ketiga.  Dari 26 ribu ibu hamil kemudian diperkecil lagi menjadi 2 kelompok ibu hamil.  Dari masing-masing kelompok ini kemudian dilakukan riset tentang jumlah Choline yang harus dikonsumsi setiap harinya.  Untuk kelompok ibu hamil pertama mengkonsumsi sebanyak 480 mg Choline sedangkan untuk kelompok kedua mengkonsumsi sebanyak 930 mg Choline.  Masa rentangnya dilakukan hingga mencapai masa kelahiran bayi.

Untuk tahap selanjutnya penelitian dilakukan dengan mengamati keadaan dan kondisi dari 
masing-masing bayi yang dilahirkan dari kedua kelompok besar tersebut.  Pengambilan data dilakukan secara berjenjang yang di awali dari masa usia empat, tujuh, sepuluh dan usia 13 bulan.  Materi pengujian dan penelitian dilakukan yang berkaitan dengan kemampuan kognitif bayi.  Kemampuan yang diambil adalah kemampuan bayi dalam mengolah proses informasi dan ingatan bayi.
Choline mampu meningkatkan kemampuan Kognitif bayi agar lebih cerdas
Hasil yang dicapaipun sangat mengejutkan.  Untuk kelompok bayi yang kedua ternyata memiiki data yang lebih bagus bila dibandingkan dengan kelompok bayi pertama.  Bayi kelompok kedua ini lebih memiliki respon dan reaksi yang lebih cepat bila dibandingkan dengan kelompok bayi pertama.  Menurut ketua Peneliti yaitu Marie Caudill menyebutkan bahwa asupan Choline tinggi saat ibu sedang hamil ternyata memiliki efek positif terhadap perkembangan kognitif bayi yang sedang dikandungnya.

Marie Caudill menyimpulkan bahwa seorang ibu hamil harus memenuhi kebutuhan Choline 
sebanyak 480 mg setiap harinya.  Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi maka 
mengkonsumsi Choline harus sebanyak dua kali lipatnya.  Sebagaimana dikutip dari IBTimes pada hari Ahad 7/1

Mengkonsumsi telur minimal 9 butir dalam satu hari , bagi kita mungkin terlalu banyak namun hal ini bisa kita kreatifkan dengan mendapatkan Choline dari jenis makanan lainnya. Choline selain dari telur bisa kita dapatkan dari daging merah tanpa lemak, ikan-ikanan dan menu kacang-kacangan.  Dari setiap jenis makanan tersebut tentunya memiliki jumlah Choline yang berbeda-beda.  Untuk membantu meningkatkan tingkat kecerdasan bayi maka para ibu hamil hendaknya memenuhi kebutuhan akan Choline setiap harinya.
Back To Top